Ruang Keluarga by Karl Kaffenberger Architektur | Einrichtung

Perwujudan Gaya Modern Pada Sebuah Loteng

KSMR KSMR
Loading admin actions …

Setelah direnovasi, hunian sebuah keluarga di daerah Odenwald ini akhirnya memiliki sebuah ruangan baru pada bagian loteng. Perombakan ruangan tersebut adalah tantangan terbesar yang dihadapi para profesional Karl Kaffenberger, sebuah perusahaan yang bergerak di dunia arsitekur di Erbach, karena ruangan tersebut memiliki langit-langit yang sempit dan berkontur miring. Terlebih lagi, ruang yang sebelumnya tak pernah digunakan sama sekali tersebut ingin dikembangkan pula sebagai sebuah ruang kerja dan tempat tinggal.

Namun berkat ketelatenan dan ide segar para profesional, akhirnya loteng bergaya modern yang dilengkapi dengan ruang meeting, ruang bersantai, kamar mandi, ruang walk in closet dan kamar tidur ini berhasil diwujudkan dengan sempurna.

Selain dilengkapi furnitur bergaya modern, ruang di loteng ini juga dilengkapi pula dengan tembok peredam panas, agar temperatur ruangan yang berada pada posisi paling atas sebuah rumah ini tidak terlalu pengap dan panas. Ide ini terbilang cerdas dan bisa Anda contek, terutama jika Anda memiliki loteng yang cukup luas untuk dimanfaatkan sebagai ruangan ekstra. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak hasil proyek tersebut dalam list berikut ini.

Pemandangan yang indah

Beginilah kira-kira tampilan ruang loteng tersebut saat dipotret oleh seorang fotografer bernama Bernhard Müller dari sisi utara bangunan. Terlihat jelas bahwa salah satu sisi loteng tersebut memiliki jendela lebar dan ruang yang cukup nyaman untuk melihat pemandangan ke sisi luar rumah.

Ruang bersantai

Dari angle ini terlihatlah ruang bersantai yang tadi terpotret dari kejauhan. Ruangan tersebut memang menyuguhkan sebuah pemandangan yang indah ke suatu bukit. Untuk mendukung kenyamanan, ruang ini sudah dilengkapi dengan berbagai furnitur khas ruang bersantai seperti sofa, beberapa kursi, meja dan ornamen cantik berupa sebuah vas bunga yang terletak didekatnya. Selain itu, kesan luas juga terasa diruangan ini karena fungsinya dibiarkan menyatu tanpa partisi dengan ruang meeting disebelahnya.

Pencahayaan yang cukup

Karena posisinya yang pas di bagian loteng, maka trik pemanfaatan cahaya alami pun dikreasikan di ruangan ini. Seperti yang terlihat pada gambar, terdapat jejeran jendela-jendela panjang di salah satu sisi atap untuk mewujudkan fungsi tersebut. Selain itu, jendela-jendela tersebut juga dapat difungsikan pula sebagai unsur penunjang panorama lainnya, karena angle jendela tersebut juga mampu menyuguhkan pemandangan indah lainnya ke lingkungan sekitarnya. Pada sudut ini ruang meeting dan rak pajangan adalah dua sudut yang akan langsung merasakan efek dari jendela-jendela tersebut. Karena saat siang hari, kedua sisi tersebut akan terlihat cukup terang dibandingkan dengan ruang lainnya.

Ruang yang lega

Dan jika dilihat secara menyeluruh, maka tampilan ruangan bergaya modern minimalis ini akan terlihat seperti ini. Suasana terang, rapih dan bersih akan sangat terasa disederetan ruangan ini. Dari angle ini terlihat bahwa komposisi ruang meeting berfungsi sebagai penyeimbang, karena pada ruangan tersebut hadir nuansa meja kayu sebagai unsur pembeda ruang.

Ruang walk in closet

Beranjak ke sisi loteng lainnya, kita akan menemukan ruang privasi berupa ruang walk in closet. Terlihat bahwa ruang ini masih memiliki atap yang miring, dan masih pula bernuansa putih. Ruang berlantai parket ini terbilang lengkap dan rapih, karena semua dimensi rak sangat disesuaikan dengan luas ruangan. Pada sisi kiri berjejer rak sepatu dan pada sisi kanan disematkankan pula media penyimpanan lain dengan konsep tertutup.

Ruang bathtub

Di sisi loteng yang lain terdapat pula ruangan privasi lain dalam wujud ruang bathtub. Nuansa ruang ini sedikit berbeda dengan ruang lainnya, karena khusus diruangan ini para profesional menggunakan corak abu-abu pada bagian dinding. Sedangkan nuansa putih dan cokelat masih jelas terlihat pada bagian bathtub, tumpukan kerikil putih, kursi kecil dan frame TV flat.

Kamar tidur

Ruang istirahat ini memiliki corak yang serupa dengan apa yang sudah kita bahas di ruang bathtub sebelumnya. Perpaduan abu-abu, cokelat dan putih masih terlihat jelas di ruangan ini. Selain dilengkapi tempat tidur, karpet dan dua kursi, ruangan ini juga dibekali pula dengan sebuah ornamen lampu berwujud payung putih sebagai pemanis dan penghangat ruangan.

Anda siap mengubah tampilan loteng Anda sekarang?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!