by Movelvivo Interiores

Menikmati Kesegaran Hutan Tropis: Inspirasi 5 Ruang Keluarga

arisyahril arisyahril

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Gaya arsitektur dan interior tropis awalnya dicitakan untuk merespon iklim tropis yang memiliki karakteristik temperatur udara, sinar matahari, angin, kelembaban, serta curah hujan yang khas. Di bagian luar, rumah bergaya tropis biasanya ditandai dengan atap dengan kemiringan lebih dari 30 derajat. Hal ini ditujukan agar air hujan dapat dialirkan dengan cepat. Di bagian interior, rumah tropis umumnya ditandai dengan penggunaan jendela dan pintu berukuran besar, plafon yang tinggi serta banyaknya tanaman hijau yang disimpan di dalam rumah.

Saat ini, konsep tropis tidak hanya berkembang di negara-negara yang memiliki iklim tropis. Konsep ini juga banyak diterapkan di negara-negara dengan iklim sub tropis. Tujuannya, untuk menghadirkan nuansa tropis yang menyegarkan. Pengaturan sirkulasi udara dan cahaya yang baik pada rumah tropis juga kerap kali membuatnya diaplikasikan pada rumah-rumah di luar habitat aslinya. 

Interior garapan salah satu ahli homify, Movelvivo Interiores yang bermarkas di Vilela Paredes, Portugal ini misalnya. Menghadirkan nuansa tropis yang dipadukan dengan gaya chic. Perpaduan unsur-unsur tropis seperti tanaman hijau dan jendela yang besar terlihat sangat apik saat berpadu dengan furnitur bergaya chic yang anggun. Marilah kita mengeksplorasi lebih dalam melalui gambar-gambar di bawah ini.

1. Furnitur Chic

 Living room by Movelvivo Interiores
Movelvivo Interiores

Canto de leitura

Movelvivo Interiores

Nuansa Chic di ruangan ini hadir melalui furnitur dan ornamen dekoratif. Dari gambar kita dapat melihat anggunnya ruangan ini. Sebuah sofa klasik berwarna hitam, meja kecil berwarna hitam, lantai kayu warna coklat gelap menggambarkan keanggunan dari ruangan ini. Meski belum terasa kental, nuansa tropis sendiri telah hadir dari sudut pandang ini. Motif dedaunan pada penyangga lengan dan bantal di sofa dan jendela dengan ukuran cukup besar mulai menandakan kehadiran unsur tropis.

Wallpaper Pohon

Dari sudut pandang pada gambar ini barulah nuansa tropis mulai kental terasa. Dinding di belakang televisi nampak dihiasi oleh wallpaper dengan gambar sketsa pepohonan tropis. Penggunaan grafis ini cukup mampu menghadirkan nuansa tropis beserta kesegarannya ke dalam ruangan ini. Meski tertutup tirai putih, jendela dengan ukuran besar mampu memberikan suplai cahaya matahari yang cukup melimpah ke ruangan ini. Menanbah kuat nuansa tropis pada ruangan.

Harmonisasi Gaya

Perpaduan unsur-unsur chic dan tropis terasa sangat harmonis pada bagian ini. Furnitur dan wallpaper pada dinding menggambarkan keanggunan. Meja dengan empat kakinya yang kecil, cermin bundar, serta lampu dengan grafis hijau daun berpadu dengan dua tanaman berukuran cukup besar. Dari cermin kita dapat melihat ada tanaman lain di sudut ruangan. Sangat segar bukan?

2. Serasa di Taman

Berada di ruangan dengan banyak tumbuhan hijau di dalamnya akan membuat kita merasa tengah berada dalam taman. Namun, menikmati kesegaran dari tanaman hijau di dalam ruangan ini bakal terasa lebih istimewa daripada berada di taman di ruang terbuka. Alasannya, Anda dapat menikmati kesegaran hijaunya dedaunan dari sofa bergaya anggun yang sangat nyaman. Anda juga dapat menikmati nuansa tropis tanpa harus mengkhawatirkan kondisi cuaca. Saat suhu udara dingin, kaki Anda tidak akan kedinginan karena berada di atas karpet motif yang cukup tebal.

Luas dan Terang

Desainer interior melakukan penataan furnitur dengan cukup baik di ruangan ini. Membuat ruangan terkesan jauh lebih lapang. Jendela berukuran besar yang mampu mengalirkan banyak sinar matahari membuat ruangan terang secara alami di siang hari.

3. Furnitur Cerah

 Ruang Keluarga by Pixers
Pixers

Ombre

Pixers

Dalam pemilihan furnitur, desain tropis menggunakan material dengan tekstur dan warna-warna cerah untuk membangkitkan kesan tropis. Sebuah sofa berwarna putih di ruangan ini cukup mewakili hal ini. Agar ruangan bergaya tropis tetap memberikan nuansa segar, ditambahkan tanaman dalam media tanam pot yang diletakan di atas meja kayu coklat yang sangat anggun.  Sarung bantal berwarna-warni juga mampu menambahkan nuansa segar pada ruangan.

4. Pola floral

 Ruang Keluarga by Pixers
Pixers

Botany in living room

Pixers

Tidak harus melulu fokus pada tanaman, desain sederhana dengan motif wallpaper bunga juga mampu mencerahkan suasana.

5. Unsur Lain

 Ruang Keluarga by Pixers
Pixers

Hanging Lamps

Pixers

Perluas imajinasi anda. Atmosfer yang cerah tanpa banyak ornamen floral juga masih bisa memberikan kesan tropis jika kombinasi pencahayaan dan ornamennya tepat, seperti ruangan yang satu ini. Unik, bukan?

Apakah Anda ingin menghadirkan nuansa segar ke dalam rumah? Tanaman apa yang cocok disimpan di dalam rumah?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!