Dapur by CATO creative

Membuat Rumah Terang Benderang dengan Memasang Skylight (Jendela Atap)

Henti Kresdiana Henti Kresdiana

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Skylight adalah jendela atau kaca berongga yang berada di atap atau pada dinding ruangan. Tujuan utama penggunaan skylight biasanya adalah untuk membiarkan sinar matahari masuk ke rumah secara merata sehingga membuat suasana hangat, terang, dan menyenangkan.

Di Indonesia, pemasangan skylight mungkin belum begitu populer. Tetapi jendela atap juga sering kita temui di rumah-rumah namun dengan ukuran yang kecil yang berfungsi sebagai penerangan alami saja.

Kali ini kami akan membahas tentang apa itu skylight, bahan dipergunakan, desain, keuntungan dan juga kerugian saat kita memasang skylight.

Penerangan Alami Rumah

Pemasangan skylight menawarkan lebih banyak cahaya alami dari jendela vertikal (hingga 30%). Dari perspektif desain, mereka dapat membuat ruangan tampak lebih besar. Ada skylight untuk setiap gaya plafon atau langit-langit.
Jika rumah Anda luas, pertimbangkan struktur kerangka yang akan menopang skylight. Pertimbangkan juga ukuran dari skylight, semakin besar ukurannya maka semakin rendah ketahanan nya.

Apa Manfaatnya?

 Dapur by CATO creative
CATO creative

Bishops Park SW6

CATO creative

Skylight mampu memberikan cahaya alami tambahan dalam ruang yang  membutuhkan sinar. Selain itu Skylight  juga mampu menampilkan pemandangan luas di sekitar kita.

Skylight sangat cocok dipakai di lantai kedua rumah, loteng atau untuk dapur, oke juga dipasang di atas ruang keluarga di mana disitu  kegiatan keluarga sering dilakukan. 

Jika Anda memiliki taman di rumah, coba gabungkan atap dan sisi terang untuk mengundang alam masuk ke dalam rumah. Hasilnya, pasti dapur akan terlihat segar, bersih dan nyaman.

Sebelum memasang Skylight Pikirkan Hal-hal Berikut

Meskipun pemasangan skylight adalah ide yang sangat menggoda, ada beberapa hal yang ternyata malah memperburuk suasana. Coba bayangkan jika skylight dipasang di atas kamar tidur.  Kamar tidur bisa menjadi menarik untuk tidur menonton bintang-bintang, tapi setelah bangun pagi, sinar matahari langsung pada mata Anda, yang tidak lagi begitu menarik.

Anda juga harus mempertimbangkan rembesan air, konsentrasi panas, keamanan (jadi jalan masuk pencuri) dan bagaimana membersihkan nya.

Tapi semua masalah ini dapat diselesaikan dengan instalasi yang tepat dari langit-langit; di kamar mandi bisa menjadi ide bagus; terletak di bak mandi, akan memberikan banyak cahaya ke kamar mandi dan membawa sentuhan gaya, benar-benar berbeda dari yang biasa, untuk menjaga privasi, solusi halus dan elegan Anda ke pergola kayu tipis seperti One Studio, akan memberikan hiasan desain penuh yang luar biasa dari kamar mandi Anda.

Dimana Posisi Terbaik Penempatan Skylight?

 Jendela by aaestudio
aaestudio

Ingreso

aaestudio

Seperti disebutkan di atas, skylight baik untuk ruang yang membutuhkan tambahan cahaya seperti loteng, Lofts dan lantai dua rumah.

AAEstudio membagikan desain nya kepada kami dengan menempatkan skylight pada pintu masuk. Sinar fantasi yang   diperoleh dari lorong rumah ini,  tidak hanya membawa cahaya ke lantai dasar, tapi menyelinap melalui jendela samping di lantai atas yang secara tidak langsung menghasilkan desain pencahayaan alami yang mempesona.

Berapa Biaya instalasinya?

Biaya instalasi bervariasi, dilihat dari ukuran, desain dan bahan yang di produksi. Rata-rata, anggaran instalasi Skylight adalah:

Skylight Ukuran sederhana dan kecil adalah sekitar Rp. 1.350.000.

Skylight tanpa ventilasi di langit-langit  biaya instalasi nya bisa mencapai 4.200.000 per jendela tergantung pada ukuran jendela dan kompleksitas model.

- Skylight  dengan ventilasi, jenis ini tersedia dalam model yang bisa di kontrol dengan remote dan tenaga listrik dan remote, mulai harga dari Rp. 3.300.000 sampai dengan Rp. 8.000.000 per jendela, dengan biaya instalasi rata-rata sekitar Rp. 6.600.000 tergantung pada ukuran dan kompleksitas model.

Bagaimana jika dipasang sendiri?

Sebenarnya bukan ide yang baik memasang sendiri skylight di rumah Anda, kecuali jika memang ukurannya sangat kecil hanya sekedar untuk menambah penerangan. Memasang skylight diperlukan perhitungan dan pengalaman yang cukup.

Anda harus tahu secara menyeluruh seluruh struktur rumah, pastikan bahwa pemasangan skylight tidak mempengaruhi struktur dinding dan beban bantalan bangunan.

Cara paling baik adalah Anda berkonsultasi dengan profesional yang dapat memberikan saran dan memberitahu Anda di mana dan desain seperti apa yang terbaik dan sesuai rumah Anda.

Material Apa yang DIbutuhkan untuk Membuat

Material yang  bisa digunakan untuk skylight adalah kaca, akrilik serta polikarbonat. Polikarbonat mempunyai ketahanan 200 kali lebih kuat dari kaca. Sehingga dapat dikatakan polikarbonat merupakan pilihan yang aman dan bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Macam Desain Skylight

Secara umum desain  skylight yang ada di pasaran adalah: skylight ventilasi, skylight tetap dan tubular.

Skylight tetap memberikan cahaya tambahan, mereka sangat baik untuk lantai dua atau pencahayaan ruangan kebutuhan lain atau menikmati pemandangan.

Skylight tubular : Mereka memiliki ukuran yang sangat kecil (diameter10 sampai 14 inci). Tubular ideal untuk ruang di mana skylight lainnya tidak masuk. Berlaku untuk lorong, kamar mandi, dan lemari. Karena bentuknya yang seperpti tabung desain ini sangat memungkinkan banyak cahaya yang akan masuk ke ruangan.

Skylight  ventilasi berfungsi seperti jendela yang bisa dibuka dan ditutup. Anda harus memikirkan bagaimana harus menempatkan rangk anya sehingga tidak ada rembesan air masuk ke dalam rumah melalui skylight. Desain seperti ini biasanya dilengkapi dengan remote control dan manual untuk membuka dan menutup.

Ingin lebih banyak ide untuk mengubah atap rumah Anda? Klik disini

Apakah Anda juga ingin memasang skylight di rumah Anda? Kira-kira bagaimana desain nya?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!