Ruang Keluarga by Studio 25

7 Cara Menyiasati Ruangan Sempit dan Gelap

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Saat ingin menata interior sebuah ruangan, kadang kita menghadapi kendala berupa ruangan yang kecil dan gelap. Untuk itu, kita harus melakukan sesuatu agar ruangan tampak lebih cerah dan nyaman. Pada saat yang sama kita juga harus mengisinya dengan perabotan. Dengan kondisi minim cahaya, pembagian ruangan sebaiknya disesuaikan dengan furnitur dan hiasan. 

Kami punya 7 cara untuk mengubah ruangan gelap menjadi terang dan ruang sempit menjadi nyaman dan lapang. Mari kita simak. 

1. Dinding warna cerah

Dinding sebaiknya berwarna terang agar ruangan tampak cerah. Ini karena tujuan kita adalah membuat ruangan gelap dan sempit menjadi terang dengan cara apapun. Bukan hanya dinding cerah, penggunaan furitur juga bisa membantu kita mencapai tujuan ini. 

Warna kuning dan krem sempurna untuk ruang sempit. Efek yang timbul adalah ruang yang lebih luas dan atmosfer ceria. Contoh ini memiliki dua elemen itu. Warna menyolok membuat ruangan tidak tampak membosankan. 

2. Hindari terlalu banyak hiasan

Pada ruangan yang luasnya terbatas, penataan adalah hal utama. Hiasan yang tidak tertata rapi akan membuat ruangan tidak nyaman. Pilih meja kopi dengan kaki lebar. Ini akan membuat ruangan terasa lebih lebar dari keadaan sebenarnya. 

Hindari menghias ruangan dengan terlalu banyak benda, meski bentuknya kecil. Furnitur seperti gambar ini akan menyimpan semuanya, menciptakan kelegaan dan harmoni. 

3. Peran penting langit-langit

Saat menata sebuah ruangan, sebaiknya kita tidak melupakan peran penting langit-langit rumah. Elemen rumah ini juga dpat mengubah penampilan setiap ruangan. Ruangan ini mungkin tidak terlalu gelap karena ada dua jendela di sini. Pilihan warna yang tepat membuat ruangan ini terasa lebih cerah. 

Kita lihat di sini warna putih diaplikasikan pada langit-langit, furnitur, kusen pintu dan jendela. Warna ini berfungsi untuk memperkuat cahaya matahari dari jendela. Tampak kontras dengan warna biru tua, namun serasi. 

Tips lain untuk menampilkan efek luas adalah meletakkan karpet di lantai, terutama karpet bermotif geometris seperti gambar ini. Corak geometris dipercaya dapat menimbulkan ilusi kedalaman. 

4. Furnitur dan rak linear

Untuk menghadirkan nuansa modern pada ruangan, gunakanlah furnitur linear. Furnitur berbentuk lurus lebih sedikit makan tempat, sehingga cocok untuk ruang gelap dan sempit. Elemen lain yang dapat Anda gunakan adalah rak. Furnitur ini juga cocok untuk menghemat tempat dan meletakkan lampu kecil. Gunakan rak yang sewarna dengan dinding. 

5. Gunakan cermin

Elemen lain yang dapat mendatangkan lebih banyak cahaya dan keluasan adalah cermin. Ini karena cermin merefleksikan, atau memantulkan, semua cahaya di sekitar. 

Pada contoh ini, cermin di atas perapian memperkuat cahaya yang tersembunyi di antara balok kayu. Bingkai keemasan turut memantulkan kilasan cahaya. Api di perapian dan cermin, kedua elemen ini membawa cahaya dan kehangatan dalam ruangan.  

6. Desain tata cahaya

Desain tata cahaya atau tata lampu penting untuk memperindah ruangan kecil dan gelap. Anda bisa menggunakan lampu dengan berbagai bentuk dan ukuran. Caranya adalah dengan meletakkan satu sumber cahaya utama yang bisa menerangi beberapa titik. Lampu kecil di bawah tangga, misalnya. 

Ada lampu di belakang meja dan dipasang sedikit di atas permukaan lantai. Sebuah sentuhan cahaya temaram yang menghasilkan efek romantis. 

7. Jangan ragu gunakan aksen dinding berwarna

Mencat salah satu dinding dengan warna gelap dapat membantu menguatkan kedalaman ruangan. Hal ini tidak akan mengurangi kecerahan cahaya dalam ruangan. Pastikan Anda meletakkan furnitur berwarna terang di dekatnya. 

Anda juga bisa menggunakan elemen hias bernuansa emas atau perak untuk merefleksikan cahaya di sekitar, sekaligus mempercantik ruangan. 

Menurut Anda, apa warna lampu yang ideal untuk ruangan sempit? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!