Ruang Keluarga by 宇佐美建築設計室

Rumah Kayu Minimalis Jepang Untuk Keluarga Muda

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Ada beberapa kelebihan yang dimiliki rumah kayu. Di antaranya, biaya material yang lebih murah dari rumah batu bata atau beton, lebih tahan terhadap bencana alam seperti gempa bumi, dan bisa dibentuk dengan desain apapun. Selain itu, rumah kayu juga lebih ramah lingkungan, karena kayu yang lapuk atau tak dapat digunakan lagi bisa didaur ulang dan mudah terurai. 

Ada banyak sekali contoh desain rumah kayu yang telah diulas oleh homify. Salah satunya adalah rumah kayu Jepang berikut ini. Rumah kayu Jepang yang satu ini sedikit berbeda, karena bentuknya amat mungil dan simpel. Mirip seperti rumah boneka. Lihatlah bagian dalamnya, maka Anda akan makin terpana. 

Tampak depan

Lihat, rumah kayu Jepang ini bergaya minimalis dan tampak sangat mungil. Dinding luar warna hitam bikin saya makin tertarik, karena ini cukup jarang ditemui. Rupanya warna hitam digunakan agar dapat menyerap lebih banyak sinar matahari, sehingga suhu udara di dalam rumah lebih hangat. Ini bisa dimaklumi karena rumah ini terletak di area pegunungan berhawa dingin. 

Tampak belakang

Dari sisi ini kita bisa mengetahui bahwa rumah kayu ini mengaplikasikan atap pelana. Ini membuat rumah mungil tampak menarik dengan fasad yang ramping dan sederhana. Jendela di bagian belakang rumah dimaksudkan sebagai ventilasi udara, sekaligus sumber cahaya di siang atau pagi hari. 

Ruang tamu serba kayu

Ruang tamu yang cukup unik karena benar-benar terbuka menghadap ke taman. Ruang terbuka semacam ini terkesan bersahabat dan mengundang orang untuk datang bercengkerama. Semua yang ada di ruangan ini terbuat dari kayu. Mulai dari lantai, langit-langit, meja dan kursi. Sofa warna hitam tampak serasi dengan dinding luar. Dinding dicat putih agar memberikan kesan luas dan cerah. 

Menurut filosofi Jepang, kayu mewakili salah satu unsur yang ada di alam. Rumah kayu didirikan dan dihuni agar orang yang tinggal di dalamnya merasakan keterkaitan dengan alam sekitarnya. 

Pintu kaca geser

Pintu kaca geser digunakan sebagai pintu utama di ruang tamu. Saat hawa terasa dingin, pintu kaca akan digeser dan ruangan tetap hangat tanpa mengurangi cahaya yang masuk ke dalam rumah. 

Pintu geser khas Jepang

Sang arsitek memahami kebutuhan pemilik rumah akan keterbukaan dan privasi. Pintu geser dalam gambar ini adalah sentuhan tradisional khas Jepang, yang sudah cukup jarang ditemukan dalam desain rumah Jepang modern. Bisa digunakan untuk menjaga privasi pemilik rumah saat sedang menjamu tamu penting. Saat-saat pribadi bisa terjaga tanpa membuat suasana dalam rumah jadi gelap. 

Pintu geser sekaligus sekat antar ruangan

Sang arsitek juga cukup jeli memenuhi kebutuhan pemilik rumah akan beberapa ruangan dengan fungsi yang berbeda. Di sini pintu kaca geser dengan bentuk yang berbeda digunakan sebagai pembatas antar ruangan. Dapat dibuka lebar agar tampak panorama di luar rumah yang cantik, sekaligus membiarkan udara segar mengalir sampai ke bagian dalam rumah. 

Kita juga bisa melihat sisi lain atap pelana dengan balok-balok penyangga di bagian dalam. Atap pelana membuat rumah yang tampak kecil dan imut dari luar jadi terasa lebih lapang dari ukuran sebenarnya. 

Ruangan yang pasti disuka si kutu buku

Segala sudut dan ruang yang ada dimanfaatkan dengan seksama, agar rumah kayu mungil tidak terasa sesak. Meja panjang bisa digunakan penghuni rumah dan pasangan atau tamunya untuk membaca. Penggunaan listrik bisa dihemat karena meja kayu panjang diletakkan sejajar dengan jendela kecil. Rak buku di atas meja juga bisa digunakan sebagai 'rumah' untuk lampu belajar. 

Kursi belajar model kuno tampak modern setelah dicat putih, selaras dengan warna dinding. Paduan warna alami yang selalu berhasil menghadirkan imaji keluasan. 

Siapa mau memasak di dapur ini?

Dapur serba kayu juga telah sering kami bahas. Dapur ini berbeda karena luasnya lebih minim daripada dapur pada umumnya. Meja dapur, laci-laci dan rak tinggi untuk menyimpan peralatan makan atau bumbu ada di satu sisi. Sedangkan di sisi sebaliknya ada kompor, bak cuci piring dan kulkas mini. Jendela ditempatkan di titik-titik strategis, seperti kompor dan bak cuci piring sebagai sumber cahaya alami. 

Ruang pribadi untuk bersantai

Pasti rasanya beristirahat di ruang televisi ini setelah seharian sibuk bekerja. Pintu geser dari kayu ditempatkan di beberapa sisi agar ruangan dapat diakses dari dua arah, sekaligus untuk menjaga privasi. Tubuh akan terasa hangat sembari bersantai menonton film kesayangan, berkat sebuah tungku model kuno. Warna hitam membuat tungku kuno tampak anggun dan serasi dengan keseluruhan elemen dekorasi di rumah kayu Jepang ini.  

Mau tahu model rumah Jepang minimalis dan modern lainnya? Silakan klik di sini.

Model atau gaya rumah kayu apa yang Anda sukai? Mari berbagi bersama kami. 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!