by Olivier De Cubber - Architecture d'intérieur, design & décoration

Loteng 35 m² Ini Bertransformasi Jadi Kamar Tidur Fantastis

arisyahril arisyahril
Loading admin actions …

Apakah Anda berminat untuk menambah satu kamar tidur di rumah Anda? Tak perlu berpikir untuk melakukan renovasi struktur bangunan. Anda hanya perlu memaksimalkan fungsi ruang kosong di rumah Anda. Loteng atau loft misalnya. Ruangan ini biasanya hanya digunakan sebagai gudang atau instalasi listrik. Padahal, dengan sedikit renovasi, loteng dapat bertransformasi menjadi kamar tidur yang nyaman.

Hari ini Homify akan memberikan salah satu contoh transformasi loteng menjadi kamar tidur yang nyaman, fungsional dan stylish garapan tim desain Olivier De Cubber. Dari beberapa gambar di bawah ini, Anda akan dapat melihat keadaan loteng sebelum dan sesudah renovasi.

Sebelum: Loteng yang Dingin

Sebelum mendapat sentuhan dari ahli kami, kondisi loteng ini sangatlah buruk dan terisolasi. Kondisi suhu udaranya terlalu panas di musim panas dan terlalu dingin di musim dingin. Dibutuhkan banyak perubahan untuk membuatnya menjadi kamar tidur yang nyaman. Bagian atap harus dimodifikasi agar suhu ruangan menjadi ideal. Dinding harus diplester dan lantai perlu mendapat perubahan. Para ahli juga perlu mengatur ulang instalasi listrik di tempat ini. Setelah semua itu, barulah proses mempercantik interior bisa dilakukan.

Setelah: Kamar Tidur Modern dengan Detail Pedesaan

Dan inilah kondisi loteng saat ini. Sebuah transformasi yang mengagumkan bukan? Dinding bersinar dengan cerah, warna-warna alami, lantai kayu memancarkan kehangatan dan kenyamanan dan semuanya terlihat sangat chic, minimalis dan modern. Namun, nuansa loteng tetap kental terasa di ruangan ini. Detail gaya pedesaan didapat dari balok kayu pada langit-langit dan cerobong asap yang tidak diplester dan hanya dicat putih.

Rak Buku

Untuk menciptakan nuansa yang nyaman dan melindungi privasi, desainer interior memilih untuk memisahkan tangga dengan rak buku sebagai pembatas ruang. Jadi Anda tidak dapat melihat tempat tidur dari tangga dan sebaliknya. Meski demikian, pengaplikasian rak buku sebagai sekat ini tidak menimbulkan kesan sempit.

Detail

Kamar tidur ini didesain dengan gaya modern, maka semua pernak-pernik yang tidak perlu benar-benar direduksi penggunaannya. Oleh karena itu, hanya linear, furnitur minimalis dan hampir tidak ada aksesoris dekoratif yang digunakan. Hanya terdapat sebuah replika mobil Volk Wagon Beetle antik sebagai hiasan dekoratif.  Di atap, terdapat genting kaca yang membuat sinar matahari dapat bebas melenggang masuk ke dalam.

Sekilas Pandang

Akhirnya, mari kita lhat furnitur yang ada di kamar tidur baru ini. Kondisi langit-langit yang miring mengharuskan para ahli untuk membuat furnitur custom. Hal ini ditujukan agar setiap sentimeter ruang bisa terpakai dengan maksimal serta mendapatkan tampilan visual yang harmonis. Lemari di sudut kamar misalnya, menempel di dinding dan bagian atasnya mengikuti kemiringan atap. Lemari vertikal di sebelahnya dibangun tidak menyentuh langit-langit, menyisakan ruang untuk menyimpan sesuatu di bagian atasnya.

Apakah anda butuh kamar tidur tambahan? Bagaimana caranya memaksimalkan fungsi loteng?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!