Rumah by canatelli arquitetura e design

Tur ke Dalam Loft Bernuansa Rustic Nan Cantik

Prisca Akhaya Prisca Akhaya
Google+
Loading admin actions …

Istilah loft kemungkinan besar masih asing jika dibandingkan dengan apartemen atau rumah tinggal biasa di tengah-tengah masyarakat Indonesia. Meski begitu, bentuknya yang menyerupai rumah tinggal pada umumnya dengan ukuran layaknya apartemen ini membuat loft yang memiliki interior yang menarik dapat diaplikasikan bagi tempat tinggal Anda sendiri. 

Hari ini, inspirasi datang dari loft bernuansa rumah standar di Spanyol, dengan warna yang mencolok dan menonjol, serta sentuhan pedesaan dan rustic yang kental dengan adanya tanaman rambat yang cantik. Jika Anda ingin mencoba sesuatu yang berbeda, gaya dekorasi dan alur arsitektur loft ini bisa jadi inspirasi Anda.

1. Gaya paviliun

Untuk istilah paviliun, pasti telinga orang Indonesia tidak asing mendengarnya. Paviliun merupakan area tambahan di dalam kompleks rumah yang terpisah dari rumah utama. Dalam proyek loft ini, Anda dapat melihat adanya gaya serupa yang diterapkan, dengan adanya lorong terbuka dan area outdoor di tengah rumah. Pemilihan warna merah bata yang cantik mendominasi tembok luarnya, ditambah dengan tanaman rambat yang dibiarkan menjuntai, menambah kesan rustic yang tetap nyaman dan asri.

2. Area pintu masuk yang asri

Istilah asri untuk rumah ini terkesan kurang sesuai karena adanya sentuhan yang terlampau unik pada pintu masuknya. Penggunaan pintu lipat kayu menyambut jalan masuk ke dalam loft yang langsung menghubungkan area outdoor dengan area dapur. Dari luar, tampak adanya kaca besar yang menggantikan dinding biasa di salah satu sisi tembok dapur, memaksimalkan masuknya cahaya dalam dapur.

3. Dapur yang modern

Di tengah tampilan bangunan dan interior luar yang rustic dan sedikit bergaya country, ternyata pemilihan interior dan furnitur dapurnya sebisa mungkin dijaga tetap modern dengan warna-warna monokrom. Paduan warna putih pada kabinet tempat menyimpan peralatan dapur serta bagian konter dapur tempat cuci piring berada didominasi dengan bahan marbel hitam, begitu juga dengan bagian kabinet dinding dapurnya.

4. Sisi lain dari loft yang masih kosong

Seperti layaknya ruangan yang belum diisi, loft masih tampak lapang, terutama dengan warna putih pada dindingnya dan jendela-jendela besar yang juga membuka jalan bagi cahaya untuk masuk. Terdapat banyak sudut tempat Anda bisa memainkan imajinasi dekorasi Anda dalam loft ini.

5. Kamar mandi sekaligus toilet

Kecil tapi dimaksimalkan fungsinya mungkin merupakan penggambaran yang sesuai untuk sudut tempat kamar mandi dan toilet ini. Tidak hanya menampung toilet dan shower dengan kaca pembatas, kamar mandi ini pun memiliki wastafel marmer lengkap dengan kacanya.

6. Dominasi kaca sebagai sekat antar ruangan

Dapur dibuat terbuka meski tetap berada dalam area indoor, yaitu dengan cara menyekat ruangannya dengan kaca besar sebagai ganti tembok biasa. Alhasil, suasana memasak dan mempersiapkan makanan pun terasa seolah menyatu dengan alam. Anda dapat mencontoh ide ini.

7. Kamar mandi tempat bersiap-siap

Dalam loft ini, ternyata terdapat satu lagi kamar mandi yang tampak didesain agar memiliki area untuk bersiap-siap yang lebih luas, lengkap dengan toilet dan wastafelnya. Kacanya pun membentang panjang sebagai bagian dari dekorasi dinding kamar mandi.

8. Ruang terbuka di dalam kompleks loft

Tidak hanya berupa taman, bagian yang satu ini menjadi tempat udara terbuka di dalam kompleks loft. Dengan area terputus yang memiliki lorong penghubung untuk masuk ke dalam rumah, area terbuka ini bisa menjadi alternatif taman yang membuat loft lebih asri dan artistik.

9. Kesan rustic dari pilihan pagar kayu berlumut

Kayu yang dibangun menjadi pembatas antara bagian luar dan bagian dalam rumah tampak sedikit kurang terkoneksi dan kurang konsisten dengan bangunan di dalam rumah. Meski begitu, hal ini berhasil menambah kesan rustic yang memang ingin dipertahankan dari loft bergaya rustic modern ini.

10. Salah satu sudut outdoor dalam kompleks rumah yang hijau

Area outdoor yang menjembatani pagar dengan lorong menuju ke dalam rumah ternyata memiliki sentuhan hijau selain berupa dedaunan rambat saja. Dengan tambahan sedikit tanaman berbentuk semak-semak ini, paduan tembok gerbang yang dicat krem melebur secara lebih indah.

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!