Ruang Keluarga by enrico massaro architetto

7 Contoh Kreatif Untuk Membagi Ruangan di Rumah

Rachel Audrey Rachel Audrey
Loading admin actions …

Rumah biasanya memiliki sekat berupa dinding, ternyata caranya tidak hanya itu saja lho. Anda bisa melakukan banyak trik di sini, seperti membuat pemisah dari rak buku, rak pajangan dan masih banyak lagi. Banyak modelnya dan bisa disesuaikan dengan selera Anda dan tentu saja desain rumah. Tidak perlu menunggu lama, homify mengumpulkan beberapa kreasinya untuk Anda:

1. Dinding Eternit

Bahan ini merupakan solusi praktis dan cepat untuk membuat dinding sekat. Bisa dikreasikan dengan diberikan lampu LED di sana, Warna putih juga tetap jadi pilihan favorit! Apalagi jika lantainya terbuat dari kayu, meja dan kursi kayu serta beberapa pajangan akan oke untuk dipasangkan di sana.

2. Rak Terbuka

Bagaimana jika atap rumah tak terlalu tinggi dan ukuran rumah juga sedang-sedang saja? Maka sekat berupa rak terbuka seperti ini akan menyelamatkan dengan sempurna. Kesan luas dan bersih dari rak kayu berwarna putih ini memang tak bisa ditolak. Bisa untuk tempat menaruh aneka foto, vas bunga dan barang-barang penuh kenangan. Kini ruang tamu dan ruang keluarga jadi punya sekat.

3. Mirip Dinding

Kelihatannya seperti dinding, tapi rupanya bukan! Ini salah satu ide brilian yang wajib Anda contek. Bentuknya juga minimalis modern serta fungsional. Anda bisa membuatnya dari kayu lho. Televisi, aneka buku dan berbagai hiburan lain bisa ditata di sini. Jika ingin lebih revolusioner lagi, beri roda di bagian bawahnya agar bisa dipindah-pindahkan!

4. Permainan Volume

Pada beberapa kesempatan, Homify memberikan ide mengenai mengakali kontur tanah yang naik turun. Salah satunya adalah memberikan tangga kecil barang 2-3 anak tangga. Untuk dinding sekatnya, bisa dari kaca yang bening dan lebar, menjadi pemisah yang jelas antara satu ruang dengan lainnya. Ini cukup sederhana dan masuk ke rumah dengan desain apapun. Elegan! 

5. Perpustakaan Sebagai Dinding Pemisah

modern Living room by soloLibrerie
soloLibrerie

Libreria componibile bifacciale con passaggio

soloLibrerie

Jika Anda memiliki banyak buku di rumah, dan belum ada tempat untuk menatanya dengan rapi, kenapa tidak menyatukan konsep antara rak buku dan sekat pemisah? Keren sekali bukan, hubungi tukang kayu langganan Anda dan buatlah sebuah sekat fungsional ini. Tidak hanya buku saja, ada banyak barang yang bisa ditempatkan di sana. Sederhana dan membuat rumah makin rapi, setuju?

6. Hanya Dengan Furnitur Kecil

modern Living room by Extendo
Extendo

Librerie singole 6mm

Extendo

Jika Anda memiliki ruangan yang kecil dan tidak ingin memakan banyak ruang, tapi butuh sekat antara satu ruang dengan lainnya. Bagaimana solusinya? Ruangan multidimensi inilah yang bisa dijadikan inspirasi. Ukurannya tidak besar, tapi tinggi dan cukup menjadi sekat yang jelas. 

7. Rak Kontemporer

Jika ada pilar di dalam rumah dan ruangan di sebelah-sebelahnya masih kosong, ini bisa dimanfaatkan untuk menjadi sekat rumah. Tambahkan rak-rak kayu yang harmonis dan sedikit kontemporer. Voila! Barang-barang yang tergeletak kini bisa ditata rapi sekaligus Anda punya sekat ruangan yang cantik.

Rumah biasanya memiliki sekat berupa dinding, ternyata caranya tidak hanya itu saja lho. Homify mengumpulkan beberapa kreasinya untuk Anda:
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!