Rumah pedesaan by homify

10 Ide Rumah Mungil Cantik dan Terjangkau

Dyah Swastantika Dyah Swastantika

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Belakangan ini ada peningkatan tren menjadikan apartemen sebagai tempat tinggal. Alternatif ini dipilih karena harga lahan dan rumah yang semakin mahal di kota besar. Padahal tidak semua orang suka tinggal di apartemen. Mengapa tidak membangun rumah mungil saja untuk menghemat biaya? Inilah beberapa desain rumah mungil yang bisa menjadi bahan referensi Anda. 

1. Rumah hemat energi

 Garasi by Blankstone
Blankstone

Garden annex

Blankstone

Ini adalah sebuah rumah modern berfasad minimalis. Panel kayu yang menutupi eksterior rumah berfungsi sebagai isolasi panas untuk menghemat energi. 

Interior: ruang tamu terbuka

 Garasi by Blankstone
Blankstone

Garden annex

Blankstone

Di dalam rumah, terbukalah sebuah dunia baru. Dapur ada di sisi lain ruang tamu ini. Ada sebuah loteng kecil yang berfungsi sebagai kamar tidur yang diakses dengan tangga kayu di ruang tamu. Ruangan ini punya jendela kecil dan sofa yang diletakkan di depannya. Kursi kuning melengkapi kehangatan ruangan yang didominasi kayu.  

2. Gaya Asia

Contoh pertama adalah sebuah rumah mungil yang dibangun berdasarkan arsitektur oriental. Atap rumah ini lebar dan tinggi, sementara konstruksinya memadukan unsur kayu dan warna hitam dan putih yang kontras. 

Ada banyak jendela dan pintu kaca yang berfungsi sebagai jalan masuk bagi sinar matahari, juga agar pemandangan di luar bisa dinikmati dari dalam rumah. 

Interior: kamar mandi minimalis

Seperti tampilan luar rumah ini, kamar mandi menampilkan aksen sederhana dan lapang. Dinding kamar mandi yang menghadap ke luar seluruhnya terbuat dari kaca, sebuah pilihan menarik. Cermin memiliki bentuk linear yang melengkapi dinding kaca. Pemandangan di luar kamar mandi sudah cukup mengesankan, jadi tidak perlu ada tambahan hiasan di dalam. 

3. Rumah kayu di atas roda

Rumah ini sangat kecil, biaya pembangunannya pun terjangkau. Jika Anda tak suka pemandangan di luar rumah, rumah di atas roda ini bisa Anda pindahkan ke mana Anda suka. Meski imut, rumah ini memiliki segalanya yang dibutuhkan sebuah keluarga. 

Interior: dapur komplit

Dapur rumah mungil ini didesain sederhana, namun fungsional. Selain memiliki perangkat dapur komplit, kebutuhan akan tempat penyimpanan lapang juga terpenuhi. Ada rak di atas dan area tertutup di bawah bak cuci piring. Sebuah dapur mini yang menggemaskan! 

4. Arsitektur kontemporer

 Taman by MapOut

Rumah berdesain kontemporer di atas luasnya hanya 50 meter persegi. Terdiri dari dua lantai dan didominasi warna burgundy wine pada eksteriornya. Dengan atap miring dan dinding berjendela kaca, arsitektur rumah mungil ini sangat menarik. 

Interior: Serba kayu

 Ruang Keluarga by MapOut

Interior rumah ini simpel dan seluruhnya terbuat dari kayu berwarna alami. Kesederhanaan ruangan ini ada pada penggunaan sedikit furnitur yang menonjolkan sofa dan kursi berlengan warna hitam. 

5. Kontras

 Rumah prefabrikasi by FingerHaus GmbH
FingerHaus GmbH

VIO 302 – Eingangsbereich

FingerHaus GmbH

Rumah ini menggunakan atap pelana yang kontras dengan dinding berwarna putih. Taman mungil di depan rumah turut memberikan sentuhan berbeda. 

Interior: elegan

 Ruang Keluarga by FingerHaus GmbH
FingerHaus GmbH

VIO 302 – Wohnzimmer

FingerHaus GmbH

Penggunaan warna netral membuat ruangan ini tampak luas. Nuansa warna lembut dan bunga-bunga dalam lukisan menambah keanggunan suasana sekitarnya. 

6. Biru bagaikan langit

Kita jarang melihat rumah dengan eksterior penuh warna, terutama rumah kayu. Rumah ini tampak lebih luas daripada contoh lainnya, tampak sederhana dan memiliki struktur fungsional. 

7. Rumah kayu di tengah hutan

Ini adalah sebuah rumah kayu yang benar-benar berdiri di tengah hutan di Bursa, Turki. Rumah dua lantai ini memiliki panorama yang menarik dan sangat indah. 

Interior: ruangan gaya klasik

Ruang tamu di rumah ini ditata dengan gaya klasik yang seluruhnya terbuat dari kayu, seperti eksteriornya. Terdapat sebuah perapian dari kayu alami di ruangan ini. 

8. Apartemen mempesona

Apartemen ini memang kecil. Namun berkat penataan yang disesuaikan dengan kondisi sekitar, apartemen berhasil tampil menarik dan mempesona. Bunga-bunga dan tanaman hias turut memberikan sentuhan khusus pada apartemen ini. 

Interior: ruang keluarga modern

Ruang keluarga sempit tampak nyaman dan menyenangkan dengan sedikit furnitur dan penambahan asesoris, seperti tanaman hias dan lukisan. Dinding batu bata merah merupakan sentuhan rustic pada ruang keluarga modern ini. 

9. Keindahan masa lalu

 Rumah pedesaan by homify

Sekilas rumah ini mirip rumah dalam lukisan, dengan satu pintu dan dua jendela di kedua sisinya. Fasad rumah menggunakan paduan dua nada warna coklat, membuat rumah ini tampak imut seperti rumah boneka. 

Interior: klasik modern

 Ruang Makan by homify

Meski imut, ternyata interior rumah ini mengagumkan. Ruang makan dan dapur dibuat tanpa sekat, agar rumah tampak lebih luas. Furnitur meja makan merupakan sentuhan klasik di rumah mungil nan modern ini. 

10. Cantik dengan hitam putih

 Teras by The Wee House Company
The Wee House Company

Two Bedroom Bespoke Wee House

The Wee House Company

Seperti rumah bernuansa warna-warni, rumah bercat hitam juga cukup jarang kita temui. Kesan klasik tampak menonjol karena ada sentuhan warna putih di atap, kusen jendela dan pintu warna putih. Teras berlantai kayu membuat rumah ini tampak alami. 

Interior: Lebih luas dengan tanpa sekat

 Ruang Keluarga by The Wee House Company
The Wee House Company

Two Bedroom Bespoke Wee House

The Wee House Company

Interior rumah hitam putih ini didominasi warna putih di semua lini. Tujuannya tentu agar rumah terlihat lebih luas dari keadaan sebenarnya. Sofa warna biru dan bantal kuning menjadi pusat perhatian di ruangan ini, tampak menggoda untuk diduduki. 

Dapatkan inspirasi rumah mungil lainnya disini:

20 Dapur Kecil Terbaik Bagi yang Gemar Masak

12 Furnitur dan Pernak-Pernik IKEA yang Harus Anda Miliki!

Manakah desain rumah mungil yang paling Anda sukai? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!