Taman by JUNOR ARQUITECTOS

10 Lantai yang Akan Mempercantik Halaman

arisyahril arisyahril
Loading admin actions …

Halaman dan teras rumah adalah salah satu bagian penting dari rumah. Di sinilah kita bisa melepas rasa penat dengan menikmati panorama lingkungan sekitas, udara segar dan guyuran sinar matahari. Namun bagaimana jika halaman rumah Anda tidak seindah yang Anda dambakan? Halaman yang kurang menyenangkan biasanya disebabkan oleh lantai yang kurang baik kondisinya. Lantai dengan warna dan corak yang tidak sesuai dengan tema halaman juga berpotensi merusak keindahan halaman Anda.

Jika lantai adalah salah satu perusak suasana di halaman dan teras, Anda harus segera melakukan perubahan. Segera berkonsultasi dengan para ahli homify untuk mengetahui lantai yang cocok untuk taman atau teras rumah Anda. Satu hal yang penting, buat perencanaan sebaik mungkin, mulai dari anggaran biaya hingga pemilihan bahan. Ingat, material yang digunakan harus tahan terhadap kondisi iklim dan cuaca.

Kali ini, homify akan memberikan 10 ide untuk renovasi teras halaman dan teras Anda. Semoga buku ide kali ini dapat membantu Anda dalam mengambil keputusan lantai yang tepat untuk halaman dan teras.

1. Kerikil

Lantai di halaman tidak selalu harus berbentuk solid yang terbuat dari campuran semen dan batu. Anda dapat menempatkan lapisan kerikil di tanah. Dalam foto di atas misalnya, kerikil yang dihamparkan di tanah menghasilkan tampilan visual yang indah. Sangat harmonis dengan tanaman hias yang mengitarinya. Di atas lantai kerikil, Anda dapat menempatkan furnitur dari kayu dan lentera untuk menambahkan nuansa romantis di halaman.

2. Rumput Sintetis

Jika Anda ingin sesuatu yang mudah pemasangan dan perawatannya, rumput sintetis dapat menjadi pilihan. Harganya relatif terjangkau. Rumput sintetis tidak perlu dipotong dan disirami air. Ia tahan berbagai macam cuaca, baik panas, hujan atau musim dingin sekalipun. Rumput sintetis kondisinya bakal terus seperti rumput hijau alami yang baru ditanam.

3. Ubin Batu

Ubin batu merupakan salah satu material dengan harga yang relatif murah. Meski murah, ubin batu memiliki cukup banyak pilihan warna yang dapat disesuaikan dengan tema halaman. Anda juga dapat memilih tekstur permukaan sesuai dengan selera Anda, kasar atau halus.

4. Lantai Kayu

 Balconies, verandas & terraces  by Naharro
Naharro

TERRAZA NAHARRO SHOWROOM

Naharro

Seperti kata pepatah, material kayu memiliki kemampuan untuk menghangatkan suasana lingkungan sekitar, baik luar maupun di dalam ruangan. Anda dapat menghangatkan suasana di halaman belakang dengan membuat teras dari kayu. Anda juga dapat menempatkan furnitur di sana sehingga Anda dapat bersantai di halaman belakang.

5. Batu Kali

Batu kali memiliki warna abu-abu, coklat dan beberapa dia antaranya berwarna kemerahan. Pengaplikasian batu kali pada lantai di halaman bakal menghadirkan nuansa alam yang sangat kuat. Anda dapat mengkombinasikan batu kali dan menggabungkannya membentuk angka atau huruf. Batu-batu bulat ini akan memberikan sentuhan lembut yang akan menyempurnakan kecantikan halaman rumah Anda.

6. Paving

 Taman by Rimini Baustoffe GmbH
Rimini Baustoffe GmbH

Mönch Nonne Halbschale Teja Curva

Rimini Baustoffe GmbH

Berbagai jenis batuan sangat cocok digunakan sebagai material luar ruangan. Selain tahan terhadap kondisi cuaca luar ruangan, bebatuan dapat mengikuti skenario desain yang ingin diterapkan. Anda dapat menyusunnya di lantai atau dinding yang ada di halaman rumah.

7. Perpaduan Kayu dan Rumput

Lihatlah gambar di atas, sebuah halaman dengan imajinasi tanpa batas. Di antara rumput, terdapat potongan kayu berbentuk bulat, menciptakan dekorasi yang unik. Nuansa imajinatif semakin kental dengan kehadiran patung-patung serta dinding dari batu alam. Sebuah lampu sorot digunakan untuk menerangi area halaman yang ditempati oleh furnitur membuat halaman ini tetap dapat dinikmati di malam hari.

8. Ubin Tanah Liat

Ubin dari tanah liat memiliki warna yang sangat eksotis dan natural. Selain indah secara visual, ubin berbahan tanah liat juga memiliki ketahanan yang baik. Sangat cocok diaplikasikan pada teras rumah.

9. Lantai Sintetis

 Teras by WARCO Bodenbeläge
WARCO Bodenbeläge

Terrasse am Hang

WARCO Bodenbeläge

Lantai sintetis adalah salah satu bahan yang juga cocok diterapkan di area luar ruangan. Pemasangannya relatif lebih mudah, harganya murah serta sangat menyenangkan untuk berjalan tanpa alas kaki di atasnya. Lantai sintetis tersedia dalam banyak pilihan warna dan bentuk. Membuat Anda dapat menyesuaikannya dengan kondisi halaman dan teras.

10. Microcemento

Microcemento atau material semen yang dipoles adalah salah satu produk yang tengah menjadi tren.  Material ini memiliki berbagai warna, tekstur yang lembut, serta daya tahan yang baik. Pada teras dalam gambar di atas, microcemento berpadu dengan kolam renang yang indah, menghasilkan sebuah nuansa yang elegan dan mewah.

Ingin mempercantik rumah? Mungkin ini inspirasi yang anda cari:

22 Teras di Atap yang Mudah Dibuat (dan Ditiru!)

39 desain interior modern untuk dicontek

Apakah teras dan halaman rumah anda membosankan? Apakah Anda ingin merenovasi teras dan halaman?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!