Taman by MARIELA DURA ARQUITECTURA PAISAJISTA

6 Cara Mudah Mempercantik Taman Anda

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Memiliki taman indah dengan berbagai tanaman memikat adalah kenikmatan dalam hidup. Memandangi keindahan taman yang bersemi adalah hasil dari ketekunan merawat anugerah alam. Taman mungil tidak memerlukan lahan luas, cukup sejengkal tanah dan pengairan, serta perawatan sederhana. Namun mempercantik taman itu lain cerita. 

homify merekomendasikan 6 cara mudah yang bisa Anda lakukan agar taman semakin memikat. Dengan beberapa langkah sederhana kita dapat menata dan menyelaraskan tanaman agar tampak menentramkan dan asri. Perlu diingat bahwa taman dapat mendatangkan udara segar, namun tidak mudah dipadukan dengan sembarang elemen dekoratif. Meski demikian, tanaman tidak akan pernah ketinggalan jaman dan bisa tampak memikat hingga bertahun-tahun. 

1. Jalan setapak

 Taman by LAS MARIAS casa & jardin
LAS MARIAS casa & jardin

Ph Diego Ocampo https://www.facebook.com/diegoocampo.fotografia?fref=ts

LAS MARIAS casa & jardin

Jalan setapak adalah sentuhan kecil yang bisa mempercantik taman. Jalan setapak menuju pintu depan atau kolam, juga jalan setapak di antara hamparan tanaman itu sangatlah indah. 

Kita bisa membuatnya dengan mudah. Misalnya menggunakan batu bata (merah). Kita tata batu merah berdampingan, jadilah jalan setapak. Bisa juga dengan meletakkan potongan kayu yang bisa didapat dengan mudah dan sesuai untuk segala jenis lahan. 

Cara lainnya? Susun bongkahan paving seperti yang biasa kita lihat di banyak taman. Tatalah dengan bentuk sederhana untuk mengubah tampilan taman kita. 

2.Makin indah dengan air

Saat melihat sebuah rumah bertaman, kita mungkin berpikir orang yang tinggal di rumah itu hidupnya baik dan tahu bagaimana cara hidup tentram. Kita juga berpikir si penghuni adalah seseorang yang hidupnya teratur, dan paham pentingnya hidup harmonis dengan alam. 

Air adalah ide cemerlang untuk mempercantik taman dan membatasi ruang. 

Kita memiliki beberapa pilihan. Pertama, membuat kolam. Sebelum membuatnya kita harus menentukan lokasinya dan ini tidak bisa dilakukan sembarangan. Kolam harus terpapar sinar matahari 4-6 jam setiap hari. Jika tidak, tanaman air seperti bunga teratai tidak dapat bersemi dan membuat lumut lekas bermunculan. Sebaiknya tidak ada pohon di sekitar kolam, agar bayangan pohon tidak menghalangi sinar matahari.

3. Tambahkan pagar alami

 Taman by BAIRES GREEN

Pagar alami adalah ide cemerlang lain untuk taman kita. Tentu saja bentuk pagar alami ini harus disesuaikan dengan kondisi lahan. Anda bisa mengkombinasikan tanaman semak kecil dengan melati, soka, pucuk merah atau teh-tehan ukuran sedang. Bisa juga tanaman ukuran besar untuk memotong laju angin, seperti pinus, ekaliptus atau poplar. 

Bila ada kabel listrik atau telepon melintang di taman, pilihlah jenis tanaman rambat seperti melati Cina, ivy, kamperfuli, atau tanaman rambat lainnya. 

4. Tanaman semak

Ingatlah bahwa semua tanaman perlu dirawat (membersihkan daun kering, menyiram dan peletakan yang tepat). Memang dibutuhkan banyak usaha, namun akan ada saatnya untuk bersantai dan menikmati suasana sejuk. 

Bila kita ingin mengubah taman tanpa repot, tanam beberapa jenis tanaman semak secara berdekatan. Deretan tanaman semak jenis tertentu bisa melindungi rumah Anda dari pandangan orang iseng dan menjaga privasi. Berfungsi sebagai tirai alami dan mengurangi kekuatan terpaan angin. 

Semak-semak juga bisa digunakan untuk membagi lahan, dan menyamarkan obyek tertentu. Pikirkan kembali apa tujuan Anda membuat taman dan pahami karakter tanaman pilihan Anda. 

5. Variasi tinggi rendah tanaman

 Taman by BAIRES GREEN
BAIRES GREEN

caminos entre verde

BAIRES GREEN

Jika lahan taman, teras atau balkon Anda sempit, tidak perlu membatalkan rencana menanam pohon di taman. Anda cukup memilih tanaman berdasarkan perbandingan proporsi, itulah yang penting dilakukan saat merancang area hijau. 

Pertimbangan penting selain ukuran tanaman adalah lokasi dan fungsi. Penting untuk menimbang jenis tanaman yang meranggas di musim kemarau atau selalu hijau setiap musim (evergreen). Semua harus diputuskan berdasarkan kondisi cuaca di daerah tempat tinggal Anda. 

Pohon bisa jadi kelambu dan pagar alami untuk taman, namun Anda harus waspada terhadap bayangannya. Pilihlah pohon kecil sehingga bayangannya juga akan kecil dan tidak menutupi seluruh area taman.   

6. Pagar

Pagar adalah sentuhan klasik untuk taman, sekaligus berfungsi sebagai pelindung lahan dan properti kita. Kita bisa memiilih pagar dari bahan kayu atau logam. Pagar kayu tersedia dalam ukuran tinggi dan bentuk yang berbeda, lebih ekonomis dan mudah dipasang. Pagar dari bahan logam jelas lebih mahal dan sulit pemasangannya. Tapi itu bukan berarti kita tak bisa memilihnya. 

Semuanya tergantung pada selera dan upaya kita mempercantik taman. Taman yang cantik akan membuat lingkungan sekitar rumah bebas polusi. Baik untuk ketenangan jiwa dan menjadi kado manis untuk kita dan keluarga.  

Apakah jenis tanaman yang Anda sukai untuk taman, pohon atau tanaman berbunga?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!