Taman by ALTS DESIGN OFFICE

Cara Mengakali Rumah Sempit Menjadi Terasa Luas

Prisca Akhaya Prisca Akhaya
Google+

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Jika Anda belum atau tidak “membeli” apartemen yang sudah dibangun dan siap ditinggali, Anda pasti menemui lebih banyak kesulitan. Area tempat Anda akan membangun tempat tinggal dan metode konstruksinya adalah hal yang harus Anda pertimbangkan. Belum lagi, Anda juga perlu memikirkan perwujudan sebuah ruangan yang nyaman untuk Anda tinggali dengan harga yang paling terjangkau dan bisa mencakup area yang dipilih. Mempertimbangkan berbagai hal ini, rumah-rumah dengan ukuran sempit memiliki tingkat kepopuleran yang tinggi namun memberikan tantangan tersendiri dalam hal desainnya.

Untuk itulah, buku ide yang satu ini memperkenalkan tren rumah sempit yang didesain oleh ALT DESIGN OFFICE yang merupakan kantor arsitek di Jepang. Rumah yang satu ini dibangun di atas lahan kecil yang sempit dan di tengah pemukiman penduduk yang padat. Kantor arsitek ini memiliki ide yang sesuai dengan urusan hukum di tanah yang bersangkutan, seperti adanya pembatasan garis di area menanjak, sekaligus mampu mengakali kelemahan dari area yang seperti ini. Temukan solusi desain di area kecil yang berukuran 104.81 meter persegi ini, dan siapa tahu Anda pun bisa mengaplikasikannya untuk rumah Anda.

1. Bagian luar dari rumah ini dibangun menghadap ke jalan

Mari melihat bagian luar dari bangunan ini yang dibangun langsung menghadap ke jalan sebelum masuk melihat bagian dalamnya. Rumah-rumah di masa kini dibangun di area yang padat dengan rumah-rumah lain di sekitarnya, sehingga sulit untuk menikmati alam sekitar, baik berupa taman atau jalur hijau. Berdasarkan kecenderungan ini, tujuan dari desain yang diimplementasikan haruslah untuk membangun rumah yang bisa mencakup area yang terbatas dengan fungsi masing-masing ruangan dalam rumah yang dibutuhkan. Salah satu caranya adalah dengan membagi bangunan menjadi tiga area besar, seperti yang tampak dalam gambar, dan menciptakan jarak serta ruang untuk membiarkan cahaya jatuh dan menampilkan pemandangan sekitar. Tinggal di tempat dengan ruangan terbatas pun tidak akan menjadi hal yang membuat frustrasi lagi.

2. Jalan masuk ke rumah lewat bagian sudut

Penempatan teras depan dalam area kotak kecil yang ada di depan dan merupakan salah satu dari tiga kotak yang membangun rumah ini terasa sesuai. Di bagian ini, jendela kecil dibuat dan dipasangkan dengan pintu kayu agar desain rumah yang mengesankan terlihat makin menonjol. Jika Anda ingin menciptakan sedikit sisi yang berbeda pada anak tangga, Anda dapat menanam tanaman yang berjarak dan memasang pencahayaan untuk menekankan suasana yang menyegarkan dan memesona. Bagian atapnya yang menyatukan ketiga tumpukan ini merupakan penghubung antara setiap ruang sambil tetap menampilkan ruangan yang kaya akan karakter.

3. Ruang di mana jalan masuk dan ruang tamu bertemu

Saat Anda memasuki bagian dalam rumah, Anda akan bertemu dengan teras yang dapat memberikan Anda kesan pertama dari gaya rumah Anda. Di bagian depan teras, kabinet kayu ditempatkan untuk mendekorasi tempat menaruh sepatu dan berbagai peralatan luar ruangan sehingga lebih rapi. Jendela kecilnya pun memberikan ruang untuk memungkinkan adanya dekorasi tambahan. Jalan masuk ke dalam rumah merupakan struktur sederhana sebuah ruangan yang kemudian bertemu dengna ruang tamu, dan lantai kayunya menambah atmosfer alamiah. Pada saat yang bersamaan, langit-langitnya menunjukkan adanya karakteristik dari rumah kayu yang membiarkan struktur bangunan terekspos. Tambahan lagi, cahaya dari luar dapat memasuki rongga-rongga kecil dan mencerahkan ruangannya.

4. Mengadaptasi strategi untuk memanfaatkan ruangan terbatas agar fleksibel dan menyenangkan

Penting bagi Anda pemilik properti berukuran kecil untuk bisa memanfaatkan berbagai jarak dan ruang-ruang sudut dalam rumah Anda. Rencanakan cara untuk membuat rumah Anda tampak lebih hidup dengan desain yang fleksibel dan menyenangkan. Terutama di dalam rumah-rumah yang memiliki gaya seperti ini, Anda dapat meniru adanya pembatas untuk tempat bermain anak. Cara ini membuat ruangan dalam rumah tampak mengalir dan nyaman karena cahaya dan angin yang masuk dari lantai satu.

5. Tempat tinggal di mana dapur, ruang tamu dan ruang makan saling bertemu

Rumah yang kita jadikan contoh ini memiliki dapur, ruang tamu dan ruang makan di lantai satu. Cara ini merupakan strategi mendasar untuk mengatur tempat tinggal menggunakan cara yang disebut struktur LDK. Dapur dan ruang makan dibedakan dan masih bisa ditambahkan ruang untuk ruangan tamu dan ruangan individu. Meski begitu, karena desainnya tidak memiliki blok untuk bagian depan permukaan pantry dapur, tercipta ruangan terbuka yang membuat Anda bisa melihat ruang tamu dan memberikan suasana terbuka pada rumah. Cahaya dari luar memandikan jarak berikutnya menuju ke ruang tamu, dan angin masuk lagi dari rongga yang ada di antara dapur dan ruang tamu. Karakteristik dari bangunan yang dibangun mengikuti bentuk sudut, pagarnya pun tidak dipasang terpisah, dan rongganya dilindungi oleh kaca semi transparan yang tetap menjaga privasi.

6. Ruang bermain anak yang menarik cahaya masuk dari rongga antara atap dan dinding

Saat Anda naik ke lantai kedua untuk mengecek ruangan tempat anak Anda, ide unik ini bisa Anda wujudkan. Strateginya adalah dengan menciptakan rongga antara dinding dengan pinggiran atap agar cahaya masuk menyinari interior rumah. Akibatnya, meskipun rumah ini tergolong kecil, lingkungan di dalamnya pun tetap nyaman dan menyenangkan. Ekspos struktur rumah pun tampak jelas dan lantai kayunya menciptakan kesan natural, dan dinding dicat dengan warna putih untuk merefleksikan cahaya yang masuk ke lantai satu.

7. Desain interior yang menyenangkan untuk anak-anak

Pindahkan pandangan Anda sedikit dan ceklah jaring yang sudah terpasang di dalam ruangan anak Anda. Seringkali, bagian ini terlupakan dalam proses desain interior ruangan untuk anak-anak akibat cara pandang orang dewasa pada sebuah ruangan. Solusi yang baik adalah mendekorasi ruangan dari cara pandang yang berbeda dari cara pandang orang dewasa mengingat ruangan ini adalah tempat anak-anak bermain dan beraktivitas. Jaring yang dipasang pada rongga kecil ini cocok sebagai tempat bermain anak-anak. Tentu saja, jangan sampai melewatkan fungsi utama ruangan, yaitu menjadi jalan masuk cahaya ke lantai satu dan jalan masuk angin agar sirkulasi dalam ruangan lancar.

8. Tempat di mana cahaya dan angin senantiasa masuk

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, rumah sempit yang dijadikan contoh hari ini adalah tempat di mana rongga-rongga yang tersedia justru menjadi lebih menonjol. Penting bagi orang yang tinggal di dalamnya untuk memiliki atmosfer yang nyaman dengan menciptakan interior yang nyaman. Rumah ini menggunakan ruang di dalamnya untuk mendukung masuknya cahaya dan angin yang menyejukkan, memberikan ide dekorasi yang cerah dengan menghilangkan anggapan rumah kecil pasti gelap.  

Jadi bagaimana dengan rumah-rumah yang tampak seperti rumah yang menyenangkan dengan ide desain seperti rumah ini? Cek contoh lainnya di sini.

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!