Dapur by Harvey Jones Kitchens

12 Perabot Praktis Untuk Dapur Idaman

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Mereka yang berkegiatan di dapur setiap hari cenderung menyesuaikan desainnya dengan kebutuhan. Namun, dapur yang digunakan satu orang atau lebih kadang tidak selalu praktis untuk menyelesaikan semua tugas rumah tangga. Para desainer dan arsitek homify menyadari bahwa merancang dapur pun merupakan suatu tantangan dalam hal ruang, pembagian tempat, dan bujet. 

Dalam buku ide ini kami menyuguhkan 12 ide yang akan membuat dapur lebih fungsional.  

1. Meja tersembunyi

Dapur Anda tidak luas? Ini dia solusi cerdas untuk melebarkan meja dapur tanpa membuat dapur jadi sempit. Meja dapur ini sekilas mirip laci besar, namun adalah meja tersembunyi. Perabot seperti ini mungkin tidak dijual bebas, jadi Anda harus membuat atau memesannya. Kirim meja dapur Anda ke tukang kayu dan jelaskan dengan detil apa yang Anda inginkan. 

2. Rak penyimpanan di meja tengah dapur

 Dapur by Harvey Jones Kitchens
Harvey Jones Kitchens

Shaker kitchen by Harvey Jones

Harvey Jones Kitchens

Meja tengah dapur memiliki banyak fungsi. Bisa jadi area tambahan untuk menyiapkan makanan dan makan malam yang tidak resmi. Rak di bagian bawah meja ini bisa dijadikan tempat penyimpanan, dan membuat dapur jadi lebih rapi. 

3. Tempat penyimpanan gaya industrial

 Dapur by Rencraft
Rencraft

Mediterranean Style

Rencraft

Bila Anda menyukai gaya industrial, inilah desain dapur yang pasti Anda suka. Rak stainless yang digantung di langit-langit bisa dijadikan tempat penyimpanan perangkat masak ukuran besar. Sedangkan bagian bawahnya bisa dipakai untuk menggantung panci-panci yang lebih kecil. Sekaligus berfungsi sebagai hiasan dapur rustic.

4. Lemari dapur berlaci

Lemari berlaci biasa digunakan sebagai funritur kamar tidur atau ruang ganti. Konsep yang sama bisa digunakan untuk lemari dapur Anda. Benda-benda yang disimpan di laci atau lemari dapur biasanya terlupakan, tertimbun barang-barang lain dan sulit dijangkau. Solusinya adalah membuat lemari dapur dengan laci terbuka seperti gambar ini. Laci pun lebih mudah dibersihkan dan lebih tahan lama. 

5. Lemari dan keranjang untuk menghemat tempat

modern Kitchen by simplehuman
simplehuman

50.2cm pull-out organiser

simplehuman

Dapur minim tempat penyimpanan membutuhkan rancangan tata ruang yang bisa mengubah kondisi ini. Membuat lemari-lemari kecil untuk menyimpan perangkat dapur dengan ukuran yang sama akan membuat aktivitas memasak jadi lebih praktis. 

6. Rak sempit dan tinggi

Kita bisa meletakkan rak sempit dan tinggi seperti gambar di dekat dinding dapur yang kosong. Cocok untuk menyimpan buku resep masakan atau bumbu-bumbu. Bentuk rak ini akan menginspirasi Anda yang ingin memaksimalkan fungsi ruang kosong di dapur. 

7. Kabinet warna terang untuk gelas dan minuman

modern Kitchen by Lisa Melvin Design
Lisa Melvin Design

Bespoke Liquor & Drinks Cabinet

Lisa Melvin Design

Gelas akan 'naik kelas' di tempat yang terang. Koleksi gelas dengan aneka bentuk dapat disimpan dalam kabinet/ lemari yang diterangi lampu LED di dalamnya. Mungkin inilah bar mini terkeren di antara bar mini milik para tetangga

Jika Anda tidak minum alkohol, Anda bisa mengisi kabinet ini dengan botol-botol kosong berbentuk unik. Botol-botol ini nantinya bisa diisi minuman bersoda atau sirup saat ada pesta kecil di rumah. 

8. Bar minimalis

Ambil panci di atas bar, lalu meletakkannya di atas kompor. Praktis bukan? Bar yang Anda lihat di gambar ini dilengkapi dengan cantolan di atasnya. Tata ruang dapur semacam ini telah biasa digunakan di dapur restoran dan bar tertentu. Desain alternatif untuk mengoptimalkan ruang dapur yang terbatas dan menikmati suasana. 

9. Simpan semua dalam lemari

 Kitchen by Lewis Alderson
Lewis Alderson

Surrey kitchen

Lewis Alderson

Lemari pada gambar ini adalah salah satu solusi tempat penyimpanan bagi dapur idaman Anda. Bisa untuk menyimpan bumbu-bumbu, selai, saus, sereal, jus kemasan, dan banyak lagi. Pintu lemari telah dilengkapi rak-rak dengan pembatas kayu, aman untuk menyimpan botol kaca. Anda tak perlu lagi repot mencari bahan masakan yang diperlukan. 

10. Lemari kustom

modern Kitchen by De Rosee Sa
De Rosee Sa

Hillcrest

De Rosee Sa

Inilah alternatif lain lemari dapur idaman Anda. Jika ada bagian meja dapur yang jarang digunakan, mengapa tidak dimanfaatkan saja? Tutup area itu dengan lembaran kayu dan pasang rak-rak di dalamnya. Sekat bagian bawahnya dan pasang beberapa laci terbuka seperti gambar ini.

11. Keran futuristik

Hias dapur Anda dengan elemen-elemen cantik namun fungsional. Meski berasap dan berminyak setiap hari, tak berarti dapur tak bisa tampil cantik kan? Ganti tempat bumbu dengan botol kaca berbentuk unik, atau memasang keran air baru dengan detil futuristik seperti dalam gambar. 

12. Papan tulis

Whiteboard di dapur untuk menulis pesan atau mencatat resep masakan sudah sering kita jumpai. Bagaimana kalau menggantinya dengan papan tulis? Lebih hemat karena harga kapur tulis lebih murah daripada spidol whiteboard. Selain itu, papan tulis akan menghadirkan sentuhan rustic untuk dapur Anda. 

Lebih suka mana, beli perabot jadi atau memesannya di tukang kayu? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!