Taman by homify

Inspirasi Keren Ruang Keluarga Terbuka di Halaman Belakang

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Memiliki rumah dengan pekarangan luas seperti di daerah pedesaan adalah suatu keberuntungan. Kita bisa bebas berkreasi atau memperluas rumah hingga area pekarangan. Namun, kebutuhan akan ruang hijau dewasa ini cukup mendesak sehingga kita harus berpikir ulang sebelum mengeraskan halaman belakang dengan beton dan semen. Salah satu caranya adalah dengan menjadikan halaman belakang sebagai ruang keluarga alami. 

Tujuan dari struktur ini adalah memaksimalkan fungsi halaman belakang sebagai ruang terbuka hijau, taman dan ruang sosial. Perancangan dan pelaksanaan proyek oleh Homestories, untuk seorang klien yang menyukai saat berkumpul bersama di luar rumah. Inilah yang dilakukan ahli kami untuk menciptakan ruang keluarga terbuka yang nyaman di halaman belakang. 

1. Ruang makan dan barbeque

 Taman by homify

Ruang makan terbuka ini cocok untuk keluarga yang sering mengadakan pesta barbeque. Atau sekedar ingin merasakan suasana berbeda saat makan bersama. Gunakan dek berlantai kayu untuk menghadirkan nuansa alami. Demikian juga atap perindang atau pergola dari bahan yang sama. Pilih furnitur ruang makan yang tahan lama dan tahan cuaca, namun serasi dengan elemen lain di sekitarnya. 

2. Pembagian lahan

 Taman by homify

Bagilah lahan di halaman belakang sesuai dengan tujuan penggunaannya. Di sini kita lihat pembagian lahan dilakukan dengan menempatkan elemen yang berbeda pada area untuk keperluan yang berbeda. Lantai kayu untuk area kering, batu untuk area bersantai. Sedangkan hamparan rumput untuk area hijau. 

3. Jalan setapak

 Taman by homify

Susunan lempengan beton dengan berbagai bentuk sedemikian rupa membelah hamparan rumput. Jalan setapak selalu berhasil membuat taman jadi indah. Rancanglah agar jalan setapak selaras dengan warna elemen di sekitarnya. 

4. Bermain di luar baik untuk anak

 Taman by homify

Biasanya halaman belakang jadi tempat bersantai sekaligus area makan. Buatlah dua area ini jika halaman belakang cukup luas. Jika Anda punya anak-anak, jadikan halaman belakang sebagai area bermain anak. Bermain di luar baik untuk kesehatan anak, daripada bermain setiap hari di depan komputer. Sediakan perlengkapan bermain yang menarik seperti air, pasir, dan tenda. Letakkan kandang binatang peliharaan Anda di area ini (jika ada). Anak-anak pasti suka bermain di luar bersama kucing atau anjing kesayangan. 

5. Perhatikan keamanan

 Taman by homify

Keamanan area bermain anak harus diperhatikan agar keselamatan mereka terjaga. Anda pun bisa meninggalkan anak bermain sendiri dan melakukan aktivitas lain. Buat agar pagar cukup tinggi sehingga mereka tidak bisa melompatinya. Pada gambar ini digunakan pagar teralis, yang bisa memberikan rasa aman tanpa menghilangkan interaksi dengan tetangga. 

6. Menanam pohon dan tanaman hias

 Taman by homify

Mari manfaatkan halaman luas untuk menanam pohon. Pohon dan tanaman akan menyerap karbon dioksida dan melepaskan oksigen di siang hari. Udara di sekitar rumah akan sejuk dan bersih setiap saat, bahkan saat hari sedang sangat panas. Jika tidak suka ribet, tanamlah sedikit tanaman hias dalam pot atau bak semen atau kayu seperti gambar ini. Lalu tambahkan batu-batu kecil berwarna putih agar ada kesinambungan dengan elemen di sekitarnya. 

7. Area bersantai untuk orang tua

 Taman by homify

Sebaiknya orang tua selalu mendahulukan kebutuhan anak daripada kepentingannya sendiri. Setelah area bermain anak siap, kini saatnya menata area duduk-duduk untuk orang tua dan tamu-tamu mereka. Foto ini diambil di sebuah rumah di negara empat musim di mana sinar matahari tidak terlalu menyengat. Tidak ada teras, hanya pohon dan payung pantai sebagai perindang. Anda juga bisa menggunakannya untuk memberikan sentuhan berbeda di halaman belakang Anda. 

Luaskah area terbuka hijau di rumah Anda? Mari berbagi bersama kami. 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!