by Woodlands Rainforest Retreat

10 Desain Rumah Tinggal di Pedesaan yang Mempesona

Henti Kresdiana Henti Kresdiana
Loading admin actions …

Rumah singgah, bahkan rumah tinggal di daerah perkebunan atau pedesaan terkesan sangat sederhana, segar, ramah dan nyaman.  Lebih nyaman lagi jika kita tinggal di sana bersama keluarga tercinta. Rumah dengan gaya pedesaan bisa direpresentasikan dengan elemen kayu, batu, bunga dan tanaman. Perpaduan elemen-elemen tersebut jika diramu dengan harmonis akan menghasilkan rumah yang singgah yang spektakuler seperti berikut. 

Anda yang tinggal di perkotaan dengan lahan agak luas juga bisa mencontek ide kreatif dari konsep rumah di pedesaan berikut. Rumah tinggal seperti apa yang menjadi idaman keluarga Anda? Yuk, disimak.

1. Sederhana tetapi Tidak Sesederhana Itu

Kayu dengan dengan  potongan yang sederhana menggambarkan karakter dari rumah dan kepribadian orang-orang yang tinggal pedesaan. Kayu identik dengan kuat dan kokoh. Begitu juga dengan desain atap asimetris menjadi ciri khas rumah pedesaan. Dengan sentuhan desainer dan teknik arsitek modern dapat memberikan efek harmonisasi yang lebih pada bangunan ini. PIlihan batu alam yang disusun sebagai dinding juga menonjolkan kekuatan dan daya tarik tersendiri pada harmonisasi warna saat proses penyusunan batu. Sederhana, tetapi tidak sesederhana itu.

2. Penuh Warna dan Menggemaskan

Kesan sederhana tetap menonjol pada bangunan rumah pedesaan ini. Kayu dengan finishing mengeluarkan warna serat asli kayu, dengan kombinasi warna biru membuat efek unik di jendela. Pot masuk, segmen bata, desain pintu kayu, pagar bambu dan bentuk atap membentuk perpaduan yang indah seperti di negeri dongeng. Wow..

3. Vintage dan Retro

Memilih peralatan dapur dan elemen retro dan vintage akan membawa banyak style tersendiri pada dapur ini. Menggantung peralatan dapur menjadi ciri khas daerah pedesaan termasuk juga di Asia. Cara seperti ini seolah menjadi arena pameran karya seni pertunjukan peralatan dapur dari segi warna, bahan dan bentuknya.  

Rasa kekerabatan juga sangat kental di pedesaan, ditunjukkan dengan dapur yang luas dan ukuran peralatan masak yang besar sehingga hampir dapat dipastikan bahwa sering adanya jamuan makan bersama baik formal maupun informal.

4. Relaks dan Natural

Pedesaan selalu identik dengan pemandangan yang bagus dan udara yang segar. Sehingga menyediakan balkon dan teras merupakan hal yang wajib. Desain ini memadukan teras sebagai tempat menikmati udara segar sekaligus tempat menikmati teh hangat sambil duduk-duduk santai atau bermain bersama teman-teman serta keluarga. Senangnya…

5. Hangat dan Nyaman

Tidak semua kabin harus, tentu, terbuat dari kayu atau batu untuk pedesaan dan tradisional dan misalnya, tombol. Bata akan menjadi sekutu besar lain karena ia dapat menciptakan kesan sangat tradisional dan damai. Penyebab menghabiskan liburan tenang di sini untuk bersantai dan memperbaharui tenaga, tidakkah terpikirkan?

6. Menyenangkan dan Tak Terlupakan

Hampir setiap orang pernah mengidamkan memiliki rumah di atas pohon untuk menikmati hijau nya pepohonan atau sekedar menikmati sensasi berada di ketinggian. Rumah berbahan dasar kayu ini tampaknya mendekati idaman masa kecil itu.

7. Kehangatan Ruang Keluarga

Di daerah dengan 4 musim keberadaan perapian adalah wajib. Perapian sebagai mesin penghangat tradisional bisa menjadi aksesoris khas daerah pedesaan. Dengan dinding susunan batu yang kokoh serta mendaur ulang meja yang bekas dan pilihan sofa dengan warna natural akan memberikan gaya pedesaan. Ruang seperti ini yang akan membawa kita benar-benar bisa melupakan keramaian kota-kota besar yang padat dan ramai.

8. Tradisional Sekaligus Modern

Rumah dengan struktur kabin dan atap berikut memiliki gaya pedesaan Macado. Proporsi cahaya dan kontras antara warna hitam putih serta kaca besar membangkitkan tren estetika yang lebih modern dan kontemporer. Mengapa tidak memasukkan style tersebut dalam rumah Anda? Cantik bukan?

9. Romantis dan Mewah

Ruang tidur bernuansa putih ini mengingatkan pada kamar tidur nenek, namun dengan sentuhan desain terkini. Tidak diragukan lagi, putih mungkin warna yang tepat untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Kombinasi warna terang, balok kayu, furnitur vintage dan elemen bunga mampu menemukan nuansa yang sangat romantis dan memukau.

10. Sederhana dan Kreatif

Unsur alam sangat kental dalam lorong tangga ini. Pilihan batu alam, balok kayu gantung serta langit-langit dari kayu menunjukkan suasana tradisional. Desain tangga mengambang berupa potongan kayu gelondongan yang ditanam ke dinding memberikan perasaan bahwa rumah ini ditata dengan ide yang orisinal dan kreatif. 

Sudahkah Anda menemukan inspirasi desain untuk rumah pedesaan Anda? Atau Anda mempunyai ide kreatif lain?

Desain rumah pedesaan mana yang Anda suka?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!