Ruang Keluarga by Design for Love

Apartemen Bergaya Minimalis Industrial

KSMR KSMR
Loading admin actions …

Saat Anda berencana untuk merombak tampilan hunian Anda, maka ada baiknya Anda perkaya terlebih dahulu referensi seputar gaya dan konsep yang ingin Anda aplikasikan. Semua referensi tersebut tentu harus disesuaikan dengan fungsi dan luas bangunan yang Anda miliki, agar hunian idaman Anda benar-benar terwujud sesuai kebutuhan Anda dan keluarga. Sebagai bahan referensi tambahan Anda seputar perombakan gaya suatu hunian, kali ini kami kembali mengulas sebuah buku ide seputar proyek interior di sebuah apartemen di daerah Berlin. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah penjabarannya.

Proyek

Proyek yang fokus dalam perubahan gaya desain sebuah interior apartemen di Berlin Barat ini dikerjakan oleh seorang desainer muda bernama Santiago Brotons. Sebelum lebih jauh masuk dan membahas ke bagian dalam, kira-kira seperti inilah tampilan luar dari apartemen yang akan kita telusuri. Gaya klasik dan lingkungan yang asri adalah dua hal yang sangat mewakili wujud hunian vertikal ini. Keidentikan gaya eksterior itulah yang memancing Santiago untuk sedikit merubah tampilan salah satu ruang Apartemen di bangunan ini. Ruang tersebut memiliki luas keseluruhan sekitar 320 meter, dimana 120 meter persegi diantaranya digunakan sebagai tempat tinggal. Beberapa area yang mendapatkan perubahan paling signifikan diantaranya adalah 5 kamar tidur, ruang kerja, dapur modern, 2 kamar mandi, teras dan teras cantik lainnya yang berada di lantai atas.

Ruang tamu

Saat pertama kali memasuki apartemen ini rasa nyaman dan damai langsung terasa berkat penggunaan warna putih dan pencahayaan alami yang cukup dari beberapa jendela yang menemani ruangan ini. Meskipun mayoritas berwarna putih, namun keseimbangan dengan warna lain cukup terasa lewat bubuhan warna cokelat yang hadir menghiasi dalam wujud kursi minimalis dan lantai parket. Selain itu, unsur tropis di ruangan ini juga sedikit diangkat lewat pengaplikasian beberapa pot tanaman yang diletakkan dibeberapa sudut ruangan.

Ruang makan

Unsur gaya modern terlihat sangat kental di ruangan bersantap ini. Seperti yang terlihat pada gambar perpaduan putih dan cokelat dibumbui dengan hadirnya furnitur dan ornamen bernuansa hitam pada wujud kursi, meja makan, patung hias, frame lukisan dan sepeda. Selain itu, konsep unik lain juga hadir dalam wujud dinding batu bata sebagai penanda aksen industrial di ruangan yang cukup luas ini.

Dapur

Ruang memasak ini terletak tak jauh dari lokasi ruang tamu. Dengan masih mengusung konsep terbuka, dapur modern ini pun hadir dengan corak yang cukup berbeda dengan ruang lainnya. Meskipun masih menggunakan aksen lantai yang sama, namun dari segi furnitur ruangan ini lebih mengangkat unsur abu-abu sebagai penandanya. Furnitur yang memanjang di kedua sisi area tersebut sengaja dirancang dengan minim aksen guna mengangkat gaya elegan minimalis didalamnya. Dan sebagai pemanis, terlihat pula beberapa ornamen penunjang ruangan seperti hadirnya pot-pot tanaman dan lukisan bercorak hitam-putih yang terletak di salah satu sisi dapur.

Kamar Tidur

Gaya minimalis di kamar ini sangat terasa lewat pemilihan aksen dan furnitur yang tak banyak macam. Jika bisa dihitung, ruangan ini hanya diisi dengan 5 unsur furnitur dalam wujud satu tempat tidur berkaki, satu kursi dan tiga unsur meja berbentuk tabung. Sedangkan untuk ornamen, ruangan ini hanya menggunakan sebuah pot kecil dan lukisan karya Isabella Trimmel sebagai pemanis.

Kamar mandi

Sensasi mandi beratapkan langit sangat terasa di kamar mandi ini. Efek tersebut berhasil diwujudkan lewat penyematan jendela yang cukup lebar di dekat bathtub. Ide tersebut terbilang cerdas karena penghematan daya listrik di siang hari pun dapat dengan mudah dilakukan. Dan satu lagi, jika pengguna ingin sedikit berkeringat, maka ruang bersih-bersih ini pun sudah dilengkapi pula dengan ruang sauna bernuansa kayu yang hanya dibatasi dengan partisi berupa material kaca.

Teras

Dengan memanfaatkan luas sekitar 40 meter persegi pada atap apartemen, akhirnya terciptalah sebuah ruang bersantai outdoor pada bagian atap apartemen. Ruang tersebut sengaja didesain tanpa atap, dengan ditemani beberapa sofa dan pot tanaman sebagai pemanis. Dan sebagai pembatas, ruangan  yang masih menggunakan lantai parket tersebut ditemani pula dengan pagar-pagar bermaterial kaca agar pandangan luas dapat tetap terlihat ke sekeliling area sekalipun penghuni apartemen sedang menikmati pemandangan dari atas sofa.

Bagaimana? Anda tertarik dengan konsep yang satu ini?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!