Kamar Tidur by Francesca Greco  - HOME|Philosophy

Cara Jitu Menata Ulang Rumah Tanpa Furnitur Baru

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Kami di homify selalu menampilkan proyek-proyek level atas. Di antaranya, proyek renovasi interior yang mengubah total sebuah rumah jauh lebih mempesona dari penampilan awalnya. Tentu saja semua itu membutuhkan campur tangan signifikan dengan kemampuan khusus. Siapa bilang tata ulang yang berhasil harus mengubah esensi rumah tersebut, atau paling tidak mengubah tampilannya secara drastis? 

Pengubahan tampilan sebuah rumah atau apartemen membutuhkan kepekaan akan keindahan, dan memahami apa yang harus kita lakukan. Ahli yang baik pasti sepakat dengan kami. Maka kami memilih proyek rumah Alice oleh ahli kami Francesca Greco, yang telah dikenal di kalangan pembaca asal Milan, Italia. Ia adalah seorang ahli renovasi yang selalu berhasil menyegarkan penampilan lawas sebuah rumah. Mari kita lihat apakah Anda satu selera dengannya. 

Kamar tidur – sebelum

Sebelum kedatangan para ahli kami, rumah ini tidak tampak rapi. Tapi kami tertegun dengan suasana lemah dan melankolis, tersembunyi dengan baik dalam jiwa sensitif yang menginginkan sedikit bantuan. 

Ini adalah kamar tidur, sebuah ruangan yang nyaris terbengkalai dengan perabotan tua dan sudah ketinggalan jaman. Dua tempat tidur yang diletakkan berdampingan untuk menggabungkan dua kasur. Di setiap sisi tempat tidur ada meja kayu kecil dan ada satu kursi antik. 

Kamar tidur – sesudah

Seperti yang kita lihat, tidak ada banyak perubahan pada substansi tiap elemen. Namun dampaknya benar-benar berbeda. Furnitur lama tetap digunakan setelah dipoles ulang dan mengganti kain pelapisnya dengan corak yang lebih romantis dan lembut. Demikian juga vas bunga di meja dan penambahan beberapa bantal kecil. Tempat tidur memegang peranan utama. Anda tak bisa memungkiri bahwa di sinilah letak semua rahasia. 

Keajaiban sebenarnya terletak pada kemampuan menangkap semangat rumah ini, jiwa, masa lalu dan esensinya. Dengan tanpa menghilangkan salah satu unsur di atas, atau mengubahnya sama sekali. Kini Anda merasa sedang di rumah, penuh kenangan… sedikit lebih bahagia. 

Baca juga inspirasi tata ulang kamar tidur di sini

Ruang tamu – sebelum

Beginilah kondisi ruang tamu sebelum ahli kami datang. Furnitur di sini seolah sedang menanti rumah permanen. Sofa diletakkan berhadap-hadapan tanpa ruang logis, bersebelahan dengan radiator pula. Dua buah gambar tampak kecil di dinding tanpa hiasan lainnya. 

Ruang tamu – sesudah

Sekarang kita melihat ruang yang lebih rasional dan elegan. Coba perhatikan, furnitur yang digunakan masih sama. Apakah Anda bisa menemukan di mana letak perbedaannya? Area bercakap-cakap terasa lebih lapang dan nyaman. Sedangkan dua lukisan tampak lebih menarik setelah posisinya digeser sedikit ke tengah. 

Ruang keluarga – sebelum

Ini adalah contoh buruk tentang pemeliharaan ruang keluarga yang begitu berharga. Lebih daripada itu, tata ruang semacam ini tampak kurang berkelas. Hasilnya? Sedih dan tak bermakna. 

Ruang keluarga – sesudah

Sekarang ruangan ini cocok sebagai ruang tamu, ruang loker, atau ruang untuk membaca dan beristirahat. Singkatnya, penataan ulang telah memberi ruang ini kesempatan untuk meningkatkan statusnya. 

Kamar tidur tamu – sebelum

Nasib yang sama juga dialami kamar tidur tamu. Ruangan ini begitu kecil dan sempit. Lebih mirip seperti gudang daripada kamar tidur. 

Kamar tidur tamu – sesudah

Setelah menggeser sana sini, menata ulang dan sedikit perhatian, kamar tidur ini berhasil mengukuhkan karakter dan fungsionalitasnya. Rak besar warna merah menjadi pusat perhatian. Tempat tidurnya memang rendah, namun para tamu akan beristirahat dengan nyaman. 

Dapur – sebelum

Meski dapur ini tidak berantakan atau kotor, namun jelas tidak mencerminkan modernitas dan kekinian. 

Dapur – sesudah

Sekali lagi, yang diperlukan hanyalah sedikit sentuhan di sana sini. Termasuk memindahkan perabotan lama ke tempat lain, atau mencat ulang. Hasilnya adalah suasana hangat, ramah, tidak ada tekanan. Suasana yang nyaman seperti di rumah. Anda pasti ingin duduk terus dan lupa berdiri! 

Mari membaca buku ide dekorasi ulang rumah lainnya di Inspirasi Jitu Menata Ulang Apartemen Kuno yang Akan Dijual.

Siap mendekorasi ulang rumah akhir pekan ini? Mari berbagi bersama kami. 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!