Ruang Keluarga by 矢内建築計画 一級建築士事務所

Rumah 2 in 1 Untuk Tinggal Bersama Orang Tua

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Ada pepatah mengatakan, tetangga adalah keluarga terdekat kita. Siapa yang akan menolong pertama kali saat kita tertimpa musibah? Di Indonesia, para tetangggalah yang pertama kali menjenguk jika kita tertimpa musibah, bahkan sebelum anggota keluarga kita datang. Jika demikian, mengapa tidak kita gabungkan saja keduanya?

Tinggal bersama orang tua memang terdengar janggal di era modern seperti sekarang. Kita dianggap anak manja dan tidak mandiri jika masih tinggal dengan orang tua di usia dewasa. Tapi, tinggal dengan orang tua ada sisi positifnya lho. Orang tua bisa melihat kita tumbuh dan berproses mencapai cita-cita. Kita bisa saling membantu dan menjaga kapan saja. Namun generasi yang lebih muda membutuhkan ruang pribadi. Dua dunia tinggal bersama, namun memiliki tempatnya sendiri. Bertetangga dengan orang tua kita, itu keren juga. Rumah karya ahli kami yang ada di Jepang ini contohnya. 

Penampakan

Rumah ini tampak kental dengan ciri khas arsitektur Jepang yang rapi dan simetris. Rumah berwarna cerah ini terdiri atas atap, teras, pintu, dan anak tangga masuk warna putih. Sedangkan fasad rumah terbuat dari kayu. Pemilik rumah menggunakan pintu geser kaca satu arah. Sebuah cara untuk menjaga privasi dan menikmati panoraman di luar rumah. 

Koridor

Koridor ini tampak lapang. Selain pencahayaan yang baik, dinding putih dan lantai kayu juga membuat koridor tampak lebar. Menariknya, ahli kami juga memasang pintu geser satu arah di dalam rumah. Pintu geser ini digunakan para penghuni rumah sesuai gaya hidup dan kebiasaan pada situasi tertentu. Sekaligus berfungsi untuk membagi atau memisahkan ruangan. 

Dapur dan ruang makan

Dapur mini terbuka ini mungil dan praktis. Beberapa rak di dinding menjadi ruang penyimpanan, mencegah banyak barang berceceran dan kita jadi bingung mencari saat membutuhkannya. Meja kayu panjang dan kursi kayu sangat menyatu dengan keseluruhan ruangan. Dalam ruang makan serba kayu dan hangat oleh cahaya matahari, makanan apa saja terasa lezat. 

Pintu penghubung

Ahli kami menggunakan lantai warna biru pink di beberapa pintu penghubung luar dan dalam ruangan. Desain pintu dalam gambar ini juga sesuai dengan kebisaan orang Jepang yang melepas sepatu sebelum masuk ke rumah (Apakah di rumah Anda juga?). Pintu kaca geser membantu kita menciptakan area terbuka dan tertutup di rumah dengan sekali sentuhan. 

Saat senja hari

Di senja hari, rumah ini tampak hangat dengan cahaya kuning. Sudut ini adalah bagian yang menghubungkan dua rumah dengan bentuk yang bersih dan rapi. Batu-batu kecil di sekitar rumah berfungsi membuat rumah tampak menonjol. Bisa mengundang efek dekoratif, juga  membebaskan penghuni dari keharusan menyiram rumput atau tanaman setiap hari. 

Terjangkau atau tidakkah penggunaan pintu kaca geser di rumah orang Indonesia?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!