Teras by Specht Architects

6 Ide Teras Rooftop yang Memukau!

Homify.co.id Homify.co.id
Loading admin actions …

Rooftop atau bagian atap seringkali dianggap sebagai ruangan yang kurang menarik, sehingga kita pun sering melupakan keberadaannya. Tetapi, jika Anda dapat berimajinasi dengan baik, sebenarnya rooftop dapat menjadi ruangan yang berpotensi besar untuk digunakan, mulai dari tempat jemuran atau juga menempatkan pot-pot tanaman.

Nah, jika kebetulan rooftop rumah Anda berada di ketinggian yang memiliki pemandangan yang indah, sebenarnya ruangan ini dapat dimanfaatkan sebagai tempat sosialisasi yang menakjubkan. Bisa untuk Anda nikmati sendiri bersama keluarga, atau bahkan bersama teman atau kolega yang kebetulan berkunjung ke rumah Anda. Tentunya, untuk mengubah rooftop menjadi ruangan yang lebih sociable sangat mudah dan tidak memerlukan dana yang terlalu besar.

Namun, jika Anda memiliki uang lebih, tidak ada salahnya untuk berinvestasi sedikit dengan detil yang yang sedikit mahal dan menggabungkannya bersama detil lain yang cukup terjangkau. Kalau Anda memilih hal yang demikian, maka homify menyarankan agar rooftop tersebut diubah menjadi sebuah teras. Selain memiliki banyak fungsi, seperti misalnya sebagai tempat berjemur di musim panas, titik pertemuan bersama teman-teman, hingga ruangan untuk hewan peliharaan atau ruang makan outdoor, teras di rooftop juga dapat digunakan untuk olahraga, menari, bermain musik, atau juga yoga.

Untuk memudahkan Anda mengubah atap menjadi sebuah teras yang memukau, homify mengajak Anda untuk menyimak 6 ide teras di rooftop yang menarik untuk dicoba sendiri di rumah. Mari simak selengkapnya!

1. Panggangan untuk semuanya!

Tidak ada orang yang tidak senang dengan kombinasi panggangan dengan pemandangan di rooftop yang menenangkan. Anda hanya perlu menambahkan panggangan portabel jika memang masih menginginkan kebun kecil di ruang atap. Namun, jika Anda siap menjadikannya khusus tempat panggangan, lebih baik langsung memasang ruang panggang permanen yang tentunya siap pakai. Selain menyenangkan, menempatkan panggangan di rooftop adalah pilihan yang tepat, karena asap dapat langsung ke udara, sehingga mencegah terjadinya penumpukan asap di ruangan tertutup. 

2. Instalasi lantai yang unik

Lantai merupakan sebuah elemen penting di dalam ruangan, apalagi jika Anda ingin membuat teras di atap. Untuk memudahkan proses perawatan, pilihlah bahan lantai yang sederhana dan mudah dicat, seperti misalnya kayu atau juga bahan lain yang mudah dipasang. Tetapi, jika Anda ingin memberikan sentuhan yang berbeda pada lantai teras rooftop, maka homify sarankan untuk memasang kayu lapis sebagai lantainya, karena akan memberikan efek alami dan menyengarkan yang Anda butuhkan. Ditambah lagi, bahan ini dapat menghangatkan dan memberikan ketenangan seketika.

Kayu lapis seperti ini sangat pas jika ditempatkan sebagai teras organik, bersamaan dengan tanaman hijau dan beberapa kursi. Jadi, tunggu apalagi? Mari coba sekarang!

3. Jacuzzi ala spa di atap

Beranjak dari atap yang membosankan, teras yang satu ini pastinya membuat Anda iri! Anda hanya perlu menambahkan jacuzzi, maka teras rooftop Anda pun menjadi lebih menyenangkan, santai, dan pastinya membuat iri tetangga. Jika izin bangunan dan peraturan daerah tidak melarang Anda menciptakan ruangan memukau ini di atap, Anda tidak perlu ragu lagi untuk berendam di bak mandi air panas sembari menikmati matahari sore atau juga bintang di malam hari. Badan Anda pun menjadi lebih rileks dan siap diajak beraktivitas kembali.

4.Titik pertemuan

Tidak masalah jika Anda memutuskan untuk melewatkan ruang panggangan di teras rooftop, tetapi tidak dengan ruang makan yang senantiasa diperlukan. Entah itu digunakan untuk bersantap malam, bertemu bersama teman-teman, menikmati secangkir teh hangat sambil melihat matahari terbenam, atau bahkan merencanakan malam yang romantis, bisa dilakukan! Anda hanya perlu menambahkan beberapa meja dan kursi di sini.

Anda dapat mencoba desain tradisional seperti yang terlihat pada gambar berikut, atau juga desain dengan dapur yang lebih modern. Anda pun dapat menempatkan bean bag atau bantal untuk menciptakan teras dengan konsep ruang duduk, yang sangat sempurna dinikmati bersama dengan teman-teman. Selain itu, pemilihan meja juga tidak kalah pentingnya. Anda perlu mempertimbangkan untuk memilih meja dengan roda seperti pada gambar, yang memungkinkan untuk digeser saat sinar matahari terlalu panas, atau pilihan lainnya adalah memilih meja minimalis yang tidak terlalu susah untuk dipindahkan.

5. Memanfaatkan sudut atap sebagai tempat istirahat

 Teras by TG Studio
TG Studio

Bedroom 3 Terrace

TG Studio

Memiliki ruang tunggu di teras rooftop dapat menciptakan efek sociable pada rumah Anda, apalagi dengan kehadiran suasana yang lebih intim di dalamnya. Untuk menghadirkan suasana tersebut, homify sarankan Anda untuk memilih furnitur yang nyaman dengan desain yang ringan tetapi tahan tehadap berbagai cuaca, seperti misalnya besi atau kayu.

Jangan lupa, dekorasi yang hangat juga dapat membantu Anda lebih rileks dan tenang. Oleh karena itu, homify sarankan Anda untuk membaca lebih lanjut mengenai enam ide dekorasi teras yang menawan berikut ini!

6. Kombinasi dari semuanya!

Jika Anda belum bisa memutuskan konsep teras rooftop yang unik atau fungsional, Anda dapat membangun teras multifungsi yang dapat digunakan untuk berjemur, bersantai, menghabiskan waktu luang, menyambut teman-teman yang berkunjung, atau juga makan bersama. Anda dapat meniru desain seperti yang terlihat pada gambar berikut ini, yang membagi ruangan menjadi dua, yaitu area untuk sosialisasi dan pertemuan dan juga area untuk makan, sehingga Anda bersama orang yang tersayang dapat bersantai dan bersenang-senang.

Sudah memutuskan untuk mengubah rooftop menjadi teras seperti beberapa pilihan di atas? Tunggu apalagi, coba sekarang juga!

Desain teras manakah yang menjadi favorit Anda? Share di kolom komentar bersama kami!
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!