Ruang Keluarga by 株式会社建楽設計

Hunian Serba Kayu Modern di Jepang

Prisca Tenggono Prisca Tenggono
Google+
Loading admin actions …

Dari arsitek di Chigasaki di bawah naungan Kengaku, hadirlah House of Saiju, sebuah rumah khas Jepang modern yang didominasi kayu pucat yang hangat dan cocok untuk menjadi rumah tinggal bagi kaum urban. Menurut para desainernya, House of Saiju terletak di area hijau di daerah timur, sedikit jauh dari laut dan merupakan area strategis di wilayah utara. Tadinya, House of Saiju merupakan rumah yang didesain seperti pada umumnya, dan memiliki rencana terbuka di bagian selatan menuju ke utaranya. Namun, adanya ruangan dan bangunan besar bertingkat dua di atas tanah dengan ketinggian 60 cm dari jalan sempit di wilayah barat, adanya tempat parikir untuk dua mobil sekaligus, membuat rencana pembangunannya berubah.

Seiring dengan adanya perubahan inilah, dibuka jalur barat yang lebar dan menempatkan bangunan di bagian utara dan selatan di atas tanah dengan ketinggian 60 cm. Untuk mendapatkan sinar matahari di bagian selatannya, lantai kedua dari bangunan ini direncanakan agar tampak lebih hidup dan fungsional. Terdapat bukaan melingkar pada ketinggian tertinggi di bangunan sebelah utaranya sehingga cahaya masuk secara maksimal dari pagi hari meski di wilayah selatan sekalipun. Meski dibuat terbuka, privasi dari bangunan tetap terjaga. Adanya bangunan deck yang menghadap ke jalanan menghalangi pandangan dari jalanan namun membuat orang yang sedang berdiri di atasnya dapat melihat pemandangan bunga sakura.

Di lantai satu, terdapat ruangan anak-anak besar serta terdapat juga halaman mungil di bagian dalamnya. Di setiap ruangannya, terdapat atmosfer berbeda dengan pemandangan langit dan hamparan hijau sekeliling yang bisa dilihat saat menaiki tangga. Interior rumah ini juga didesain agar sealami mungkin, melihat penggunaan langit-langitnya yang terbuat dari plywood bersih dengan permukaan datar pada tembok dan papan kayu cedar untuk lantainya. Secara keseluruhan, bangunan House of Saiju ini memberikan sentuhan menyegarkan pada area dengan jalan sempit dengan cara menata tekstur kayu.

1. Tampak luar House of Saiju

Dominasi kayu dan bahan semen konkret dibuat modern dengan kombinasi warna-warna netral dan bangunan lantai dua yang miring. Terdapat garasi yang dapat memuat dua mobil dalam jarak yang pas. Rumah juga memiliki banyak kaca untuk memastikan pencahayaan alami yang masuk tetap maksimal. 

2. Salah satu sudut House of Saiju dari luar

Dapat dilihat bahwa bangunan House of Saiju memiliki dinding yang tinggi dengan kombinasi lapisan kayu dan beton dengan banyak jendela. Tidak hanya pencahayaan yang kaya, langit-langit di dalam rumah pun dapat dipastikan cukup tinggi, membawa suasana sejuk dalam bangunan ini.

3. Masuk ke dalam rumah, disambut dengan meja makan dan dapur

Salah satu ruangan utama dari bangunan House of Saiju tampaknya adalah ruang makan dan dapur. Dengan lampu halogen yang tergantung rendah, dapur dengan aksen ubin, jendela di langit-langit dan meja kayu dengan bangku kayu senada di sekelilingnya, terdapat ruangan luas tempat banyak aktivitas untuk menampung banyak orang dapaat dilakukan. 

4. Dari sisi tempat mencuci piring

Dari sudut pengambilan gambar berikut, dapat terlihat jelas adanya langit-langit kayu yang tinggi, dan sudut seberang yang merupakan tempat sofa ruang tamu berada. Lampu yang tinggi di sudut melengkapi elemen warna natural dari sofa berwarna cokelat, ditambah lagi dengan kehadiran tanaman. Televisi dipasang menempel ke dinding. Tampak juga adanya pintu masuk serba kaca yang membuat rumah tampak modern dan lapang.

5. Kamar tidur yang sangat sederhana

Kontras dengan ruang makan dan pusat aktivitas yang diperlihatkan sebelumnya, tema sederhana yang dipegang oleh House of Saiju berlanjut dengan adanya bedding serba putih dengan pintu kaca geser. Belum cukup dengan pintu kaca yang besar, terdapat juga jendela di atas kepala tempat tidur dengan tirai lipat vintage.

6. Pada ruang kerja, dominasi kayu dengan furnitur modern makin kental

Berbeda dengan rumah tradisional biasanya, ruangan kerja dalam House of Saiju memiliki kehadiran furnitur yang modern dalam pilihan warna hitam yang abadi dan seragam. Bagian dinding dan lantainya dilapisi kayu secara konstan membuat ruangan terasa unik dan tidak kehilangan karakter Jepangnya.

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!