Ruang Makan by Archenjoy - Studio di Architettura -

Percaya Tidak, Apartemen Ini Dibangun dengan Budget Pas!

Prisca Akhaya Prisca Akhaya
Google+

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Pembahasan ide dekorasi dan renovasi hari ini datang dari sebuah proyek di Roma yang diaplikasikan ke sebuah apartemen berukuran 75m² dengan gaya modern.

Di dalam apartemen yang termasuk berukuran sedang ini, tadinya Anda dapat menemukan ruangan yang saling dipisahkan secara kurang efektif dan tidak fungsional. Untuk membuat penggunaan ruang dalam apartemen lebih efisien, pemisahan wilayah ruang tamu harus lebih jelas dengan area ruang tidur. Berbagai tembok yang tidak diperlukan sebaiknya diruntuhkan. Saat ditotal, budget yang dibutuhkan sendiri sekitar Rp 858 juta, dan dari budget ini, target kita adalah tidak akan dialaminya kekurangan ataupun kelebihan sisa budget.

Desain ruangannya datang dari ArchEnjoy.

1. Dapur modern dengan pergerakan leluasa berkat layout ruangan berbentuk huruf L

Tur berkeliling ruangan ini dimulai dengan adanya dapur modern berikut. Dapur yang luas ini didesain dalam bentuk L untuk meningkatkan fungsionalitasnya. Berbagai peralatan dapurnya disatukan dengan pemilihan warna putih yang seragam, menciptakan gaya minimalis yang modern. Bagian konter dapurnya memiliki corak geometrik yang rapi dan menambah kehangatan pada ruangan ini. Di bagian sudut dalam dapurnya, terdapat tempat persembunyian tempat duduk sehingga tidak mengganggu pemandangan. Peralatan dapur lainnya seperti tempat cuci piring, mesin cuci dan kulkas ditempatkan di dalam dapur dengan tatanan khusus yang indah secara visual.

2. Dapur yang ringkas dan fungsional

Dapur yang ringkas namun berfungsi secara maksimal sesuai peran utamanya haruslah nyaman dan cukup mampu menyaingi dapur besar. Permukaan konter dapur didesain untuk dilengkapi dengan penggantung berbahan metal sehingga berbagai peralatan memasak dapat dengan mudah digantung.

Tatanan dapur yang berbentuk huruf L merupakan solusi desain yang mendatangkan sisi cerdas secara arsitektur dengan adanya garis tembaga yang saling menghubungkan kulkas – tempat bak cuci piring – permukaan konter – aliran gas!

3. Sekilas tampak seperti ruang terbuka

Apartemen yang menghadap ke arah timur laut ini menyerap cahaya sebanyak mungkin lewat jendela lebarnya sehingga ruangan terlihat seolah terbuka. Ruang yang ada di bawah bingkai jendelanya dibuat menjadi tempat susunan rak penyimpanan dan didesain untuk digunakan sebagai area penyimpanan semaksimal mungkin. Ruang tamu dari apartemen ini juga disatukan lewat warna putih yang seragam dan diberikan sentuhan akhir layaknya tempat terbuka.

Sebagai tambahan, dua desain berbeda dari lampu gantungnya menonjolkan aksen ruangan ini, diikuti dengan warna kecokelatan yang lembut dari sofa sehingga ruangan terasa nyaman dan hangat.

4. Pesona furnitur yang dibuat secara khusus

Area ruang tamu merupakan tempat yang dimanfaatkan secara efisien dengan menggunakan furnitur yang dibuat khusus. Dinding ruang tamunya merupakan pilihan warna khusus yang juga dibuat sebagai tempat rak dinding untuk mewadahi televisi dan dekorasi lainnya, serta banyak penyimpanan lainnya. Ide menggunakan furnitur yang dibuat khusus sangat sesuai dengan strategi ruang pintar yang dapat memanfaatkan area sempit secara lebih efisien.

5. Ruang makan yang cerah dan terang

Mari berpindah sejenak dari area ruang tamu dan mengecek area ruang makan dari sudut pandang yang berbeda. Harmoni ritmik dari berbagai kombinasi warna neon membuat ruangan terasa kalem, hangat dan hidup pada saat yang bersamaan. Pencahayaan dari lampu gantung menerangi areamakan yang juga terinspirasi dari alam, dan pada dinding bagian kiri terpasang beberapa bingkai kecil yang disusun secara diagonal untuk menciptakan efek visual.

6. Desain ruang kamar pintar

 Kamar Tidur by Archenjoy - Studio di Architettura -

Pemilik apartemen ini menginginkan adanya kamar pintar yang dapat memenuhi semua fungsinya meski ruangannya terbatas. Arsiteknya pun memutuskan untuk menambahkan semua fitur yang diperlukan ke dalam kamar. Pertama, seluruh dinding menjadi tempat lemari untuk menyimpan kebutuhan fashion sang klien, sementara dinding satunya dipenuhi dengan bermacam-macam desain rak dan kabinet di lokasi yang berbeda-beda sehingga atmosfernya lebih hidup.

Warna seprainya tidak bisa dipilih secara sembarangan. Arsiteknya memilihkan warna meja di sebelah tempat tidur sesuai warna tembok dan berkombinasi dengan warna oranye, cokelat muda yang berpadu dengan kepala tempat tidur serta biru gelap sebagai pelengkap yang menceriakan ruangan.

7. Ruang kantor efisien untuk kerja yang maksimal

 Kamar Tidur by Archenjoy - Studio di Architettura -

Ruang kamar ini tidak hanya berfungsi sebagai ruang tidur saja, namun juga menjadi ruang kerja yang efektif. Sebuh meja kerja dipasang di bawah jendela dengan pemandangan yang lebar, dan langsung melihat ke luar jendela di mana terdapat pepohonan hijau yang menyegarkan mata. Kotak penyimpanan dari kertas di bawah meja dan dinding juga menambah alternatif penyimpanan selain daripada penopang buku di dinding.

8. Kamar mandi kering yang rapi

Kamar mandi di apartemen ini sengaja didekorasi dengan atmosfer yang bersih dan rapi dengan menggunakan warna putih, yang juga merupakan simbol kebersihan kamar mandi secara keseluruhan. Untuk menghindari kemonotonan, pola unik ditambahkan pada dinding dan lantai untuk menciptakan efek visual yang juga unik. Mempertimbangkan fungsi ruangan yang merupakan kamar mandi kering, kotak tempat shower dipisahkan dengan pembatas berupa dinding kaca dan lantainya dibedakan ketinggiannya agar air tidak membasahi lantai. Di dalam kamar mandi ini terdapat bidet manual asal Eropa yang merupakan nenek moyang dari bidet elektronik yang dipakai di masa kini.

Proyek selanjutnya juga akan berfokus dalam pemanfaatan budget secara maksimal dalam ruangan kecil yang terbatas.

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!