Ruang Keluarga by Maklin & Macrae

10 Kesalahan Menata Rumah yang Sebaiknya Dihindari

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Tak semua orang dapat menjadi ahli interior handal dalam semalam. Inilah yang membuat kita kadang melakukan kesalahan saat menata rumah. Ada kalanya kesalahan ini juga disebabkan kita terlalu banyak menyimpan perabot peninggalan keluarga atau benda-benda lain yang mengandung kenangan. Kita semua pasti memiliki sebuah ruangan yang tampilannya perlu dipercantik atau diperbaiki. Atau sebuah ruangan yang tampilannya tak berubah sejak pertama kali Anda pindah ke rumah yang saat ini Anda tempati. 

Teruskanlah membaca persembahan homify ini, agar Anda tidak terjebak pada kesalahan yang sama. 

1. Kurang tempat penyimpanan

Rumah sering tampak berantakan dan Anda harus sering merapikannya. Barang-barang kecil tampak selalu berserakan karena Anda tidak punya tempat penyimpanan yang cukup luas. Maka pastikan ada banyak laci, rak atau kabinet di rumah jika Anda punya banyak barang. Tempat penyimpanan adalah sekutu yang bisa membuat rumah tampak rapi dan teratur. 

2. Perlengkapan mandi dan kosmetik penuh sesak

Beberapa dari kita ada yang merawat tubuh segera setelah mandi dan sebelum berbusana. Misalnya, mengenakan losion, pelembab, dll. Ini membuat kita menyimpan banyak produk perawatan tubuh dan kosmetik di kamar mandi. Padahal tidak semua produk itu kita gunakan setiap hari. Pilihlah produk perawatan tubuh dan kosmetik yang benar-benar dibutuhkan, agar tidak memenuhi meja atau rak toilet Anda.

3. Kasur sudah tidak empuk lagi

Selain penampilan cantik, kamar tidur sebaiknya mengutamakan kenyamanan. Bagaimana mungkin kita bisa beristirahat dengan nyaman setiap hari jika kasur di tempat tidur sudah tak empuk lagi? Pilihlah kasur berkualitas dan tahan lama agar tubuh dan pikiran bisa beristirahat dengan layak. 

4. Warna kamar tidur yang terlalu menyolok

Jika penyuka warna-warna terang, pilihlah komposisi warna yang menimbulkan suasana tenang. Hal ini akan membantu Anda untuk tidur lebih pulas. Kami menyarankan untuk memilih warna-warna netral atau bernuansa lembut. Keduanya adalah paduan sempurna untuk tata ruang kamar tidur. 

5. Furnitur dan tata ruang tak sesuai dengan fungsi ruangan

Usahakan agar mengaplikasikan dekorasi dan furnitur sesuai dengan fungsi ruangan. Fungsi ruang tamu dan dapur berbeda. Demikian juga kamar tidur dengan ruang keluarga, kamar mandi dan ruang kerja. Tata ruang tiap ruangan sebaiknya disesuaikan dengan fungsinya. Gunakan elemen dekorasi yang mendukung kegunaan ruangan. 

6. Terlalu banyak perabotan

 Ruang Makan by INpuls
INpuls

Essbereich

INpuls

Ruangan dengan perabot atau elemen hias yang terlalu banyak sama buruknya dengan ruangan yang terlalu kosong, atau terisi perabot yang telah rusak. Hindari furnitur besar untuk ruangan berukuran kecil. Pilih furnitur sederhana, namun praktis. 

7. Piring dan peralatan makan sudah usang

 Ruang Makan by INpuls
INpuls

Essbereich

INpuls

Barang pecah belah yang telah usang atau retak sangat mematikan bagi penampilan ruang makan kita. Meskipun barang-barang ini adalah kenang-kenangan dari orang tua atau kakek nenek kita. Tak ada salahnya menyimpan peralatan makan kenangan ini, tapi sebaiknya tidak perlu digunakan. Selalu gunakan peralatan makan berkondisi baik agar tampilan ruang makan jadi sempurna.

8. Kurang terpapar sinar matahari

Lampu yang paling terang sekalipun tidak bisa menggantikan segala kebaikan sinar matahari. Usahakan agar tidak ada ruangan yang tak berjendela di rumah. Jendela harus cukup besar agar matahari leluasa menyinari rumah dengan cahaya alami. Rumah yang cukup terpapar sinar matahari akan terasa lebih hangat dan nyaman. 

9. Dapur minim penerangan

Satu buah lampu di dapur bisa membuat suasana kurang nyaman, dan aktivitas di dapur pun jadi terganggu. Coba bayangkan seperti apa rasanya memasak dalam cahaya remang-remang. Bisa-bisa masakan kita tak karuan rasanya. Pasanglah lebih dari satu lampu di dapur. Anda bisa mematikannya jika aktivitas di dapur telah usai, 

10. Lemari pakaian acak-acakan

 Ruang Ganti by Elfa Deutschland GmbH
Elfa Deutschland GmbH

Ein Hauch von Luxus mit Décor

Elfa Deutschland GmbH

Menjaga kerapian dan kebersihan rumah itu penting, terutama di ruang ganti atau ruangan di mana kita menyimpan pakaian. Semua yang disimpan dalam lemari atau kabinet memang tak terlihat dari luar. Tapi itu tak berarti kita bisa melempar baju atau apapun ke dalamnya asal-asalan. Bijaklah memilih mana isi lemari yang boleh dan tidak boleh kelihatan. 

Seberapa sering Anda menata ulang rumah Anda? Mari berbagi pengalaman bersama kami. 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!