Rumah by Biuro Projektów MTM Styl - domywstylu.pl

3 Ide Pondok Kayu Untuk Berlibur

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Memiliki pondok kecil untuk menghabiskan masa liburan atau akhir pekan jadi impian setiap orang. Di sini kita bisa mengambil jeda sejenak dari kebisingan, pekerjaan, dan udara penuh polusi. Mengapa? Kita semua butuh perubahan suasana. Kita harus memperbarui udara di paru-paru kita setiap waktu. 

Membangun pondok kayu kecil di hutan atau pegunungan untuk habiskan masa liburan biasa dilakukan warga di Eropa, Amerika dan belahan dunia lainnya. Di kota saya, bukan pondok kecil yang dibangun orang, melainkan vila. Dalam hal biaya, membangun vila sudah jelas lebih mahal daripada pondok kayu. Padahal penampilan dan fungsionalitas pondok kayu tak kalah keren dari vila. 

Berikut ini adalah ulasan homify tentang tiga desain pondok kayu cantik dan nyaman. Mari disimak, siapa tahu ada satu yang menarik hati Anda. 

1. Pondok tradisional

Para arsitek telah merancang pondok kayu ini dengan sangat baik. Semua hal yang wajib dimiliki pondok untuk berlibur ada di sini. Pondasi kokoh, struktur yang seluruhnya terbuat dari kayu, dan atap yang tahan terhadap cuaca buruk. Dalam proyek ini, yang terpenting adalah pemilihan material tepat sesuai dengan kondisi dan cuaca sekitrnya. Penggunaan pagar kayu adalah langkah ekonomis dan serba guna. Pondok kayu tampak lebih indah sekaligus terlindungi. 

Lantai bawah

Dibadingkan desain pondok kayu sebelumnya, ada struktur ruangan yang hampir sama di dalamnya. Namun ada sedikit modifikasi. Perbedaan ada pada bagaimana cara mengatur letak dinding dan papan. 

Lantai atas

Luas ruang dan tujuan pendirian yang kurang lebih sama, namun terbuat dari bahan yang berbeda. Tidak berarti bahwa satu harus lebih unggul daripada lainnya. Dua-duanya memiliki potensi yang sama. Namun karena menggunakan material yang berbeda, keduanya juga akan memiliki 'tenggat waktu' atau lapuk di waktu yang berbeda. Maka sebaiknya pertimbangkan untuk mengeluarkan biaya lebih demi kualitas yang lebih pula. 

2. Model alami

Kecerdikan para desainer bukan hanya tampak bagaimana mereka bisa menyusun kayu menjadi dinding sempurna. Namun juga penggunaan materi berkualitas tinggi untuk membangun pondok kayu. Kita dapat melihat bagaimana perbedaan dengan proyek sebelumnya, di mana kayu di sini lebih halus, bergaya dan menarik secara estetis. Sistem sambungan antar ruas kayu dibuat lebih kuat, agar dinding pondok lebih kokoh. Atap sedikit lebih rendah, namun tetap terbuat dari bahan berkualitas. 

Lantai bawah

Pondok kayu ini spesial karena dirancang menurut fungsi sesuai ketersediaan lahan. Ini penting karena kabin atau pondok kayu biasanya lebih sempit daripada rumah pada umumnya. Ruangan dalam rumah yang sempit harus disesuaikan dengan kebiasaan penghuni pondok, dan jumlah tamu yang biasa berkunjung. Kamar tidur pun harus dirancang seksama. Bagaimana jika ada kebocoran atau binatang pengerat kayu? Keduanya bukan masalah besar jika kita tinggal beberapa bulan di pondok kayu. 

Lantai atas

Di lantai atas juga terdapat beberapa kamar tidur. Setiap sudut sangat penting dan sebaiknya digunakan semaksimal mungkin. Gagasan para perancang adalah membangun sebuah pondok kayu ramping, dapat ditinggali dalam jangka pendek, dan sesuai untuk aktivitas para penghuni yang berbeda-beda. 

3. Model terbaru

Pondok kayu ini menggunakan bahan yang sama dengan pondok kayu pada umumnya. Namun bagian dalamnya benar-benar berbeda. Sebuah proyek yang terfokus pada sesuatu yang lebih intens, penataan yang lebih anggun dengan mempertahankan gaya rustic yang kita sukai. 

Lantai bawah

Ada sebuah ruangan lebar yang terhubung dengan semua area publik di pondok itu. Ini membuat suasana di dalam terasa lebih lapang. Ada juga ruang makan yang tidak dibatasi oleh sekat atau dinding. 

Lantai atas

Semua kamar tidur ada di lantai atas, juga sebuah kamar mandi. Sebuah penataan ruang yang baik untuk menjaga privasi penghuni pondok, agar mereka lebih puas menikmati liburan. Menarik bukan?

Membangun vila atau pondok kayu, manakah alternatif yang Anda pilih? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!