Koridor dan lorong by Enrique Cabrera Arquitecto

10 Alasan Kenapa Menjaga Kerapian Rumah Membawa Hal Positif Dalam Hidup

Rachel Audrey Rachel Audrey
Loading admin actions …

Bagi banyak orang, kebersihan rumah adalah hal yang utama. Bukan hal yang aneh, karena memang segala hal yang rapi dan tidak berserakan membawa banyak pengaruh baik dalam hidup. Keteraturan dan juga rumah yang enak dipandang juga membuat hati pemiliknya bahagia. Tidak hanya itu saja, ada banyak alasan kuat kenapa menyisihkan waktu untuk membersihkan hunian itu penting bahkan bisa dibilang merupakan prioritas:

1. Menurunkan Kadar Stres

 Dapur by arQing
arQing

E2 Kitchen

arQing

Saat stres muncul, apa yang harus dilakukan? Jika jawabannya adalah mulai berbenah rumah, maka itu ada benarnya. Bisa jadi, Anda sumpek melihat barang berantakan atau banyak yang tak tertata rapi. Sisihkan waktu untuk merawat rumah, ini bisa menurunkan kadar stres.

2. Meningkatkan Kualitas Kesehatan Anda

Jika rumah Anda didominasi warna putih seperti ini, kotor sedikit dan berdebu tipis saja pasti kelihatan. Jangan sampai hal tersebut terjadi apalagi jika sampai ada jamur dan bakteri yang berkembang biak! Kurangi tingkat kelembaban di rumah Anda dengan memiliki ventilasi dan pencahayaan yang bagus. Ini adalah investasi jangka panjang untuk kesehatan Anda.

3. Untuk Pikiran yang Lebih Terbuka

Memiliki pikiran yang terbuka, kreatif serta jernih adalah cita-cita semua orang. Salah satu cara untuk mencapai hal tersebut adalah dengan tinggal di rumah yang bersih. Semakin berantakan atau kotor, kita juga jadi malas dan tidak produktif. Tidak ada yang salah dengan punya sudut untuk bersantai dan membaca buku seperti ini. Dekorasi yang menarik dan pandangan yang lepas, memberikan fokus lebih untuk Anda.

4. Mengurangi Kecemasan

Rasa cemas ternyata bisa muncul dari rumah yang kotor lho! Tidak nyaman, jadi terdistraksi dan merasa ketenangan terganggu. Sumber masalahnya harus segera diselesaikan sebelum Anda makin tidak betah di rumah. Ciptakan suasana bersih di rumah dengan memilih tekstur serta warna untuk dinding, lantai dan furnitur dengan teliti.

5. Membantu Performa Anda di Luar

Saat Anda berada di luar rumah, dengan penampilan rapi dan tubuh yang wangi, darimana asalnya? Tentu saat mandi di rumah! Itulah alasan kenapa kamar mandi harus bersih dan membuat nyaman. Dari situlah Anda akan mempersiapkan diri untuk tampil maksimal.

6. Bersih Tanpa Bakteri

Bakteri di dalam rumah adalah salah satu penyebab pencemaran kebersihan dan membawa banyak penyakit. Rajin-rajin melakukan sterilisasi di furnitur seperti sofa dan karpet ya!

7. Cahaya yang Masuk Tanpa Batas

Memiliki ruangan di dalam rumah untuk bersosialisasi itu penting. Menggabungkan ruang keluarga dan ruang makan menjadi satu bisa jadi ide menarik. Kebersihan juga lebih enak dikontrol, karena tidak banyak sekat di rumah. Tempatkan kaca besar agar cahaya ,matahari leluasa masuk ke dalam.

8. Kecil dan Nyaman Untuk Istirahat

Istirahat yang berkualitas memberikan kesehatan bagi tubuh dan pikiran. Meski tinggal di apartemen kecil bukan berarti Anda kehilangan hal tersebut. Tidak perlu banyak barang, agar tetap lapang dan nyaman.

9. Mendorong Kreativitas

Kenyamanan dan kreativitas juga bisa bersanding jadi satu. Bukan berantakan, lagi lebih ke arah senin. Seperti ini, enak dilihat bukan?

10. Meningkatkan Kadar Kebahagiaan

Detail kecil pada rumah bisa membawa suasana baru. Contohnya pada lampu gantung eksotik dan hiasan pada dinding. Sentuhan warna merah yang cerah juga melambangkan kebersihan.

Ada banyak alasan kuat kenapa menyisihkan waktu untuk membersihkan hunian itu penting bahkan bisa dibilang merupakan prioritas:
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!