Ruang Keluarga by MAKAO home

Rumah Ramah Anak yang Penuh Warna

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Jika sepasang suami istri berencana memiliki anak, mereka sebaiknya menyesuaikan kondisi rumah untuk tujuan itu. Sebuah rumah ramah anak sebaiknya tidak hanya aman, namun juga memiliki tata ruang yang dihiasi warna ceria. Mirip seperti dunia anak yang penuh keceriaan, tawa dan kebahagiaan. 

Sebuah rumah hasil rancangan ahli kami dari Makao Home merupakan contoh tepat rumah ramah anak. Kami mengulasnya secara detil di bawah ini, khusus untuk Anda. 

Koridor putih abu-abu

Ruang ini berfungsi menghubungkan area depan rumah dan dalam rumah. Ahli kami meletakkan sofa di dekat jendela yang dilengkapi laci-laci besar. Lemari dinding dirancang sedemikian rupa agar tak tampak seperti lemari. Dapat digunakan untuk membuat rumah tampak rapi dan manis setiap saat. 

Cermin kecil memanjang ditambahkan sebagai ilusi keluasan ruang. Tiga pilar di dekat cermin ini cukup unik karena motifnya dan bisa dimanfaatkan sebagai tempat menggantungkan jas hujan atau jaket. Area penyimpanan barang yang terjangkau bisa membantu anak berlatih membereskan barang-barangnya sendiri. 

Lukisan di mana-mana

Lukisan akan membuat rumah Anda tampak penuh warna, tanpa mengganti warna dinding atau menempelkan kertas dinding. Anda bisa menggantungkan lukisan karya sendiri, atau karya anak-anak Anda. 

Pada gambar pertama, lantai abu-abu tua tampak kontras dengan dinding dan plafon putih susu. Sedangkan gambar kedua adalah ruang makan yang merupakan paduan gaya rustic dan modern. Lihat bagaimana serasinya meja kayu antik dengan rak putih modern di dekat jendela. 

Putih sebagai warna dasar

Matahari, bulan, dan bintang memancarkan cahaya putih. Dengan demikian, warna putih juga bisa melambangkan suasana alam di sekitar kita. Dalam tata ruang di gambar ini, dinding dan furnitur warna putih serta lantai kayu adalah paduan sempurna. Keduanya seolah menjadi kanvas untuk berbagai warna cerah, seperti kuning, biru langit dan abu-abu muda. 

Ruang keluarga dan dapur tanpa sekat

Meniadakan pembatas antara ruang keluarga dengan dapur dan ruang makan adalah ide brilian. Ruangan jadi tampak lebih luas. Suasana pun jadi lebih bersahabat karena para penghuni rumah dapat saling berkomunikasi, meski mereka berada di area yang berbeda. Ibu dapat lebih tenang karena bisa mengawasi anak sambil memasak di dapur. 

Karpet berbentuk mirip kulit binatang membuat ruang keluarga semakin menggoda untuk dihampiri. Sekaligus menjadi pembatas antara area dengan fungsi yang berbeda. Di area ini penghuni rumah bisa duduk-duduk sambil menikmati teh atau kopi. Sedangkan area makan ada di belakangnya. 

Dapur dengan jendela menghadap ke halaman

Lihat bagaimana piawainya ahli kami merancang dapur cantik ini. Meja dapur dengan lapisan abu-abu bercorak serasi dengan lemari dan kulkas warna putih. Jendela ukuran sedang menyajikan pemandangan hijau di luar dan menghantarkan cahaya hangat ke dapur dan ruang keluarga. Agar warna putih tidak tampak pucat, ditambahkanlah aneka keramik warna biru muda dan hijau toska sebagai pemanis. 

Tangga aman untuk anak

Tangga ke lantai atas menggunakan paduan anak tangga modern dan pegangan tangga tradisional. Pilihan yang tepat dan aman agar anak bisa naik atau turun tangga tanpa terjatuh, dengan tanpa mengorbankan sisi keindahan rumah. Jendela di lorong menuju tangga juga masih mempertahankan bentuk aslinya. Teralis ditambahkan untuk mencegah anak iseng melompat keluar melalui jendela. 

Keamanan juga diperhitungkan dengan membuat pagar pembatas yang rapat dan tidak bisa diterobos anak di lantai atas. Di sini kita melihat bagian dalam atap pelana dan jendela model lama yang unik. Selaras dengan lemari antik kayu dan lantai kayu yang tampak alami. Dua buah lukisan digantungkan untuk melembutkan kesan yang dibawa dua lemari dinding. 

Tidur nyenyak di loteng

Melihat bentuk plafonnya, kita sudah tahu kalau kamar tidur ini ada di loteng. Nuansa interior disesuaikan dengan jiwa sepasang orangtua yang tenang, lemah lembut, penuh kasih sayang pada anak, tanpa mengabaikan pasangannya. Di siang hari, sinar matahari akan menghangatkan kamar melalui jendela di langit-langit. Di malam hari, sepasang kekasih yang telah dewasa bisa menikmati kemesraan sambil menatap bintang di langit atau bulan purnama. 

Kamar mandi hijau putih

Kamar mandi unik yang didekorasi dengan keramik hijau dan putih, membuatnya tampak bersih dan mengkilap. Toilet dibuat pendek agar anak mudah buang air sendiri. Hiasan kapal dan lukisan lucu diletakkan agar anak yang sering menolak mandi tertarik untuk masuk ke sini. Menariknya, wastafel dibuat memanjang agar anak juga semakin mudah belajar mencuci tangan dan sikat gigi sendiri. 

Ruang bermain dan belajar anak

Keuntungan memiliki rumah bercat putih adalah mudah dipasangkan dengan warna dan corak apa saja. Warna putih akan memudahkan Anda menghias kamar anak dengan gambar atau pernak-pernik yang disukainya. Hebatnya, furnitur gaya lama yang digunakan tidak membuat ruang untuk anak ini tampak jadul. 

Kamar si pecinta sepak bola

Mendesain kamar anak laki-laki atau perempuan memang sebaiknya disesuaikan dengan hal-hal yang disukainya. Ini bertujuan agar anak merasa betah dan nyaman beristirahat di kamarnya. Apabila anak gemar sepak bola, inilah desain kamar tidur yang pasti ia suka. Ranjang dibuat lebih tinggi agar memuaskan keinginan anak untuk bermain sejak ia bangun tidur. Ruang di bawahnya dirancang mirip lapangan sepak bola. Lengkap dengan karpet hijau dan sofa imut untuk duduk bersama teman-temannya.  

Makan siang di luar

Siapa bilang kita harus pergi ke restoran untuk makan di luar? Meletakkan seperangkat meja makan di halaman adalah 'makan di luar' dalam arti yang sesungguhnya. Dari sini kita bisa melihat bentuk luar rumah yang ternyata bergaya tradisional. Sangat tepat buat menghabiskan waktu bersama anak dan pasangan. Fasad tiga warna, coklat, putih dan abu-abu membuat rumah ini tampak sederhana, menyembunyikan kenyamanan, aneka warna dan keriangan di dalamnya. 

Menurut Anda, apakah hal lain yang harus ditambahkan agar rumah menjadi rumah ramah anak? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!