Ruang Kerja by beatrice pierallini

9 Inspirasi Ruang Baca untuk Anda Contek di Rumah

Henti Kresdiana Henti Kresdiana
Loading admin actions …

Bagi Anda yang gemar membaca, Ruang Baca pasti menjadi salah satu bagian yang penting ketika Anda mendesain rumah.  Ruang Baca akan menjadi tempat favorit Anda di rumah karena di sanalah nanti Anda akan banyak menghabiskan waktu ketika berada di rumah.

Koleksi buku  menjadi hal yang tak terpisahkan dengan ruang baca. Sehingga, yang Anda butuhkan adalah bagaimana memastikan koleksi buku Anda aman (dari rayap), rapi dan mudah di akses. Jika menggunakan rak buku terbuat dari kayu pastikan bebas dari rayap dan kering sempurna.

Tidak ada aturan baku yang harus dipakai di manakah posisi ruang baca yang ideal. Namun, seringkali membaca membutuhkan tempat yang tenang.  Oleh sebab itu perlu Anda pertimbangkan di sebelah mana Anda akan menempatkan ruang baca.  Jika Anda tidak mempunyai tempat yang luas, manfaatkan sudut dan loteng yang agak jauh dari ruang yang sering menjadi pusat aktivitas, seperti ruang keluarga dan ruang makan.

Berikutnya adalah mengenai pencahayaan. Pencahayaan merupakan hal terpenting agar membaca menjadi nyaman. Jika memungkinkan pilihlah sudut yang menghadap ke arah jendela, agar Anda mendapatkan cahaya alami dari luar. Namun, bila sudut tersebut merupakan area tertutup, perhatikan letak lampu agar dapat menerangi sudut dengan baik.

Tipe kepribadian Anda juga sangat menentukan ruang baca seperti apa yang bisa Anda desain. Bagaimana mendesain ruang baca yang sesuai dengan kepribadian Anda tanpa meninggalkan fungsi dari ruang baca itu sendiri.

Berikut beberapa inspirasi Ruang Baca yang bisa Anda contek dan akan membuat Anda semakin betah di Rumah.

1. Ruang Baca Sekaligus Ruang Tamu

 Ruang Kerja by Zodiac Design
Zodiac Design

The Harry Potter staircase

Zodiac Design

Ruang Baca dengan banyak kursi dan sofa bisa berfungsi juga sebagai ruang tamu. Desain ini cocok untuk Anda yang sering melakukan pertemuan atau diskusi bersama relasi di rumah.  Tangga selain berfungsi untuk mengambil buku juga berfungsi untuk mengakses ruang lain di lantai dua.

2. Ruang Baca untuk Kolektor Buku

Anda yang mempunyai banyak sekali koleksi buku bisa men-contek ide dari rak buku dalam ruang baca ini. Buat kotak standar dengan ukuran sama dan tempel di tembok mendekati langit-langit. Setiap kotak bisa Anda beri label berupa ordinat yang menunjukkan lokasi koleksi buku Anda. Pastikan tembok di ruangan ini dalam keadaan kering atau tidak lembab, sebab buku sangat rentan dengan jamur.

3. Modern Minimalis

 Ruang Kerja by Will Eckersley
Will Eckersley

Darnley Road

Will Eckersley

Ruang baca modern minimalis tidak membutuhkan banyak aksesoris. Rak buku yang dipakai hanya membutuhkan siku dan ambalan yang tidak membutuhkan banyak material dan tempat. Jendela berfungsi sebagai pencahayaan alami. Sesekali Anda pun bisa merenung sambil melihat tanaman di luar sebelum melanjutkan cerita dalam buku.

4. Ruang Baca Sekaligus Ruang Kerja Keluarga

Ruang baca sekaligus ruang kerja ini bisa menjadi inspirasi bagi Anda mempunyai posisi rumah hook. Pintu bisa langsung akses ke samping rumah. Sedangkan meja kerja yang luas bisa menjadi tempat Anda membuat proyek bersama keluarga. Rak yang besar bisa muat untuk seluruh keluarga termasuk koleksi buku anak-anak.

5. Ruang Baca, Ruang Kerja dan Ruang Baca

Lahan minim tetapi ingin punya ruang baca dengan koleksi buku yang banyak? Salah satu strateginya adalah menggabungkan dengan ruang lain. Seperti desain di atas, Buat rak buku yang di tengahnya terdapat space dimana Anda bisa letakkan televisi. Kehadiran sofa mempunyai peran yang sangat penting, selain menjadi publik area bisa juga menjadi private area ketika Anda tiduran.  Kursi kerja yang menghadap keluar cukup membuat Anda berkonsentrasi ketika bekerja jika suara telivisi dikecilkan. Cukup memenuhi syarat bukan?

6. Memanfaatkan Barang Bekas

 Ruang Kerja by homify
homify

zona riunioni con libreria

homify

Ruang baca sekaligus ruang kerja berikut memanfaatkan kotak kayu bekas yang disusun sedemikian rupa menyerupai rak. Cukup hemat, namun Anda harus memastikan bahwa kayu cukup kuat, kering, bersih serta bebas dari rayap.

7. Klasik Vintage

 Ruang Kerja by homify
homify

Home Office

homify

Desain ini cukup unik dengan bentuk tangga yang menyempit ke atas berbentuk huruf A. Warna putih pada rak buku dan dinding cocok digabungkan dengan warna perabot apa saja.Lampu gantung klasik dan lampu meja menjadi aksen cantik selain berfungsi sebagai penerangan.

8. Memanfaatkan Sudut Ruang Sempit

Bagi Anda yang tidak mempunyai lahan luas, desain ini bisa menjadi inspirasi. Ruang baca ini hanya membutuhkan ruang tidak lebih dari 2x1 meter. Dengan menempatkan rak kecil dan bangku atau kursi kecil beserta bantal sudah cukup menjadi ruang baca pribadi.

9. Ruang Baca atau Ruang TIdur?

Tempat tidur memang area untuk beristirahat. Tetapi, jika Anda suka jangan ragu menggabungkan ruang tidur dengan ruang baca. Seringkali kita membaca terlebih dahulu sebelum tidur. Rak buku yang dekat dengan tempat kita beristirahat sering juga menjadi pengingat kita bahwa ada sebagian buku yang kita beli ternyata belum terbaca.

Ruang baca mana yang sesuai dengan kepribadian Anda?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!