by King & McGaw

11 Langkah Desain Ulang Rumah Kurang Dari Rp 600 Ribu

Dyah Swastantika Dyah Swastantika

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Barang berkualitas dengan harga murah, siapa yang tak mau? Apalagi kalau barang itu bisa membuat tampilan rumah kita lebih cantik. Oleh karena itu kami mengulas tentang 11 cara mendesain ulang rumah yang semuanya memakan biaya kurang dari Rp 600 ribu. Mudah pula bagi para pemula DIY (do it yourself/ lakukan sendiri). 

Kami memperhatikan hasil rancangan beberapa desainer interior. Lalu menandai rancangan yang terkait cara mendesain ulang rumah. Mari kita ikuti dan silakan pilih mana yang Anda suka. 

1. Hiasan kayu apung

Buka mata lebar-lebar saat Anda jalan-jalan ke pantai. Ada benda-benda menarik di sekitar pantai yang bisa dibawa pulang untuk dijadikan hiasan. Misalnya, kayu apung atau kerang-kerangan. Elemen sederhana yang bisa membawa suasana laut di ruang di kamar tidur Anda. Siapa sangka tampilan mewah ini ternyata tidak makan biaya? 

2. Rak modular

  by Casa Più Arredamenti
Casa Più Arredamenti

Rectangular Living Room Furniture

Casa Più Arredamenti

Keuntungan rak modular kotak seperti gambar ini adalah, setiap saat bisa digantung di dinding jika dibutuhkan. Baik di ruang tamu, kamar tidur, atau ruang kerja, rak modular akan memberikan sentuhan fantastis. Bisa membantu Anda mengubah tampilan ruangan tanpa mengubah warna dinding. 

3. Furnitur bekas

Percaya kalau furnitur ini tidak baru, alias barang bekas? Saya juga tidak. Ini karena furnitur telah melalui proses upcycle. Furnitur lama diperbaiki dan dipoles agar lebih berkualitas. Misalnya, dipernis ulang, dicat, atau mengganti busa tempat duduk. Dengan sedikit ketekunan, furnitur lama jadi tampak baru.

Simak cara mempercantik furnitur lama di sini

4. Sampah bisa jadi harta karun

Kalau ada waktu luang, yuk jalan-jalan ke pasar loak atau garage sale. Atau kunjungi rekan atau kerabat yang hendak pindah rumah. Siapa tahu ada benda-benda menarik yang sudah tak disukai orang, kondisi bagus, murah pula. Misalnya, lampu duduk atau hiasan dinding antik. 

5. Tanaman dalam pot untuk dalam dan luar ruangan

Anda tak bisa memungkiri kesan positif berkat adanya tanaman dalam pot di taman. Mengapa tidak meletakkannya dalam ruangan? Pergilah ke stan tanaman hias, beli beberapa tanaman dalam pot untuk ruang tamu atau ruang kerja. Jangan lupa beli tanaman bumbu atau sayur mayur. 

6. Membuat galeri

Punya bingkai foto usang dari jaman nenek atau ibu waktu masih muda? Semprotkan sedikit cat warna emas di bingkai. Tunggu sampai cat kering, lalu pajang foto-foto jaman balita sampai SMA di dalamnya. Susun pigura-pigura itu menurut ukurannya seperti gambar ini. Koridor rumah kini tampil beda dan menyenangkan. 

7. Memajang karya seni buatan sendiri

 Living room by King & McGaw
King & McGaw

Le Petit Echo de la Mode no.35 (limited edition) by Hormazd Narielwalla

King & McGaw

Lukisan, patung, atau karya seni lainnya harganya bisa kurang bersahabat untuk dompet. Bagaimana kalau kita membuat lukisan, sketsa, atau patung sendiri, lalu memajangnya di dinding rumah? 

Menggambarlah bersama anak atau pasangan, lalu pasang hasilnya di dinding rumah. Memajang karya seni buatan sendiri akan bikin rumah makin menarik, dan bisa menumbuhkan rasa percaya diri si pembuat. 

8. Kelambu baru

Segera ganti gorden lama Anda. Harga gorden baru tidak mahal, tidak lebih (bahkan bisa kurang dari) Rp 600 ribu. Pilih gorden bercorak ceria, sesuaikan dengan warna dinding. Keahlian menjahit yang sudah lama tidak digunakan bisa dipakai buat menjahit gorden dari kain cantik pilihan sendiri. 

9. Menghias dinding dengan wallpaper

Wallpaper (kertas dinding) harganya cukup terjangkau. Bisa dipakai untuk menghias ruangan dengan cepat dan mudah. Anda bisa menghemat uang buat membeli tempat tidur baru. 

Temukan cara mudah menghias kamar tidur di sini

10. Pernak-pernik anti mahal

Sofa, ornamen, atau karpet murah bisa jadi nilai tambah bagi ruangan Anda. Anda hanya harus mencarinya di tempat yang tepat. Rajin-rajinlah menelusuri segala penjuru kota Anda untuk menemukan harta karun.

11. Lampu LED di tangga

Harga lampu LED tidak mahal, bisa dibeli di mana-mana, mudah pula memasangnya. Anak tangga di rumah jadi menakjubkan tanpa ribet. 

Manakah tips desain ulang rumah di atas yang akan segera Anda terapkan dalam waktu dekat? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!