Ruang Keluarga by CuboB Arquitectura de Interiores

19 Ide Untuk Mempercantik Ruang Tamu Berukuran Kecil

KSMR KSMR
Loading admin actions …

Keterbatasan luas ruang tamu bukan berarti Anda harus menatanya secara sembarangan. Pemilihan furnitur yang pas perlu Anda perhatikan agar ruang tamu mungil Anda tetap terlihat proporsional dengan berbagai komposisi yang mengisinya. Untuk itu, dibuku ide kali ini kami pun secara eksklusif akan membeberkan 19 rahasia agar ruang tamu Anda terlihat sempurna, sekalipun luasnya tak seluas ruang tamu pada umumnya. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak penjelasannya satu per satu.

1. Manfaatkan salah satu sisi tembok ruang tamu sebagai media untuk meletakkan pajangan, TV, maupun media penyimpanan.

2. Batasi ruang tamu Anda dengan partisi sederhana. Pilihlah partisi berpola dan banyak celah, agar fungsi partisi tak memberikan kesan pengap, sehingga keberadaannya dapat juga dijadikan sebagai penerang dan pemanis ruang tamu Anda.

3. Gunakan nuansa putih agar ruang tamu Anda terkesan luas dan bersih.

4. Selain putih, penggunaan warna-warna lembut seperti krem dapat juga Anda mainkan di ruang tamu Anda.

5. Aplikasikan salah satu sudut ruang tamu Anda dengan warna kontras, agar ruang tamu Anda memiliki karakternya sendiri.

 Ruang Keluarga by Cris Nunes Arquiteta
Cris Nunes Arquiteta

Apartamento no cond Barra Bali, Barra de São Miguel Al

Cris Nunes Arquiteta

6. Selain permainan warna, penggunaan ornamen-ornamen klasik atau yang bersifat seni dapat juga Anda mainkan agar ruang tamu Anda terlihat unik dari konsep ruang tamu pada umumnya.

 Ruang Keluarga by 2nsarq
2nsarq

Sala de estar

2nsarq

7. Gunakan funitur fungsional seperti halnya sofa bed agar ruang tamu Anda dapat juga Anda manfaatkan sebagai kamar tidur untuk tamu Anda.

 Ruang Keluarga by 2nsarq
2nsarq

Sofá Cama

2nsarq

8. Karena luasnya yang tak memadai, jadi pastikan ruang tamu Anda tak dimuati dengan berbagai macam furnitur yang terlalu rumit. Gunakan furnitur-furnitur berdesain simpel agar kesan luas dan nyaman di ruang tamu Anda tetap terasa.

9. Tak hanya permainan warna, pengembangan karakter ruang tamu Anda dapat juga dibentuk lewat permainan material seperti menonjolkan unsur batu bata atau ornamen lain agar nuansa yang berbeda dapat terasa saat didalamnya.

10. Jika ingin bersifat sederhana dan ekonomis, Anda cukup aplikasikan dekorasi wallpaper dengan tema atau kata-kata khusus pada salah satu sudut ruang tamu Anda, agar ruang tamu Anda dapat terlihat lebih ceria dari sebelumnya.

11. Memadukan pencahayaan alami dari jendela dan instalasi cahaya buatan khusus pada langit-langit ruang tamu adalah trik lain yang dapat Anda lakukan untuk mempercantik dan memberikan kesan luas pada ruang tamu Anda.

12. Membuat celah rak pajangan pada tembok adalah trik khusus yang dapat Anda aplikasikan untuk menghemat ruang, dibandingkan Anda harus menggunakan furnitur khusus untuk memajang koleksi ornamen yang Anda miliki.

13. Anda dapat pula menggunakan konsep memanjang agar komposisi ruang tamu Anda terlihat pas dengan luas ruang tamu yang Anda miliki.

14. Selain penggunaan partisi bertema khusus, Anda juga dapat gunakan media berupa pintu geser transparan untuk membatasi ruang tamu mungil Anda dengan ruang lain yang berada didekatnya.

15. Jika sebelumnya penggunaan warna cerah diaplikasikan pada latar depan, maka dalam trik ini Anda diminta untuk mengaplikasikan warna cerah lainnya sebagai latar belakang di ruang tamu Anda.

16. Tak hanya dibuat memanjang, komposisi ruang tamu Anda dapat juga terlihat pas jika Anda menerapkan konsep letter U ke dalamnya.

17. Selain warna terang dan wallpaper bertema khusus, Wallpaper dengan corak garis pada latar belakang ruang tamu Anda dapat juga Anda aplikasikan sebagai penyegar suasana di ruang tamu Anda.

18. Jika Anda ingin memberikan kesan elegan pada ruang tamu Anda, gunakanlah instalasi kayu khusus pada latar depan ruang tamu Anda. Imbangi instalasi tersebut dengan furnitur lain seperti rak pajangan dan braket TV seperti yang terlihat pada gambar.

19. Selain tema wallpaper sebelumnya, sebagai alternatif Anda juga dapat gunakan corak alternatif Seperti yang terlihat pada gambar. Anda dapat gunakan wallpaper dengan corak batuan alam agar ruang tamu Anda terasa hangat untuk ditempati.

 Ruang Keluarga by D.I. Pilar Román
D.I. Pilar Román

Chaise longue

D.I. Pilar Román

Jadi, yang manakah konsep ruang tamu impian Anda? Ingin bergaya modernminimalis, atau klasik sekalipun, semua pilihan ada di tangan Anda. Jangan lupa kalkulasikan bujetnya secara cermat dan tepat agar semua komposisi ruang tamu yang Anda cita-citakan terealisasi sesuai rencana. Selamat berkreasi.

Renovasi ruang tamu yuk...
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!