Ruang Makan by 青木昌則建築研究所

Rumah Satu Lantai yang Pasti Ingin Anda Miliki

arisyahril arisyahril
Loading admin actions …

Arsitek asal Kota Iwakura, Jepang, Aoki Building Research Institute mengembangkan sebuah rumah satu lantai dengan atap pelana. Desain eksteriornya cukup sederhana dengan sentuhan gaya arsitektur tradisional Negeri Sakura yang cukup kental. Dari bagian depan terlihat jika rumah ini dibangun di atas area yang luas. Namun, bangunan hanya memakan kurang lebih sepertiga area lahan. Menyisakan lahan yang sangat luas untuk taman yang akan sangat indah dinikmati saat musim semi.

Masuk ke dalam rumah, Anda akan disuguhi nuansa yang sangat hangat dan nyaman. Material kayu dengan warna madu cerah cukup mendominasi bagian interior. Plafon rumah ini terbilang tinggi, membuat kesan yang lapang pada setiap ruang. Di ruang makan, terdapat jendela berukuran besar yang membuat penghuninya dapat menikmati keindahan panorama taman saat hujan atau salju turun.

Mirip Bungalow

Didesain sebagai tempat tinggal, rumah ini memiliki penampilan layaknya rumah peristirahatan seperti vila atau bungalo. Desainnya sangat santai. Tergambar dari area taman yang ukurannya lebih besar daripada bangunan rumah. Atap pelana rumah ini didesain landai, menghasilkan ketinggian yang rendah. Dari depan, rumah ini memiliki kontras warna yang indah, warna gelap pada dinding dan warna kayu alami pada tiang dan teras.

Jalan Setapak

Anda akan disuguhkan sebuah pengalaman yang dramatis saat akan memasuki rumah ini. Berjalan di jalan setapak dengan pepohonan di kedua sisinya. Sebuah sambutan yang sangat menyenangkan bagi siapa pun yang akan memasuki rumah ini.

Sederhana dan Fungsional

Secara visual, rumah satu lantai ini memiliki tampilan yang sederhana, namun tetap indah. Tidak terlalu banyak ornamen yang melekat. Selain sebagai gambaran dari kesederhanaan, kondisi ini memiliki nilai fungsional. Bangunan satu lantai dengan sedikit ornamen dipercaya lebih mampu menghadapi kondisi gempa bumi. Struktur bangunan satu lantai yang lebih ringan relatif lebih kuat menahan guncangan gempa dibanding struktur bangunan dua atau tiga lantai.

Interior yang Nyaman

Ruang makan ini menjadi ruang favorit kami. Warna kayu yang cerah pada langit-langit, lantai dan furnitur benar-benar mampu membuat ruangan ini menjadi hangat dan nyaman. Saat menoleh ke atas, pandangan akan dimanjakan oleh rangka penyangga atap yang dibiarkan terekspos. Satu lagi yang mengasyikkan, ruangan ini memiliki jendela berukuran besar yang membuat penghuninya dapat menikmati panorama keindahan taman. Jendela berukuran besar ini juga seolah mengintegrasikan bagian interior dan luar rumah.

Ruang Kerja

Penduduk Jepang dikenal memiliki budaya kerja dan belajar yang tinggi. Maka, keberadaan ruang kerja dan perpustakaan hampir tidak pernah absen dari rumah-rumah di Jepang. Rumah ini memiliki sebuah ruangan yang dapat digunakan untuk bekerja di depan komputer atau melakukan kegiatan membaca dengan nyaman. Terdapat sebuah rak yang dapat menampung cukup banyak koleksi buku penghuninya.

Binatu dan Ruang Ganti

Rumah ini memiliki ruang cuci pakaian yang menyatu dengan ruang ganti pakaian. Lokasinya terletak di samping kamar mandi membuatnya menjadi sangat fungsional dan memudahkan aktivitas penghuni.

Kamar Mandi Modern

Ubin kotak-kotak berukuran kecil mendominasi dinding dan lantai kamar mandi. Di bagian bawah, ubinnya berwarna abu-abu muda. Sedangkan ubin yang menempel di dinding berwarna putih terang. Membuat kesan yang lapang pada kamar mandi. Seluruh peralatan yang ada di kamar mandi ini terbilang modern. Namun tetap tidak meninggalkan unsur tradisional Jepang dengan hadirnya sebuah ember kayu klasik.

Apakah Anda ingin memiliki rumah sederhana yang nyaman? Apakah taman yang luas membuat rumah menjadi lebih indah?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!