Dapur by ARCHITETTO MARIANTONIETTA CANEPA

6 Dapur Menakjubkan Ini Ukurannya tak Lebih dari 12 m²

arisyahril arisyahril
Loading admin actions …

Di rumah modern, dapur telah mengalami penambahan fungsi. Bahkan terkadang, sebagian besar waktu kita di rumah dihabiskan di tempat ini. Wajar memang, karena saat ini dapur bukan sekedar tempat untuk menyiapkan makanan. Anggota keluarga sering kali melakukan aktivitas lain di dapur, untuk bekerja, melakukan pekerjaan rumah mereka dan bahkan mungkin untuk memasak bersama-sama dengan teman-teman dekat.

Melihat kondisi tersebut, kami ingin menyajikan ide dapur yang nyaman dan fungsional melalui hasil karya para ahli. Berikut 6 dapur menakjubkan yang Anda tak akan menyangka jika ukurannya kurang dari 12 meter persegi. Dapur-dapur ini dapat Anda jadikan inspirasi untuk mulai merancang lingkungan rumah impian.

1. Ambil Keuntungan dari Sudut Ruangan

Jika kita mencari ide pemanfaatan ruang dapur secara maksimal, eksplorasi sudut ruangan dapur layak untuk dipertimbangkan. Dapur kecil garapan Architetto Marieantoinette Caneppa ini misalnya, dibuat miring sehingga menghasilkan banyak sudut. Setiap sudut ruangan dimanfaatkan semaksimal mungkin. Mulai dari meja untuk menyiapkan makanan, kompor, wastafel dan oven pemanggang diletakan di tiap sudut ruangan. Rak mini di sebelah oven menjadi ruang penyimpanan yang sangat mudah dijangkau.

2. Inspirasi Industrial

Perpaduan warna hitam dan abu-abu di dapur ini menghadirkan nuansa industrial yang sangat kental. Nomade Architettura Interior Design benar-benar menggunakan kreativitas mereka dalam membangun dapur ini. Di ruangan yang kecil, mereka membuat set dapur berbentuk huruf U. Membuat permukaan yang luas yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai fungsi. Lemari penyimpanan berukuran besar dan rak di dinding membuat dapur ini mampu menyimpan peralatan masak dan makan dalam jumlah banyak. Hasilnya adalah lingkungan fungsional dan ramah pada saat yang sama, terintegrasi dengan ruang tamu melalui dinding kaca membuat dapur kecil ini memiliki kesan yang lapang.

Di bagian lantai, sang arsitek interior menggunakan ubin dua warna. Sebuah kesan sederhana dan elegan yang tampil bersamaan.

3. Gaya Minimalis

Gaya minimalis sangat cocok diterapkan pada dapur dengan ukuran tidak terlalu luas. Gaya ini memungkinkan kita untuk mengeksploitasi daerah dengan garis yang bersih dan bentuk sederhana, menciptakan lingkungan yang baik. Dapur garapan Burnazzi Fetrin Architects pada gambar di atas misalnya. Beberapa meter persegi ruangan terkamuflase oleh dinding. Meski begitu, mereka sangat memperhatikan setiap detail sehingga tercipta dapur yang indah secara visual dan memiliki fungsi yang memadai.

4. Sentuhan Romantis

Ini benar-benar dapur kecil yang sederhana. Posisinya menghadap ke ruang tamu melalui dinding partisi. Meski kecil, dapur ini sangatlah nyaman. Kesan romantis hadir melalui ubin keramik warna-warni yang melapisi dinding, sangat serasi dengan warna di sekitarnya.

5. Muda dan Modern

 Dapur by LTAB/LAB STUDIO
LTAB/LAB STUDIO

CUCINA – PANNELLO CHIUSO

LTAB/LAB STUDIO

Dapur dengan nuansa yang segar dan modern seperti pada gambar di atas sangat sempurna untuk dijadikan patokan dapur di apartemen milik para pasangan muda.

6. Stylish dan Praktis

Architetto Alberto Colella mampu menjadikan dapur kecil ini elegan dan fungsional melalui pengaturan komposisi yang tepat. Hasilnya, dapur ini terkesan jauh lebih lapang dari ukuran aslinya. Tidak sekedar kesan, dapur ini mampu menampung banyak fungsi, wastafel dengan dua cekungan, kompor besar, kulkas kolom, oven, lemari dan ruang untuk bekerja. Benar-benar dapur yang nyaman.

Apakah dapur Anda terlalu sempit? Apakah kita bisa berkreasi di dapur yang tidak terlalu luas?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!