Jendela by Pascali Semerdjian Arquitetos

12 Ide Desain Pintu yang Dapat Anda Contek

KSMR KSMR
Loading admin actions …

Anda sedang berencana untuk merenovasi tampilan pintu utama rumah Anda? Jika Anda bingung mencari referensi modelnya, maka Anda berada dalam satu judul buku ide yang tepat. Karena dikesempatan kali ini kami telah merangkum 12 ide pintu ideal yang dapat Anda duplikasikan ke hunian Anda. Untuk lebih jelasnya, perhatikan penjabaran list berikut ini.

1. Kayu dan kaca

Kayu adalah material favorit yang kerap dipilih sebagai bahan dasar pintu sebuah hunian. Selain mewakili kesan hangat dan nyaman, material kayu juga mampu menambah unsur kecantikan alami melalui warna alami yang dipancarkannya. Sebagai tambahan, material kayu pada pintu tersebut ternyata dapat juga dikombinasikan dengan material lain seperti material kaca berornamen patri seperti yang terlihat pada gambar. Perpaduan kedua material tersebut tentu akan menambah kesan terang dan nuansa elegan pada akses masuk hunian Anda.

2. Emas

Berbicara soal pintu, elemen ini seolah memiliki aturan tersendiri dari sisi tampilan eksternal. Sosoknya seolah harus tampil senada dengan keseluruhan bangunan disekitarnya. Dan satu hal yang bisa Anda lakukan untuk menyiasatinya adalah dengan menambahkan warna dan tekstur khusus pada bagiannya. Sebagai contoh, Anda dapat mengaplikasikan pintu berwarna emas pada bangunan Anda, jika memang Anda ingin memunculkan nuansa elegan dan cerah pada hunian Anda.

3. Silver

Selain nuansa emas, pintu dengan warna silver ternyata juga mampu mengangkat nuansa elegan pada hunian Anda. Seperti yang terlihat pada gambar, pintu bermaterial metal tersebut seolah mampu memberikan kesan modern dan futuristik pada bangunan yang disematkan oleh fungsinya.

4. Kayu hitam dan taman

Tak hanya cantik, material kayu juga mampu mengangkat nuansa alami disekitar rumah Anda. Seperti halnya contoh pintu yang satu ini, material kayu hitam di pintu tersebut seolah mampu mempertegas tampilan taman di sisi luarnya lewat perspektif jendela lebar yang berada disampingnya.

5. Kayu berteksur

Seperti yang terlihat pada gambar, kecantikan alami pintu bermaterial kayu dapat pula terlihat lewat balutan tekstur khusus dan tambahan cermin lebar pada bagian depannya.

6. Dimensi lebar

Jika Anda memiliki hunian berdimensi lebar, maka tak ada salahnya jika Anda mengaplikasikan pintu masuk yang lebar pula. Seperti yang terlihat pada gambar, pintu lebar bernuansa kayu tersebut dapat berfungsi menyeimbangkan tampilan bangunan secara keseluruhan.

7. Menjulang tinggi

Selain dimensi yang lebar, pintu dengan tinggi yang tak biasa dapat juga Anda gunakan pada bangunan lebar yang Anda miliki. Wujud pintu seperti ini mampu menghadirkan sisi elegan di akses masuk hunian Anda. Sebagai pelengkap, ada baiknya Anda tambahkan pula aksen ukiran khusus seperti yang terlihat pada pintu tinggi Anda, agar wujudnya  terlihat semanik menarik dari kejauhan.

8. Pintu dengan batuan alam

Jika wujud pintu idaman Anda sudah Anda temukan, maka selanjutnya Anda tinggal mencari material lain sebagai ornamen pendukung dari akses masuk tersebut. Seperti yang terlihat pada gambar, pintu kayu tersebut terlihat semakin serasi tampilannya berkat penyematan material batuan alam pada salah satu sisinya.

9. Elegan

Sisi elegan daris ebuah pintu masuk sebenarnya dapat Anda wujudkan dengan mudah dengan bekal material kayu berlapis warna putih dan bekal material kaca patri yang disematkan dalam wujudnya. Seperti yang terlihat pada gambar, sosok pintu seperti ini seolah memancarkan nuansa mewah pada bangunan yang disematkan oleh fungsinya.

10. Hitam

Cara lain untuk mengangkat unsur elegan dalam wujud pitu adalah dengan menggunakan warna hitam pada keseluruhan elemennya. Pintu dengan warna gelap ini umumnya digunakan pada rumah bertema minimalis, dengan dominasi nuansa putih disekitarnya.

11. Bertema senada dengan interior

Jika Anda ingin sedikit bermain diluar konsep pemilihan pintu pada umumnya. Maka Anda dapat gunakan model pintu yang satu ini. Selain memadukan beberapa material dalam satu elemen, ternyata pintu ini juga sengaja didesain dalam konsep yang sama dengan dengan tema interior yang berada disekelilingnya. Ide ini bisa Anda jadikan referensi alternatif Anda, jika Anda merasa bosan dengan konsep pintu yang sudah pernah ada sebelumnya.

12. Bermain dengan warna dan garis

Garis-garis tegas, desain lengkung dan pemilihan kombinasi warna yang unik adalah ide lain untuk menciptakan nuansa klasik elegan dalam pintu hunian Anda. Keseimbangan dari seluruh aksen tersebut seolah mampu menegaskan kedinamisan desain antara wujud pintu dan bangunan yang menemaninya.

Jadi, desain pintu yang mana yang Anda pilih?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!