by HOMELAND

9 Rahasia Membangun Rumah Tanpa Anggaran Besar

Homify.co.id Homify.co.id
Loading admin actions …

Mimpi memiliki hunian idaman tampaknya tidak terlalu sulit saat Anda telah membaca beberapa tips seperti pada artikel berikut. Anda hanya perlu memperhatikan beberapa pekerjaan yang tidak memakan waktu, memilih bahan murah, sedikit imajinasi dan solusi kreatif yang belum pernah terpikir sebelumnya.

Tentunya, sebelum memulai, Anda harus mempertimbangkan opsi untuk berbagi lahan dengan tetangga yang juga ingin menghemat pengeluaran untuk memiliki rumah. Dengan demikian, biaya untuk membeli material atau bahan bangunan bisa dibagi dua, yang tentunya sangat menghemat pengeluaran. Anda dapat pula menegosiasikan harga terbaik dan juga berbagi biaya angkut bahan nantinya. lalu, tunggu apalagi? Mari simak tips berikut untuk mengetahui langkah yang perlu Anda lakukan!

1. Furnitur berbahan dasar bebatuan

 Konservasi by Fainzilber Arqts.
Fainzilber Arqts.

Barra de apoyo parrilla

Fainzilber Arqts.

Opsi pertama agar Anda dapat menghemat pengeluaran adalah dengan membuat furnitur dari bata, kemudian menambahkan kayu atau juga logam sebagai detil pemanis. Cara ini dapat diterapkan pada meja dapur, lemari, tempat penyimpanan di kamar mandi, atau meja kerja dalam garasi.

2. Lantai dengan semen halus

 Office spaces & stores  by Cemento Italiano
Cemento Italiano

Dettaglio di tavolo in cemento con mosaico

Cemento Italiano

Cara paling ekonomis untuk membuat lantai bangunan adalah dengan memanfaatkan semen. Anda dapat membuat warna abu-abu dari bahan dasar atau pigmen untuk memberikan sentuhan warna yang lebih menarik pada lantai. Alternatif lainnya adalah dengan membuat pola geometris dari potongan ubin, batu, atau bahan lainnya untuk memberikan efek dekoratif pada lantai. Yang terpenting, seluruh bahan tersebut dapat diratakan dengan baik dan panel besar dipasang agar material tidak mudah retak.

3. Dinding dari beton

Dinding beton, seperti halnya lantai dari semen, adalah solusi praktis dan ekonomis untuk menghadirkan hunian idaman. Pada umumnya, dinding dilapisi dengan micro cement yang  membuat tekstur dinding menjadi lebih halus. Namun, pekerjaan ini harus dilakukan oleh seorang profesional, karena cukup berat untuk dilakukan sendiri.

Tetapi, bagi Anda yang memiliki tangan yang cekatan dan stabil, pekerjaan ini sebenarnya memungkinkan untuk dilakukan sendiri lho! Dinding beton pun tidak memerlukan pemeliharaan yang terlalu susah dan tahan lama. Cara ini merupakan  alternatif lainnya agar Anda tidak mengeluarkan biaya berlebih untuk memasang tegel atau keramik pada dinding.

4. Manfaatkan palet kayu bekas

 Household by Vieja Eddie
Vieja Eddie

APLIQUE DE PARED INDUSTRIAL FOCO VINTAGE

Vieja Eddie

Palet kayu adalah bahan baku primadona yang perlu Anda pertimbangkan untuk membuat furnitur dan konstruksi berbiaya rendah. Pada gambar berikut, Anda dapat melihat jika palet dimanfaatkan untuk melapisi dinding, yang menghadirkan suasana lebih hidup pada interior rumah. Hal ini merupakan solusi kreatif nan ekonomis, karena palet sangat mudah ditemukan atau dijual dengan harga yang cukup rendah.

Anda hanya perlu mengamplas dan mencucinya sebelum digunakan, dan penting diperhatikan untuk menjaga kuku dari serpihan yang menyebabkan kecelakaan! Kemudian, palet tersebut dapat Anda aplikasikan dengan perekat khusus, paku atau sekrup.

5. Dinding dari bata

 Office spaces & stores  by PANELPIEDRA
PANELPIEDRA

Panel Ladrillo Viejo Arcilloso

PANELPIEDRA

Batu bata pada memang sedikit lebih mahal dari bata berongga, tetapi jika diaplikasikan dengan rapi pada dinding, bahan tersebut dapat dibiarkan terlihat. Hal ini dilakukan untuk menghindari pengeluaran berlebih untuk membeli cat pelapis dan tentunya memperkecil biaya pemeliharaan.

6. Atap jerami

Untuk membangun garasi atau galeri, Anda dapat menggunakan batang jerami yang dipasang dipasang pada konstruksi balok kayu. Hal ini memungkinkan pengeluaran untuk atap tetap ekonomis dan fungsional. Selain itu, jenis atap ini juga tidak terlalu membutuhkan perawatan khusus. Anda hanya perlu menggantinya beberapa tahun sekali.

7. Semen blok dan material bebatuan mulia

Bahan murah tidak berarti memberikan hasil yang selalu murahan. Hal ini dapat terlihat pada gambar cottage menawan yang dirancang oleh Margarotger Interiorisme berikut. Semen blok yang tampak di depan tidak menghabiskan banyak cat pelapis dan dibiarkan terekspos. Untuk bagian lantai, penggunaan kerikil atau batu yang dihancurkan sebagai bahan pembentuknya juga cukup murah dan tidak memerlukan keahlian khusus untuk memasangnya. Sedangkan untuk sofa tidur, Anda dapat membuatnya dari beberapa bilah kayu palet daur ulang. Menarik dan ekonomis bukan?

8. Pipa terekspos

industrial Kitchen by HOMELAND
HOMELAND

INDUSTRIAL

HOMELAND

Saat ini adalah zaman di mana gaya industrial sudah sangat banyak peminatnya. Anda dapat memanfaatkan tren ini dengan menghadirkan instalasi listrik atau gas yang terekspos. Hal ini dapat menghemat biaya yang diperlukan untuk menyembunyikan segala jenis pipa yang biasanya diperlukan. Untuk menghasilkan efek lebih estetik, Anda dapat pula mengecat interior dan furnitur dengan warna senada.

9. Furnitur daur ulang

 Kamar Tidur by Katie Malik Interiors
Katie Malik Interiors

Industrial style reading nook

Katie Malik Interiors

Untuk melengkapi rumah baru Anda, pemanfaatan palet kayu daur ulang juga dapat dipertimbangkan. Untuk itu, Anda harus mempelajari macam-macam kualitas dari palet kayu, sehingga Anda dapat memilih yang terbaik dan tertua, agar kayu lebih lembut dan kemungkinan sudah tidak lagi memiliki serpihan timbul yang dapat melukai Anda. Palet tersebut nantinya dapat diaplikasikan menjadi kursi, meja, rak, atau furnitur lain yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Rumah idaman tanpa biaya yang besar? Sangat mungkin! Simak selengkapnya pada artikel berikut!
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!