by monica khanna designs

7 Trik Feng Shui Untuk Pintu Depan

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Berbicara tentang Feng Shui erat kaitannya dengan kemakmuran, kelimpahan, kebahagiaan dan hubungan intrapersonal yang sehat. Kali ini semua itu ada di pintu depan Anda. Sebuah tempat di mana semua kesempatan dan energi menuju ke dalam rumah. Orang Tiongkok menganggap, pintu depan ibarat mulut seseorang. Oleh karena itu kita harus mengontrol apa yang hendak masuk melalui mulut rumah kita. 

Pintu masuk dan situasi di sekelilingnya sebaiknya tampil harmonis. Apa yang sebaiknya ada dan tidak ada di sekitar pintu masuk akan menciptakan keseimbangan. Menempatkan sejumlah elemen di depan rumah juga akan membangkitkan kesan tertentu pada tamu yang hendak melaluinya. 

Feng Shui mempunyai banyak alternatif, semuanya digunakan untuk meraih kemakmuran atau rejeki. Wah jadi penasaran nih. Mari lanjutkan membaca ulasan ini. 

1. Taman bunga di depan pintu masuk

Tanaman melambangkan pertumbuhan dan perkembangan para penghuni rumah dalam hal spiritual, intelektual dan ekonomi. Taman di depan rumah juga mengandung elemen kayu, tanah, api, air dan logam. Lima elemen Feng Shui yang mewakili alam semesta. 

Bila Anda suka menanam bunga-bunga di jalan masuk menuju pintu, pilihlah bunga dengan warna yang mewakili lima elemen itu. Ini akan membantu menarik energi lebih banyak dan lebih baik. Sebuah harmoni yang mampu mengatasi niat kurang baik seorang tamu. Jalan masuk ke rumah yang cantik ini akan menyeimbangkan batin penghuni rumah. Mereka akan meninggalkan pekerjaan mereka di luar dan masuk ke rumah dengan kelegaan. 

2. Energi, cahaya dan udara

Pintu depan digunakan sebagai akses menuju rumah yang dibuka paling tidak sekali dalam sehari, agar udara segar dan sinar matahari bisa masuk ke dalam. Ukuran, kualitas dan kondisi keseluruhan pintu masuk mewakili status. Jadi uang akan menarik uang, gengsi akan menarik gengsi. Untuk mengubah cara dunia luar beinteraksi dengan Anda, tampilan pintu depan perlu diubah. 

1. Tambahkan panel kaca atau jendela kecil di pintu depan. 

2. Agar kemakmuran masuk ke rumah, pastikan pintu depan berada dalam kondisi prima. Pintu sebaiknya dicat apik dan tidak pecah-pecah. Pastikan engsel dan gagang pintu berfungsi. 

3. Letakkan tanaman di kedua sisi jalan masuk sebagai aktivator energi.

4. Pastikan nama atau nomor rumah tampak jelas dan tidak terhalang. 

3. Feng Shui di sekitar pintu depan

Menurut Feng Shui, tidak etis jika kamar mandi, dapur atau kamar tidur terlihat dari pintu depan. Jika ini tak dapat dihindari, letakkan kelambu atau apapun sebagai penghalang visual. Dengan demikian, lorong atau lobi (ruang tengah) juga akan menjadi bagian yang terhalangi. Teras bisa menjadi penghalang agar pandangan mata para tamu tidak langsung tertuju pada ruang tengah. 

Ruangan pada gambar di atas biasa terdapat pada rumah gaya rustic atau kolonial. Namun jarang dijumpai pada rumah dengan arsitektur modern. Di sini kita melihat sesuatu yang menarik, area terbuka dan jalan setapak sebelum menuju pintu depan. Kriteria yang sama, keteraturan dan pencahayaan. 

4. Diagram Bagua (Pa Kua)

 Koridor dan lorong by Aledoconcept
Aledoconcept

Холл в цокольном этаже

Aledoconcept

Anda dapat mengaplikasikan diagram Bagua dalam ruangan yang berada persis di belakang pintu depan. Feng Shui menganjurkan penempatan wadah air kecil di sebelah kiri pintu sebagai lambang pengetahuan. Sedangkan tanaman di sebelah kanan pintu melambangkan budaya atau persahabatan. Tempatkan lampu di kedua sisi untuk mengaktifkan dua asas ini. 

5. Warna di pintu gerbang

 Taman by Modulor Arquitectura
Modulor Arquitectura

Vestíbulo de Recepción Exterior A224

Modulor Arquitectura

Pintu gerbang utama menyimbolkan aliran chi. Inilah area yang membangkitkan kesan pertama, juga aliran energi yang akan mendatangkan kesehatan atau penyakit. Kriteria dasarnya adalah, area ini sebaiknya tidak gelap dan berpenerangan baik. Anda bisa menggunakan warna putih, gading, atau kuning cerah agar pintu depan tampak terang. Semua unsur dekorasi sebaiknya ditata rapi, bersih dan dalam kondisi baik. Area ini sebaiknya menampilkan kecemerlangan. Pintu sebaiknya mudah dibuka dengan sudut 90 ° sampai 180 °.

6. Tangga masuk berkelok dan bunga di sisinya

Pada rumah megah ini tampak pintu depan berada di sudut dengan anak tangga berkelok. Sebuah alternatif yang direkomendasikan untuk melunakkan energi yang masuk ke rumah. Bunga-bunga di sisi anak tangga berwarna sama. Pilihan tepat untuk menumbuhkan kedamaian dan keheningan sebelum masuk ke rumah. Terlebih lagi jika bunga di area ini adalah bunga melati. 

7. Bentuk alternatif pintu depan

Mengubah bentuk pintu depan seperti gambar ini juga sejalan dengan prinsip Feng Shui. Bentuknya yang unik akan menghalangi ruang pribadi dari tatapan mata para tamu. Namun tidak menghalangi masuknya udara dan cahaya, serta energi baik untuk membangkitkan semangat hidup Anda. 

Butuh inspirasi lainnya? Ini yang anda cari:

Inspirasi Penataan Ruang Tamu Minimalis ala Jepang

10 Ide Renovasi Dinding Dapur Tanpa Biaya Lebih

Apakah Anda sudah menerapkan prinsip Feng Shui di rumah Anda? Berbagilah bersama kami di kolom komentar. 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!