Kamar Tidur by Hinson Design Group

9 Unsur yang Harus Dimiliki Agar Kamar Tidur Anda Terasa Seperti Kamar Hotel

KSMR KSMR
Loading admin actions …

Destinasi utama saat liburan adalah sebuah hotel. Selain berjalan-jalan, istirahat di kamar hotel bisa dianggap sebagai sebuah kegiatan relaksasi yang sangat diidam-idamkan banyak orang. Dimana suasana nyaman, damai dan terbebas dari aktivitas harian hanya bisa didapatkan di tempat tersebut. 

Meskipun relaksasi bisa saja dilakukan di rumah, namun dari segi psikologis bermalam di hotel lebih menawarkan sensasi yang berbeda dan tak bisa disandingkan dengan tempat istirahat di rumah. Perbedaan yang mencolok dari konsep hotel adalah kasur lebih yang nyaman, dekorasi yang unik serta dukungan berbagai fasilitas dan pemandangan yang menarik. 

Oleh karena itu, demi mengulas lebih dalam lagi seputar kamar hotel. Dalam buku ide kali ini kami telah mengumpulkan 10 unsur dari kamar hotel yang kami anggap sangat memiliki daya tarik tersendiri untuk dicermati. Dan untuk lebih jelasnya lagi, mari kita bahas satu per satu.

1. Kamar mewah

Jenis kamar yang umum dikenal dengan istilah luxury suites ini biasanya memiliki karakter luas, bersih dan nyaman. Ketiga unsur tersebut tentu erat hubungannya dengan relaksasi. Seperti yang terlihat pada gambar, perwujudan kamar tidur mewah secara detil biasanya menggunakan unsur kaca, sistem pencahayaan khusus, dinding berwarna lembut serta tatanan furnitur yang proporsional.

2. Udara yang segar

Dalam hal ini tergantung dari letak geografis sebuah hotel berada. Jika letaknya di daerah pegunungan atau pantai biasanya hotel di sekitar area tersebut akan menawarkan sensasi kesegaran alami tersebut. Dan biasanya jika Anda berada di kamar hotel jenis ini Anda akan menemukan konsep tempat tidur nyaman dengan hiasan kelambu, tirai-tirai yang panjang seperti yang terlihat pada gambar.

3. Penuh unsur privasi

Layaknya kamar hotel pada umumnya, unsur privasi adalah hal terpenting yang harus disuguhkan para pengelola hotel. Faktor ini terbilang krusial mengingat kamar hotel kerap dijadikan sebagai tempat untuk menunjang romantisme saat berbulan madu atau sekedar merayakan ulang tahun pernikahan. Dalam hal ini kamar yang harus dipilih adalah kamar yang benar-benar harus memiliki unsur kenyamanan yang lebih, mulai dari kasur yang berkualitas, hingga pengaturan cahaya kamar yang bisa disesuaikan untuk menunjang kehangatan didalamnya.

4. Kasur berkualitas

 Kamar Tidur by Hinson Design Group
Hinson Design Group

Georgetown Master Bedroom Lighting

Hinson Design Group

Seperti yang sudah disebutkan di poin sebelumnya, kasur adalah faktor kenyamanan lain yang harus disediakan oleh para pengelola hotel. Hal inilah yang membedakan kualitas istirahat di hotel dan di rumah, karena umumnya kasur di hotel menggunakan brand-brand khusus dari produsen kasur modern untuk mewujudkan tujuan relaksasi yang sebenarnya.

5. Fasilitas tambahan

Selain untuk beristirahat, di dalam kamar hotel biasanya disediakan pula berbagai fasilitas tambahan seperti suatu sudut duduk sebagai tempat untuk bersantai bersama pasangan. Umumnya sudut ruangan ini akan dirancang seperti pada gambar, dimana pada ruangan tersebut akan dilengkapi kursi, cermin, mini bar atau perlengkapan hiburan lain seperti TV maupun karaoke.

6. Dekorasi yang menarik

Nuansa-nuansa artistik biasanya hadir sebagai ornamen pemanis di sebuah kamar hotel. Entah hadir dalam wujud bingkai maupun lukisan dinding yang jelas fungsi dari karya seni tersebut sangat berpengaruh untuk memeriahkan suasana di kamar hotel.

7. Bermain dengan warna

Selain ornamen seni, permainan warna dapat juga digunakan oleh para pengelola hotel, agar suasana kamar terlihat unik dibandingkan konsep kamar hotel pada umumnya. Kombinasikan warna-warna netral dengan warna-warna cerah agar suasana kamar dapat memberikan kesan berbeda pada setiap tamu yang bermalam didalamnya.

8. Konsep yang berbeda

 Kamar Tidur by care4home
care4home

Big open bedrooms

care4home

Jika selama ini kamar hotel identik dengan ruang yang tertutup, maka tak ada salahnya jika konsep kamar dihadirkan dengan konsep terbuka layaknya konsep kamar seperti yang terlihat pada gambar. Memang perlu perhitungan yang matang untuk mewujudkannya, karena jika sampai salah penempatan tempat tidur atau furniture lainnya, maka akan fatal akibatnya.

9. Pemandangan yang menakjubkan

Sama halnya dengan poin nomor dua, konsep kamar dengan pemandangan khusus tentu hanya bisa diwujudkan dari hotel-hotel yang berada di tempat-tempat eksotis. Karena dengan menjual pemandangan, maka jumlah pengunjung hotel pun akan mudah ditingkatkan di setiap musimnya.

Ciptakan kamar tidur bernuansa hotel di hunian Anda.
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!