Dapur by 珞石設計 LoqStudio

Panduan Sempurna untuk Hunian Industrial

Boy Indarto – Homify Boy Indarto – Homify
Loading admin actions …

Tak bisa dipungkiri, semakin ke sini, gaya desain interior industrial, kian digandrungi. 

Di Indonesia – Jakarta pada awalnya – gaya ini mulai tampak pada kafe-kafe beberapa tahun silam, lalu dengan cepatnya menjalar pada perkantoran. Dan kini, desain yang lahir dari daratan Eropa untuk mengatasi permasalahan bangunan-bangunan lama yang sudah ditinggalkan atau terbengkalai – khususnya pabrik-pabrik -, makin banyak terliat diterapkan pada tempat tinggal. Dari rumah tradisional hingga apartemen. Alasannya sederhana: pengerjaannya ekonomis dan praktis, dan hasilnya: berani, hidup, penuh imajinasi, dan menakjubkan. Keren. 

Hanya ada satu detil penting yang perlu benar-benar diperhatikan saat ingin menggunakan gaya ini, yaitu diperlukannya latar belakang teknik yang kuat untuk pemasangan pipa-pipa dan saluran-saluran yang umumnya dibiarkan telanjang di langit-langit – hal yang memang menjadi signature khas gaya industrial

Tapi hasilnya, worth it. Anda akan mendapatkan desain yang mampu memadukan unsur modern dengan vintage secara sempurna, smooth. Seperti yang kami tampilkan saat ini, sebuah halfway house yang benar-benar patut dijadikan inspirasi – kalau tidak mau disebut acuan paten – untuk gaya desain industrial. 

Silahkan baca terus, dan kagumi kemagisan bangunan ini.

Jalan Masuk dan Ruang Keluarga

Nuansa industrial akan langsung menyergap ketika kita memasuki rumah ini. Perhatikan bagaimana keseluruhan elemen industrial dengan gamblangnya dipaparkan di ruang keluarga, dari beton yang sudah dipoles di dinding dan lantai, lalu pipa-pipa yang melayang di udara. Tapi kerasnya nuansa bahan-bahan bangunan mentah itu, kemudian dihaluskan dengan lapisan kayu pada lantai, dan juga beberapa tanaman hijau.

Detail Rak Sepatu

Jangan langsung terfokus pada ruangan di sudut kanan yang memang menarik perhatian itu. Tapi perhatikan sejenak rak sepatu di sebelah kiri foto, yang terbuat dari bahan logam. Menggunakan salah satu bahan interior yang sangat populer di dunia industrial, rak ini juga terlihat menarik dengan tampilan pintu berkisinya.

Ruang Makan yang Hangat

Dan kini saatnya memuaskan pandangan pada salah satu area yang menjadi highlight di hunian ini. Rasakan sebuah interaksi tekstur yang menyenangkan antara bahan bangunan mentah yang kasar dengan unsur-unsur kayu yang bersahaja dan halus pada furnitur-furniturnya. Dan penerangan dari lampu-lampu gantung yang terbuat dari bahan logam pun memberikan aksen kehangatan yang pada ruangan ini.

Terbuka

Ruangan yang terbuka, adalah salah satu ciri dari gaya desain industrial. Dan dari sisi yang lain ruang makan ini, kita dapat memandang koridor yang menyambungkan area ini dengan dapur dan juga kamar tidur dan kamar mandi di sisi kanan ruangan, yang ditandai dengan dinding putih yang tampil kontras di area ini.

Dan ini adalah highlight lainnya di rumah ini. Sebuah area dapur di mana berbagai elemen industrial dimasukkan di sini dengan penataan yang apik alih-alih menyesakkan. Area kerja dapur ditempatkan di tengah-tengah, tempat penyimpanan barang di sampingnya, dan kompor serta tempat cuci di belakang ruangan. 

Perhatikan area wastafel yang tampil menarik dengan dinding bata putih dan balok-balok kayu untuk tempat meletakkan berbagai kebutuhan dapur. Permainan aneka bahan dan warna di sini, sangat impresif.

Kamar Tidur Minimalis

Setelah melewati lorong berdinding putih di antara ruang makan dan dapur, kita akan menemui sebuah kamar tidur simpel, hangat dan terbuka. Sekali lagi ditunjukkan bagaimana warna-warna netral sangat cocok dalam ruangan industrial yang biasanya besar dan terbuka. Warna-warna itu membawa kehangatan visual untuk area yang mungkin memiliki masalah kenyamanan mata dengan pipa-pipa yang menjalar bebas. Tidak banyak furnitur yang digunakan di sini, membuat ruangan memenuhi ciri lain dari gaya industrial: minimalis.

Lemari Pakaian Besar

Dan sebagai penutup yang sempurna, disajikan sebuah lemari pakaian yang menawan. Untuk mengatasi ruangan yang terbatas dibangunlah sebuah lemari pakaian yang tinggi, besar dan panjang, dengan dipenuhi banyak tempat penyimpanan barang. Dan pemasangan sebuah rak barang lainnya di dinding kiri atas, membuat ruangan terkesan menjadi lebih besar, sama seperti efek yang diberikan oleh kaca di ujung ruangan yang memberikan refleksi dari kamar mandi di seberang ruangan. 

Keseluruhan ruangan pada bangunan ini memang menerapkan konsep industrial dengan baik dan sempurna, yang merupakan atribut dari kemenangan teknik dan kecerdasan mekanik.

Apakah Anda menyukai hunian bergaya industrial? Ceritakan pendapat Anda di kolom komentar!
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!