Ruang Makan by .8 / TENHACHI

Rumah Industrial Kayu dan Beton Ala Jepang

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Rumah berdesain interior industrial belakangan tengah digemari di beberapa belahan dunia, seiring dengan tren berubahnya fungsi gudang atau bekas pabrik menjadi hunian. Gaya ini menampilkan paduan teknik dan mekanik, biasanya menampilkan ruangan-ruangan yang seolah setengah jadi. Konsep industrial adalah keterbukaan, jadi wajar jika rumah industrial umumnya memiliki satu ruangan luas yang dengan banyak fungsi. 

Ahli kami .8/Tenhachi dari Kanagawa, Jepang, merancang rumah pribadinya dengan gaya industrial yang unik tiada duanya. Rumah ini memiliki segala ciri wajib rumah industrial. Langit-langit dengan instalasi pipa/ kabel, dinding beton tanpa dicat, lantai kayu natural, ruangan luas multifungsi dan banyak lagi. Mari kita berkunjung ke rumahnya sekarang. 

Dapur, ruang makan, ruang keluarga, ruang kerja

 Ruang Makan by .8 / TENHACHI

Inilah ruangan utama di rumah ini yang bikin saya kagum. Ahli kami benar-benar piawai menata interior ruangan agar bisa berfungsi sebagai dapur, ruang makan, ruang keluarga, sekaligus ruang kerja. Rupanya, kuncinya terletak pada meja kayu panjang yang diletakkan di tepi ruangan. Aktivitas memasak, makan bersama, bercakap-cakap dan bekerja semua bisa dilakukan di sini. Bagian bawah meja dirancang menjadi rak untuk menyimpan buku-buku dan perangkat lainnya

Uniknya, kursi di ruangan ini tidak ada yang bentuknya sama. Semuanya berbeda, tampil dalam warna coklat atau putih yang selaras dengan meja dan lantai kayu. Rak untuk menyimpan microwave tampak sangat industrial, mirip dengan rak barang di toko kelontong. Lemari-lemari besar yang berderet di sepanjang dinding bisa dipakai menyimpan peralatan dapur. 

Jendela-jendela kaca di sekeliling ruangan

 Ruang Makan by .8 / TENHACHI

Kita sama-sama tahu manfaat jendela kaca yang tak terbantahkan. Ada banyak cahaya alami untuk menerangi ruangan sampai malam datang. Baik untuk kesehatan para penghuni rumah maupun tanaman hias di dalamnya. Nyaman untuk melewatkan waktu bersama keluarga atau teman-teman, sambil menikmati makan siang atau menonton televisi. Ayunan di tengah ruangan bisa bikin anak dan siapapun betah. Atap beton di ruangan ini adalah ciri khas industrial.

Meja dapur plus meja kerja

 Dapur by .8 / TENHACHI

Ruang kerja di rumah memang sebaiknya terpisah dari ruangan lainnya. Namun, ahli kami rupanya berpendapat lain. Ia meletakkan perangkat PC-nya di meja yang sama dengan bak cuci piring dan kompor. Unik bukan? 

Instalasi pipa di langit-langit dimanfaatkan sebagai tempat untuk menggantung lampu. Rak kayu panjang di atas meja dijadikan tempat menyimpan barang-barang keperluan harian yang sering digunakan. 

Kamar tidur tanpa pintu

 Ruang Keluarga by .8 / TENHACHI

Ini adalah gambar suasana interior rumah dari sisi berlawanan. Dari sini kita bisa melihat ruangan-ruangan lain di rumah ini dirancang berbentuk kotak yang modern. Di sebelah kanan ada dua 'kotak' yang berfungsi sebagai kamar mandi dan ruang ganti. Sementara di sebelah kiri ada kotak dengan pintu terbuka menghadap ke dapur yang berfungsi sebagai kamar tidur. Kamar tidur ini tidak terlalu luas, tapi ada ruangan di atasnya yang berfungsi sebagai ruang bermain anak. Mari kita lihat dari dekat. 

Kamar tidur dari dekat

 Kamar Tidur by .8 / TENHACHI

Sebuah tempat tidur besar yang ukurannya sama dengan sisi lebar kamar memenuhi ruangan. Perhatikan balok-balok melintang yang berfungsi sebagai penyangga ruang bermain di atasnya. Cukup kokoh namun sedap dipandang. Dinding warna putih serasi benar dengan lantai, dinding dan perabot kayu tanpa pernis di sekeliling. 

Ruang bermain anak

 Kamar Bayi & Anak by .8 / TENHACHI

Ternyata, inilah tujuan merancang kamar tidur kotak yang tidak lazim itu. Yaitu agar bisa ditambahkan ruang bermain anak di atasnya. Ruangan ini cukup rendah, sesuai dengan tinggi badan anak. Rupanya, lantai kayu inilah yang disangga oleh balok-balok kayu di atas kamar tadi. Tangga kayu merupakan akses masuk ke ruangan ini, menggoda untuk dipanjat dan bermain di atasnya. 

Kamar mandi tidak berpintu?

 Kamar Mandi by .8 / TENHACHI

Wah, yang benar saja. Siapa yang mau mandi di situ kalau kamar mandi tidak ada pintunya? Tenang, kamar mandi ini tak 'segawat' penampakannya. Ceruk di dekat wastafel adalah kamar mandi shower yang dilengkapi dengan tirai. Jadi, cukup aman bukan? Sedangkan bathtub rupanya digunakan oleh anak pasangan ini. Dibuat terbuka agar orangtua tetap bisa mengawasi anak saat ia mandi berendam. 

Wastafel dan meja toilet kamar mandi ini cukup unik, karena bentuknya benar-benar meja yang terbuat dari kayu. Cermin diletakkan agak menjorok ke dalam, agar bisa digunakan sebagai rak. Paduan industrial dan minimalis yang sangat menyenangkan. 

Koridor

 Koridor dan lorong by .8 / TENHACHI

Inilah koridor yang ada di luar kamar mandi. Membelah ruang di antara kamar tidur dan kamar mandi seperti koridor di rumah Jepang tradisional. Dinding koridor dibiarkan apa adanya tanpa dipoles. Satu sisi dilapisi panel kayu agar serasi dengan ruangan lainnya. Bahkan koridor pun dijadikan tempat penyimpanan barang, yaitu sepeda, seperti gambar ini. 

Kamar ganti

 Koridor dan lorong by .8 / TENHACHI

Inilah ruangan yang ada di bagian paling belakang di rumah ini. Pintu di sisi kiri adalah pintu lemari pakaian, selain lemari pakaian yang bisa kita lihat dari sisi ini. Berbeda dengan ruangan lainnya, koridor hingga ruang ganti menggunakan lantai beton warna putih bersih. Paduan tiga warna coklat dari panel kayu, dinding beton abu-abu dan lantai putih sangat kental menghangatkan suasana rumah ini. 

Apa yang membuat rumah industrial menarik? Kemukakan pendapat Anda. 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!