Rumah by dwarf

Inspirasi Renovasi Rumah Tua: Karya Modern, Rasa Tradisional

Boy Indarto – Homify Boy Indarto – Homify
Loading admin actions …

Seorang bijak pernah berkata, Sesuatu yang baru, selalu menyenangkan. Dan hal itu terbukti benar, dan berlaku pada banyak hal. Termasuk, renovasi rumah. 

Dalam Buku Ide kali ini, kami ingin mengajak Anda melancong ke daratan Jepang, di mana terdapat sebuah rumah tua dengan kondisi memprihatinkan. Tapi di tangan para ahlinya di perusahaan desain interior Dwarf-Hus, rumah itu mengalami transformasi yang tidak hanya mengagetkan, tapi juga menawan hati. 

Tanpa banyak kata-kata, kita lihat perjalanan transformasinya.

Sebelum: Rumah yang Menyedihkan

  by dwarf

  by dwarf

  by dwarf

Sudah benar-benar memperhatikan ketiga foto di atas? Jika ragu, silahkan lihat sekali lagi…  

Ya. Anda akan menemukan sebuah rumah tradisional Jepang yang tua, kuno, dengan hiasan hutan mini di depannya, yang tak terawat. 

Tak hanya itu, bencana lebih besar ada di dalamnya. Misal, dapur yang berantakan – bukan hanya karena penggunaannya yang terkesan semaunya tapi juga penempatan barang-barang yang kacau-balau karena kurangnya tempat penyimpanan yang ada – semakin menegaskan betapa mengenaskannya nasib rumah ini. Hunian yang sebenarnya menyimpan potensi untuk dapat tampil luar biasa, mengingat luasnya lahan baik di dalam maupun luar rumah. Tinggal membutuhkan sebuah pemikiran yang brilian, kreatif, untuk mengubahnya menjadi lingkungan menyenangkan. Dan, hal itulah yang dilakukan oleh tim Dwarf.

Setelah: Bangunan Tradisional yang Nyaman

 Rumah by dwarf

Yup! Anda pasti tidak pernah menyangka bahwa rumah yang menyedihkan itu, dapat tampil secantik ini. Ya, kan? 

Tidak mengubah struktur bangunan, perubahan besar dilakukan dengan memindahkan pintu masuk yang semula kecil dan terletak di sisi kanan rumah, ke ujung lainnya yang tadinya tertutup oleh hutan mini. Kali ini dengan space yang jauh lebih lebar. 

Dan penggunaan warna hijau tua pada badan rumah, biru tua pada atap dan putih di bagian berandanya, membuat hunian ini tampil baru, cantik, teduh dan nyaman, di tengah hamparan rumput hijau di depannya. Luar biasa!

Halaman Luas bagi Semua Orang

 Teras by dwarf

Lahan gersang dan tandus di depan rumah, kini telah berubah menjadi halaman yang menyenangkan bagi seisi rumah. Anak-anak dapat bermain di area yang luas, hijau dan indah ini. Pagar yang dibuat dari balok kayu dengan ketinggian yang berbeda-beda, juga menambah kesan alami yang ingin ditonjolkan di bangunan dan lingkungannya ini.

Beranda Cantik

 Teras by dwarf

Dengan dibabatnya rimbunan pohon dan tanaman di bagian depan rumah, tim arsitek melanjutkan ide cemerlangnya dengan menghadirkan beranda cantik di depan pintu masuk rumah. Bayangkan, betapa menyenangkannya menghabiskan waktu di sini bersama keluarga atau teman-teman. 

Hal menarik lainnya, juga terdapat pada space kosong di atas beranda, yang dapat digunakan sesuai keinginan keluarga.

Ruang Dalam yang Luas dan Terintegrasi

 Ruang Keluarga by dwarf

 Ruang Keluarga by dwarf

 Ruang Makan by dwarf

 Ruang Makan by dwarf

 Kamar Tidur by dwarf

Ingat area yang besar di dalam rumah pada foto awal? Kini ruangan itu telah berubah 180 derajat, menjadi ruangan luas yang terpadu. Menggabungkan ruang keluarga dengan kamar tidur di sebelahnya, dan ruang makan serta dapur yang elegan di bagian belakang rumah. Sekarang, Anda dapat membuang jauh-jauh gambaran dapur yang mengerikan di rumah ini.

Pada dasarnya, tim Dwarf menerapkan tiga hal sebagai pondasi merenovasi rumah ini. Pertama, penggunaan bahan kayu yang memang masuk dan nyaman bagi setiap gaya dan desain rumah, lalu pembatas-pembatas ruangan baik partisi maupun pilar-pilarnya yang simple, dan juga penempatan lampu-lampu secara cermat dan efisien, untuk menghadirkan pencahayaan yang cukup dan menawan. Dan sebagai ganjarannya, terciptalah lingkungan yang nyaman, hangat, dan romantis.

Ruang Penyimpanan yang Besar!

 Koridor dan lorong by dwarf

 Koridor dan lorong by dwarf

 Koridor dan lorong by dwarf

 Garasi by dwarf

Dan masih ingatkah Anda pada pintu masuk rumah sebelum dipindahkan? Kini area itu telah menjelma menjadi tempat penyimpanan barang yang super luas dan kamar mandi. 

Dengan luasnya area ini, kita dapat menyimpan berbagai barang tanpa perlu membuat ruangan lain menjadi sempit dan menyesakkan. Dan kini kita dapat mengucapkan selamat tinggal pada rumah yang menyedihkan, dan menyambut hunian baru di mana nuansa timur bertemu dengan barat, untuk menyajikan sebuah karya modern rasa tradisional. 

Tertarik dengan proyek renovasi rumah lainnya? Langsung klik di sini!

Apakah Anda menyukai perubahan ini?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!