by STYLE-K

​6 Ide Ruang Keluarga Untuk Rumah Anda

KSMR KSMR
Loading admin actions …

Dalam sebuah hunian pasti ada satu ruangan yang sering dijadikan tempat berkumpulnya anggota keluarga. Tak peduli besar maupun kecil, yang jelas tempat ini sangat sering digunakan sebagai tempat bersantai, bercengkrama atau sekedar menonton televisi bersama.

Tapi sayang, ruangan yang umum dikenal dengan istilah ruangan keluarga tersebut biasanya ditata seadanya tanpa ada sentuhan khusus. Untuk itu, demi menghangatkan nuansa kekeluargaan dalam ruangan tersebut, maka ada baiknya Anda tata ulang ruang tersebut dengan bubuhan konsep baru, yang disertai dengan tampilan furnitur, warna cat dan ornamen yang baru pula.

Jika Anda bingung menentukan konsepnya, maka dalam buku ide kali ini kami telah merangkum 6 ide ruang keluarga yang dapat Anda contek sebagai referensi Anda dalam mengubah tampilan baru ruang keluarga di hunian Anda.

​1. Sederhana penuh warna

 Living room by STYLE-K
STYLE-K

Hello EMMA COZ Patrol

STYLE-K

Ruang keluarga yang cantik ini terlihat sempurna dan sangat mudah untuk diaplikasikan. Anda cukup memilih furnitur kursi bertangan dengan warna jok cerah berpola, kemudian padu padankan furtnitur tersebut dengan karpet, dinding berwarna terang serta sedikit tambahan ornamen berwarna seperti lukisan dan guci sebagai pemanis. Jika sudah seperti ini, maka semua kombinasi tersebut akan saling bersinergi untuk menghidupkan atmosfer ceria di ruang keluarga yang Anda idam-idamkan.

2. Ruang keluarga yang luas

Memiliki bukaan atas yang cukup tinggi adalah salah satu nilai tambah yang bisa Anda mainkan dalam menata ruang keluarga. Seperti yang terlihat pada gambar, tak perlu banyak aksen, Anda cukup aplikasikan furnitur bergaya minimalis ke dalamnya. Pilihlah kursi tamu berdimensi lebar untuk mengisi ruang keluarga yang luas tersebut. Dalam pemilihan warna, Anda juga tak perlu repot, Anda dapat mainkan warna senada pada unsur kursi, meja dan karpet dengan warna yang senada.

3. Ruang keluarga yang mungil

Berbicara soal luas sebuah ruangan, maka erat hubungannya dengan pemilihan furnitur yang ada didalamnya. Jika penataannya pas, maka ruang yang sempit pun akan tetap terasa lega. Jika Anda tak percaya, maka Anda dapat tengok konsep ruang keluarga yang satu ini. Meskipun berukuran sedang, namun unsur kehangatan dapat tetap terasa lewat penggunaan lantai bermaterial kayu, sofa panjang, kursi dan meja yang tak begitu besar. Sedangkan untuk warna, ruangan ini membiarkan warna dasarnya bersinergi dengan beragam warna yang banyak dipancarkan dari koleksi buku-buku yang tersusun di rak, lukisan dan juga bubuhan sebuah pot kecil sebagai perwakilan warna alam.

4. Ruang keluarga bergaya minimalis

modern Living room by MOHD - Mollura Home and Design
MOHD – Mollura Home and Design

Random Light – Lampada a Sospensione – Moooi

MOHD - Mollura Home and Design

Jika Anda ingin menciptakan suatu kedinamisan dalam sebuah ruangan, maka pilihan ruang keluarga yang satu ini sangat pas Anda adopsi ke hunian Anda. Pemilihan furnitur di ruangan ini benar-benar diperhitungkan komposisinya. Dari segi warna, furnitur dan ornamen ditata seolah senada dengan warna dasar ruangan, yang tak lain adalah perpaduan antara nuansa putih dan krem. Sedangkan dari segi bentuk, model furnitur dan ornamennya pun sengaja dipilih yang tak banyak macam, agar komposisi tersebut tak mengganggu nuansa minimalis yang sudah terwakili dari konsep gaya minimalis yang sudah menjadi dasarnya.

5. Ruang keluarga yang hangat

Unsur kehangatan dari ruang keluarga ini berhasil terwakili lewat material kayu yang menyelimutinya. Dominasi material tersebut semakin ditegaskan lewat pemilihan warna-warna senada pada sofa, meja dan rak tv ditengahnya. Meskipun tak semuanya berwarna khas kayu, namun ruangan ini seolah mampu menjembatani konsep modern dan klasik lewat pemilihan bentuk-bentuk furnitur yang sederhana.

6. Ruang keluarga yang nyaman

Karena sifatnya yang fleksibel, maka ruang keluarga dapat Anda desain senyaman mungkin dengan beragam konsep. Entah dengan memilih satu konsep untuk semua, atau sebaliknya, yang jelas ruang tersebut harus memiliki unsur kenyamanan yang lebih, dan bisa dirasakan oleh seluruh anggota keluarga. Seperti yang terlihat pada gambar contohnya, demi menyamankan semuanya, maka semua media duduk dan bersantai sengaja disajikan jadi satu dalam ruangan tersebut. Jika ingin bersandar dan santai bersama ruangan tersebut memiliki sofa, kursi baca, kursi berkaki dan bahkan tersedia pula karpet yang cukup lebar, yang dapat digunakan sebagai media lesehan jika memang anggota keluarga yang sedang berkumpul dalam formasi lengkap.

Jadi, konsep ruang keluarga seperti apa yang ingin Anda pilih?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!