Kamar Tidur by MUDA Home Design

Semua Hal Tentang Kelembaban Rumah yang Perlu Anda Ketahui

monica wijayanthy-homify monica wijayanthy-homify
Google+
Loading admin actions …

Tak ada kata kembali, meskipun kita sudah membeli rumah impian, tak semuanya berjalan mulus! Kadangkala impian menjadi mimpi buruk dan rumah yang diinginkan mulai dipenuhi oleh kelembaban. Bisa jadi karena konstruksi yang kurang baik atau karena lokasi rumah di area dengan lahan basah. Seringkali rumah baru bahkan juga mendapati kelembaban yang berlebihan dan menjadi masalah serius.

Ini bisa menjadi masalah bagi kesehatan para penghuninya, karena kelebihan kelembaban bisa membuat jamur dan menjadi sumber penyakit alergi saluran pernafasan. Selain itu struktur rumah menjadi rapuh dan rusak sehingga menjadi masalah bagi isi rumah mulai dari pakaian, furnitur, buku, dan barang lainnya. Akhirnya semua menjadi rusak saat rumah terlalu lembab. Apa yang harus dilakukan setelahnya adalah tetap tenang, karena selalu ada solusi tapi perlu usaha lebih bahkan investasi jangka panjang.

Kelembaban dinding dalam rumah dipengaruhi tiga faktor yakni: kondensasi, kapilaritas, dan infiltrasi. Setiap faktor bekerja dengan cara berbeda, jadi sangat penting untuk mengetahui penyebab kelembaban di rumah Anda sebelum melakukan pemberantasan dan lebih baik lagi jika menyerahkannya pada sang ahli. Namun Homify selalu hadir memecahkan masalah Anda sehari-hari dan hari ini kami memberikan solusi untuk kelembaban rumah Anda. Mari bergabung bersama kami dan cari tahu segalanya tentang kelembaban rumah dan cara menghentikannya!

1. Kelembaban oleh kondensasi

  by Uma Casa Portuguesa
Uma Casa Portuguesa

Uma Casa Portuguesa – Ferraria de São João (Antes)

Uma Casa Portuguesa

Ini adalah penyebab utama kelembaban rumah yang sering terjadi. Muncul ketika uap air yang dihasilkan di dalam rumah bertemu dengan permukaan yang lebih dingin dan mengembun sehingga membentuk tetesan air yang menginfiltrasi. Biasanya muncul di sudut dinding dan langit-langit dan akhirnya berwujud dalam bentuk bintik-bintik hitam atau cokelat. Seperti yang Anda lihat pada liku atap rumah di foto ini. Rumah tua bernama House English ini berhasil diperbaiki dengan solusi yang tepat.

Uap air dihasilkan dari berbagai kegiatan yang dilakukan di rumah, seperti memasak dan mandi, tapi volumenya ditambah dengan pakaian kering di dalam ruangan, tanaman yang salah untuk dalam ruangan. Jika rumah tidak memiliki ventilasi yang cukup, suhu dinding jauh lebih rendah dari lingkungan atau kelembaban luar sangat tinggi, uap ini mengembun dan membentuk bintik-bintik tersebut. Jika masalah rumah Anda karena kondensasi, simak solusinya di bawah ini sekarang!

2. Kontrol kelembaban dengan peralatan yang tepat

Tentu saja kita menyadari bahwa rumah menjadi basah ketika kita melihat dinding dengan air mengalir, tapi jangan sampai ke titik kondensasi yang banyak menimbulkan masalah. Jauh sebelum menyadari kelembaban sudah melebihi batas dan kondensasi akan terbentuk, lakukan penyelamatan dengan cara yang lebih halus dan terus menerus.

Untuk bertindak atas kelebihan kelembaban sebelum waktunya adalah dengan mengontrol suhu ruangan secara teliti. Metode yang paling aman adalah dengan memasang sensor kelembaban di sekitar rumah. Sensor ini dapat diintegrasikan dengan sistem pendingin udara, atau bahkan dengan dehumidifier, yang diaktifkan ketika kelembaban mencapai tingkat kritis. Tetapi jika keuangan Anda tak mencukupi, Anda dapat memilih untuk hygrometers atau hygrometers term. Peralatan ini lebih murah sekaligus dapat menjadi dekorasi rumah Anda tanpa menganggu lingkungan.

3. Jendela terbuka

Buka jendela! Jika Anda sedang membangun rumah, jangan lupa sertakan jendela besar di ruangan! Selain sebagai bentuk ventilasi paling alami, jendela juga membiarkan sinar matahari masuk serta mencegah pembentukan kondensasi dan pertumbuhan jamur. Semua ini masih dapat memberikan banyak gaya untuk rumah Anda!

Jendelanya sudah bagus, tetapi jika kelembaban udara di luar terlalu tinggi tidak akan mencegahnya, oleh karena itu Anda perlu memasang peralatan ekstraksi seperti yang akan dibahas di bawah.

4. Pasang peralatan ekstraksi

Kap adalah bagian klasik untuk mencegah kondensasi di dapur. Jangan lupa menggunakannya untuk mencegah eskalasi nilai kelembaban rumah dan jangan memikirkannya lagi untuk memilikinya!

Kamar mandi adalah tempat produksi kondensasi uap air yang lebih intens. Jika dinding Anda dipenuhi oleh tetesan air, meskipun Anda memiliki jendela,  pertimbangkan untuk membeli ekstraktor atau kipas angin. Saat nilai kelembaban keluar dari kompartemen kisaran optimal, pertimbangkan solusi fallback dehumidifier, ketahui sebelumnya bahwa ini tidak memecahkan masalah secara permanen.

Jika seluruh rumah cenderung memiliki kelembaban tinggi, gunakan solusi yang komprehensif. Sekarang ini ada peralatan yang menggunakan ventilasi positif yang telah diatur oleh nilai-nilai kelembaban ruangan, menangkap udara dingin di luar yang dipanaskan dan disuntikkan ke dalam rumah, menciptakan overpressure dan menyebabkan udara lembab untuk keluar rumah. Ini memang bukan menjadi solusi yang murah, tapi sangat efektif!

5. Gunakan AC paling modern

Sekarang ada banyak tipe AC yang sudah termasuk sistem pemanasan dan dehumidifying. Artinya dapat menggabungkan fungsi kontrol iklim suhu dan kelembaban udara dalam satu perangkat, yang berarti penghematan dalam tagihan listrik.

6. Tempat insulasi

Isolasi penting untuk mencegah kelembaban dari luar rumah Anda. Hal ini juga diperlukan untuk mencegah hilangnya udara panas dan kering dari AC dan pemanas, menjaga suhu interior pada tingkat yang stabil untuk mencegah kondensasi.

Ada banyak bahan isolasi dan sekarang bahkan tidak perlu untuk tetap dalam dinding dan dapat dipasang di luar rumah tanpa harus tinggal di sana. Tetapi Anda tidak dapat melakukan pekerjaan ini sekarang, sementara ini Anda dapat mendempol rumah Anda dengan strip dempulan, selimut wol kaca di lantai loteng, atau bahkan serbuk gergaji di celah pintu. Karpet dan permadani juga membuat isolasi yang efektif dan menyenangkan.

Apapun metode isolasi yang Anda pilih harus selalu memperhitungkan ventilasi atau isolasi dapat kontraproduktif.

7. Penggunaan lapisan yang tepat

Apakah Anda tahu bahwa Anda dapat melindungi dinding dengan tinta sederhana? Ini bukan sekedar tinta tapi sangat efektif. Secara istilah, ini adalah lapisan keramik, lapisan isolasi utama, dan berlaku sebagai cat. Ini akan bertindak sebagai isolasi sehingga akan membantu secara substansial mengurangi kelembaban di dinding dan langit-langit.

8. Kelembaban oleh kapilaritas

Anda tahu cara membuat air melalui sedotan tanpa perlu banyak menghisap? Ini disebut kapilaritas dan merupakan fenomena fisik yang terdiri dari kebangkitan air dengan tabung kecil atau kapiler, dan apa yang terjadi di tanah dan dasar dinding banyak rumah dengan isolasi buruk antara lantai dan tanah. Air melewati tanah dan naik melalui lantai dan dinding, mencapai hingga 1,5 m pada rumah di foto ini sehingga menyebabkan sendawa, noda, dan kerusakan pelapis. Berikut ini adalah solusinya!

9. Proofing adalah satu-satunya solusi

 Kamar Tidur by RenoBuild Algarve
RenoBuild Algarve

Remodelação / Renovação de Interiores

RenoBuild Algarve

Masalah ini, terutama yang mempengaruhi lantai dasar rumah tua dengan isolasi tanah yang buruk, tidak mudah untuk dipecahkan, tetapi bukan tidak mungkin untuk menyingkirkan itu. Apa yang harus dilakukan adalah berkonsultasi dengan profesional untuk melakukan waterproofing lantai rumah Anda!

Ada beberapa pilihan pemeriksaan seperti gabus proyeksi, modul plastik berongga, atau layar, tetapi hanya seorang ahli yang tahu saran dan pilihan terbaik untuk kasus Anda!

10. Kelembaban oleh infiltrasi

  by Dogares

Kelembaban bisa datang menyusup dari luar atau berada tepat di jantung rumah Anda! Dari luar penyebab paling umum adalah teras yang kurang tahan air, retakan di dinding, kerusakan pelapis atau selokan dan downspouts tersumbat atau rusak. Dari dalam pipa adalah penyebab utama.

Jenis kelembaban infiltrasi dengan yang serius dapat merusak struktur bangunan dan menjadi pertanyaan tentang layak huni sebuah rumah. Berikut adalah beberapa solusinya:

11. Perbaiki kerusakan pada dinding dan coating

 Rumah by RenoBuild Algarve
RenoBuild Algarve

Renovação de Fachadas / Reparação de Fendas

RenoBuild Algarve

Ada banyak yang harus dilakukan dan para spesialis akan memberikan saran kepada Anda. Hal pertama yang harus dilakukan adalah mendapatkan semua celah di dinding luar dan dalam, dan jika Anda telah selesai, apa pun itu, jangan lupa untuk memeriksa secara teratur, mengganti, atau memperbaiki semua yang rusak. Dan kemudian ada langkah lain seperti waterproofing dinding dalam ruangan yang telah dipendam, perlindungan beton, dan perlindungan tanah atau dinding, dll

12. Jika itu tidak cukup… .

 Rumah by RenoBuild Algarve
RenoBuild Algarve

Renovação de Fachadas / Reparação de Fendas

RenoBuild Algarve

Jika bahkan kemudian kelembaban terus muncul, hal terbaik yang dapat dilakukan adalah mengganti seluruh lapisan luar atau, jika tidak ada, mencari satu yang cocok dengan kondisi konstruksi rumah dan daerah di mana ia berada. Gunakan cat tahan air, papan lantai dalam berbagai material. Penawaran memang banyak, dan sekali lagi konsultasikan pada para profesional adalah cara terbaik!

13. Rawat bagian atas rumah

 Balconies, verandas & terraces  by Simple Taste Interiors
Simple Taste Interiors

Private Interior Design Project – Apartment Vila Sol Palmyra

Simple Taste Interiors

Secara teratur periksa kondisi atap atau teras, mencari ubin rusak, balok melengkung, ubin robek, atau sinyal infiltrasi. Dan sedikit pun tanda kerusakan harus diperbaiki! Ingat bahwa pelapis yang rusak tidak hanya membiarkan air masuk tapi juga mengeluarkan panas!

Jika terjadi kerusakan berat, pertimbangkan solusi yang lebih tahan lama sebagai total intervensi teras atau penggantian tap. Tapi solusi ini mahal, Anda dapat selalu mencoba untuk waterproofing. Hal ini penting untuk mencegah resiko kerusakan menjadi lebih luas.

14. Hilangkan kebocoran!

Waktu berlalu dan pipa memburuk, sayangnya seperti itu. Dan ketika saluran klik, saluran atau keran yang tersumbat mungkin mengeluarkan air dari dasarnya. Biasanya lalu menyusup dan menyebar melalui dinding, langit-langit atau lantai dan merusak segala sesuatu di jalan, bahkan titik kekuatan ekstrim membahayakan keamanan rumah, dan belum lagi bau kurang sedap dan jamur yang muncul dimana-mana.

Jangan biarkan situasi ini terjadi! Memang benar bahwa seringkali hanya muncul saja, tapi jejak-jejak infiltrasi di rumah harus segera diperbaiki.

Inspirasi dekorasi dinding untuk rumah kesayangan Anda:

12 Desain Pagar dan Dinding untuk Rumah Menawan Anda

12 Cara Dekorasi Dinding Batu Spektakuler

Mana kelembaban yang sering terjadi di rumah Anda? Tulis jawabannya di bawah ini
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!