Koridor dan lorong by cristina velani

5 Inspirasi Apartemen Unik Berdimensi Kecil

Henti Kresdiana Henti Kresdiana
Loading admin actions …

Tinggal di kota besar dengan jumlah penduduk yang sangat padat menuntut kita untuk bisa tinggal di apartemen. Harga jual dan sewa apartemen di daerah strategis dan dekat dengan pusat perkantoran juga membuat kita akhirnya memilih apartemen satu ruang dengan dimensi yang kecil.

Di lain sisi, sepulang kantor kita membutuhkan tempat yang nyaman untuk istirahat, menikmati makan malam, nonton TV, membaca buku, melanjutkan pekerjaan kantor bahkan mengundang teman dekat ke apartemen.

Bagaimana membuat apartemen yang sempit  terkesan luas, memenuhi kebutuhan dan tidak membuat kita yang menghuni merasa bosan? Kali ini kami sajikan tujuh ide interior apartemen unik yang akan menginspirasi Anda.

1. Apartemen Playground

Apartemen tanpa sekat membuat ruang terlihat lebih lega. Untuk Anda yang sudah berkeluarga dan mempunyai balita, desain berikut bisa menjadi inspirasi. Balita dikenal sangat aktif dan membutuhkan tempat luas dan sedikit sekat.  Hal ini penting karena balita sangat suka berlarian dan ke sana kemari. 

Penggunaan mebel dengan desain simpel dan cat warna putih menambah kesan semakin luas. Jika sedang melakukan playdate Anda tinggal menarik sofa ke samping dan menggelar karpet.

2. Terang

Memasuki ruang apartemen ini kita akan melihat jendela dan seolah masuk ruang publik berupa ruang duduk dengan bantal berwarna senada. Suasana akan berubah ketika kita duduk di meja kerja dan memutar kursi ke belakang. Di situ mulai terasa bahwa ternyata dibalik sekat dengan sepeda menggantung adalah ruang tidur. 

Desain apartemen ini mampu menghemat karena fungsi dipan digantikan oleh papan yang di bawahnya terdapat banyak laci sebagai penyimpanan. Layar proyektor diletakkan menggantung di atas dan akan berfungsi jika layar diturunkan.

Penggunaan banyak lighting membuat kesan yang berbeda sehingga membuat penghuni merasa nyaman dan tidak bosan. Lampu di atas matras akan merubah fungsi ruangan menjadi ruang baca dan bisa juga dimatikan ketika tidur atau sedang menikmati film kesayangan.

3. Apartemen Rumah Pohon

Menempatkan ruang tidur di atas bisa menjadi pilihan kalau kita membutuhkan ruang lain terasa lebih lega. Apartemen rumah pohon berikut contohnya. Sebelum menggunakan tangga seperti ini pastikan tidak ada penghuni anak kecil dalam rumah. Kayu asimetris yang dipasang merupakan sekat yang seolah memisah antara ruang tamu dan ruang makan serta dapur.

4. Segar dan Cantik

 Dapur by Tout Simplement Déco
Tout Simplement Déco

Mise en valeur de l'ouverture de l'espace sur le retour cuisine.

Tout Simplement Déco

Warna dasar putih tetap menjadi warna yang netral jika dipadukan dengan warna apa pun. Jendela besar dengan bunga gantung memberikan kesegaran dan ke unikan di apartemen ini. Pilihan warna ungu, bunga-bunga dan lampu gantung bunga cocok di aplikasikan pada penghuni feminin yang merindukan taman di rumah.

5. Pilar Sekat

Seringkali pilar menjadi kendala saat mendesain sebuah ruangan. Keberadaan pilar di tengah ruangan ini justru memberikan efek yang berbeda karena  pilar berfungsi sebagai sekat yang menjadi separator ruangan satu dengan yang lain. Untuk memisahkan antara ruang tidur dan ruang dapur terdapat rak melayang dari tali yang berfungsi sebagai tempat memajang koleksi. Sedangkan sofa dan pilar menjadi pintu masuk menuju ruang tidur.

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!