Rumah by シミズアトリエ 一級建築士事務所

25 Ide Rumah Minimalis di Bawah 100 meter persegi

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Rumah minimalis sedang ngehits di Indonesia belakangan ini. Selain penampakannya yang sederhana, rapih, namun tetap kokoh, rumah minimalis disukai karena hal lain, yaitu lebih ramah di kantong. Harga jual tanah yang semakin mahal tiap tahun bikin banyak orang harus berhemat. Selain itu, pemilik rumah tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk membuat pernak-pernik atau elemen detil, cukup dinding, atap, pintu dan jendela. Tapi sebuah rumah sebaiknya tidak asal jadi, namun juga nyaman dan enak dipandang, terutama bagi kita yang tinggal di dalamnya. 

homify punya beberapa contoh fasad rumah minimalis dengan luas di bawah 100 meter persegi yang menarik dan boleh Anda coba. 

1. Rumah kotak dua lantai

Ini dia desain rumah minimalis buat mereka yang tinggal di area pemukiman padat penduduk. Siasati keterbatasan lahan dengan membangun rumah dua lantai. Lalu cat dengan warna menarik agar serasi dengan rumah lain di sekitarnya. 

2. Panel kayu penyejuk ruangan

 Rumah by smartshack
smartshack

Musterhaus freelance

smartshack

Atap rendah bisa membuat hawa dalam rumah jadi panas. Bisa disiasati dengan menambahkan elemen penyerap panas seperti panel kayu dalam gambar ini. Ruang sempit bisa diakali dengan menambahkan pintu kaca lebar dan interior warna cerah. 

3. Minimalis klasik

Inilah pilihan bagi Anda yang suka gaya klasik tapi ingin berhemat saat membangun rumah. Nuansa klasik terlihat pada penggunaan atap pelana. Sedangkan jendela dan pintunya lebih kekinian tanpa banyak detil. 

4. Minimalis populer

Inilah gaya rumah minimalis yang cukup banyak digunakan di Indonesia saat ini. Atap beton yang rata bisa jadi masalah jika saluran pembuangan atau talang air hujan tidak terawat baik atau tersumbat. Air yang menggenang di atap bisa menyebabkan kebocoran. 

5. Prefabikasi minimalis

Rumah prefabrikasi masih kurang dikenal di Indonesia. Sebenarnya cukup banyak informasi di internet yang bisa menjelaskan pada kita tentang rumah ramah lingkungan ini. Beberapa di antaranya ada di homify, yaitu 6 Ide Rumah Prefabrikasi yang Praktis dan Ramah Lingkungan. Membangun rumah prefabrikasi pun lebih mudah daripada membangun rumah konvensional. 

6. Garasi di dalam rumah

Ini alternatif yang bisa ditiru jika ingin memanfaatkan lahan seefektif mungkin. Atap yang miring adalah usaha meninggikan langit-langit rumah agar interior tampak lebih luas. 

7. Warna hitam untuk menyerap panas

Rumah berdinding hitam memang jarang kita jumpai di Indonesia. Tapi bisa diterapkan jika Anda tinggal di dataran tinggi di mana suhu udara lebih rendah dan menggigit. Warna hitam bersifat menyerap panas sehingga suhu udara di dalam rumah menjadi hangat. 

8. Paduan klasik dan modern

Mungkin beberapa di antara Anda masih ingat, rumah dengan gaya seperti ini pernah populer di masa kita masih anak-anak. Tidak ada salahnya diterapkan kembali saat ini dengan sedikit modifikasi. Model pintu dan jendela geser kaca adalah sentuhan modern di rumah gaya klasik minimalis ini. 

9. Sederhana dan anggun

 Rumah by ジャストの家
ジャストの家

外観 – 子育てをコンセプトにした住まい「育みの家」

ジャストの家

Pintu depan yang menjorok ke depan berfungsi sebagai pengganti teras, jika lahan yang tersedia tidak memungkinkan. Cocok untuk Anda yang suka dengan gaya klasik tapi tidak ingin ribet. 

10. Luas berkat jendela

 Rumah by SHSTT
SHSTT

印旛のスタジオ

SHSTT

Paduan warna hitam putih selalu cocok untuk berbagai gaya eksterior dan interior. Jendela kaca besar di lantai atas membuat rumah tampak terang dan luas. Panorama indah bisa dinikmati sepuasnya di sana. 

11. Menyesuaikan ruang

Tinggal di pemukiman padat bukan halangan bagi kita memiliki rumah yang nyaman di dalam dan keren di luar. Warna cerah membuat rumah ini tampak menonjol, meski sangat mungil. 

12. Coklat alami

Inilah alternatif desain rumah untuk Anda yang tinggal di daerah padat penduduk. Pintu geser bisa dibuka lebar-lebar di acara tertentu, dan ditutup rapat tanpa membuat suasana di dalam rumah menjadi pengap. 

13. Tinggi semampai

 Rumah tinggal  by FingerHaus GmbH
FingerHaus GmbH

Frei geplantes Kundenhaus – Der Clou: die Dachterrasse

FingerHaus GmbH

Bagian depan rumah ini beratap rata, sementara bagian belakangnya atap pelana. Paduan klasik dan modern yang bisa menjadi inspirasi Anda untuk membangun rumah di lahan sempit. 

14. Rumah kotak korek api

Kita bisa juga memadupadankan atap rata khas minimalis dengan material kayu. Bentuk panel kayu yang bergaris-garis memberikan kesan lebar dan tinggi pada rumah ini daripada kondisi yang sebenarnya. Dilihat dari jauh, rumah ini seperti kotak korek api. Unik bukan? 

15. Eksterior dengan warna netral

Abu-abu dan putih adalah warna netral yang bisa membuat rumah tampak menyatu dengan sekelilingnya. Panel kayu berwarna putih akan melindungi privasi penghuni rumah, sekaligus membiaskan cahaya matahari yang menerpa rumah. 

16. Lagi, hitam dan putih

 Garasi by Way-Project Architecture & Design
Way-Project Architecture & Design

проект дома в стиле минимализм

Way-Project Architecture & Design

Di malam hari, rumah ini memancarkan keanggunannya berkat dinding warna hitam dan cahaya putih dari jendela-jendelanya. Bagaimana sih rasanya tinggal di dalam rumah seperti ini? Pasti nyaman! 

17. Rumah di sudut jalan

Lahan Anda ada di sudut jalan dan tak ada tempat untuk taman? Inilah desain rumah yang Anda cari. Fasad rumah yang cantik dengan memadukan warna ungu dan pintu kayu warna alami. Cat dinding bisa diganti warna lain kalau Anda tidak suka ungu.  

18. Rumah kayu minimalis

Rumah kayu selalu mengundang nuansa alami, apapun gaya eksteriornya. Kesejukan di dalam rumah pasti terasa meski tanpa pendingin udara. Ini berkat jendela di atap rumah dan penggunaan material kayu itu sendiri. 

19. Rumah kayu beratap rendah

Arsitek rumah ini mengatasi hawa panas dan kesan sempit di dalam rumah dengan pintu geser lebar di muka rumah. Rumah jadi tampak luas dan terbuka pada siapa saja yang ingin berkunjung. 

20. Solar cell

Energi matahari adalah energi yang tidak akan habis dan melimpah. Sayangnya pemanfaatan cahaya matahari sebagai sumber energi belum banyak diketahui masyarakat Indonesia. Salah satu alasannya, biaya instalasi solar cell dianggap terlalu mahal. Padahal tidak juga. Sekali lagi, kita harus banyak mencari informasi sebelum memutuskan sesuatu. Rumah minimalis ini memanfaatkan tenaga surya sebagai energi listrik. Sebuah langkah cerdas untuk menghemat sumber daya alam yang semakin menipis. 

21. Rumah akuarium

Mungkin Anda mengira tinggal di rumah ini bagaikan ikan dalam akuarium, karena bagian depan seluruhnya dari kaca. Tidak juga lho. Kaca di bagian atas rumah adalah jenis kaca buram yang bisa membiaskan cahaya, sekaligus menjaga privasi penghuni rumah. 

22. Rustic minimalis

Rumah yang tidak besar tidak membutuhkan biaya pembangunan yang besar juga. Bujet kita bisa digunakan untuk menghias rumah dengan cara sederhana. Misalnya dengan menata deretan batu bata merah seperti gambar ini. Rumah minimalis bernafaskan rustic bisa jadi milik Anda. 

23. Simpel dan modern

Rumah minimalis punya ciri simpel dan lugas. Fungsi rumah lebih utama dibandingkan penampilan luar. Sesuai untuk Anda, kaum yang beraktivitas dan berkarya dengan gaya hidup modern. 

24. Teras di lantai dua

Lahan terbatas sebaiknya tidak menjadi halangan untuk memiliki rumah idaman. Lantai bawah rumah ini difungsikan sebagai garasi, sehingga mustahil untuk membuat teras di sini. Jadi arsitek kami membuat balkon di lantai dua, agar penghuni rumah bisa bersantai sambil menikmati suasana di luar rumah. 

Meski hanya berfungsi sebagai area keluar masuk kendaraan, pagar rumah tetap dibuat cantik dengan panel kayu. 

25. Rustic minimalis simpel

Gaya minimalis itu fleksibel, bisa dipadukan dengan gaya arsitektur lainnya. Rumah ini adalah contoh lain rumah minimalis rustic yang tampak simpel dengan dinding putihnya. Dilihat sekilas, jendela rumah ini tampak modern. Lalu di manakah sentuhan rusticnya? Coba amati pintunya. Pintu kayu yang tampak kokoh itu memang baru, tapi dibuat dengan gaya lama. Semuanya membuat rumah ini tampak indah dalam kesederhanaannya. 

Manakah desain rumah minimalis favorit Anda? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!