Rumah by บริษัท สถาปนิกชุมชนและสิ่งแวดล้อม อาศรมศิลป์ จำกัด

Rumah Tradisional Murah di tepi Laguna

monica wijayanthy-homify monica wijayanthy-homify
Google+
Loading admin actions …

Rumah ini terletak di komunitas Bangkru -proyek pengembangan lahan  dengan biaya rendah untuk Sekolah  Rung Aroon dan Arsom Silp Institute of the Arts, dikelilingi dengan kanal dan laguna. Awalnya rumah ini dirancang dengan tujuan pemulihan kesehatan bagi Ah-Ma (nenek dalam bahasa Cina), istri kakek dan ibu dari anak-anak dengan latar belakang pemelihara buah-buahan keluarga besar yang menderita kelumpuhan. Selama persiapan konstruksi pada 2011, Ah-Ma meninggal sementara keluarga memiliki pengalaman mengejutkan banjir besar Bangkok di rumah lama mereka. Hal ini mengakibatkan rumah ini digarap dengan tujuan revisi  dari pemilik dan tim desain. Tujuan baru yang disepakati adalah:

1. Baan Kong , Kong (kakek dalam bahasa Cina) sebagai wali dari keluarga. Setelah Ah-Ma meninggal, Kong – ayah berusia 80 tahun yang menjadi pemimpin keluarga. Strategi desain adalah untuk secara mental dan fisik mendukung dia dalam melanjutkan perannya sebagai pemimpin dan wali dari keluarga.

2. Cara hidup konsisten di tepi selaras dengan air. Dari pengalaman bencana banjir, desainer dan pemilik rumah harus berpikir bagaimana desain harus memanfaatkan bulu air sebagai strategi desain yang penting untuk lingkungan dalam ruangan  yang dibangun. Sementara masalah banjir harus dicegah.

3. Baan Kong menjadi akar dan pusat jantung serta jiwa keluarga untuk menanamkan latar belakang sebagai pemelihara buah-buahan yang diteruskan ke keluarga, terikat oleh hubungan yang hangat dan budaya tradisional Thailand, para desainer harus menciptakan lingkungan rumah yang memfasilitasi gaya hidup keluarga serta mengungguli akar pemelihara buah-buahan hidup yang sangat terhubung dengan alam untuk setiap keturunan dari keluarga.

Oleh karena itu desain rumah bertujuan untuk menciptakan ruang fisik dan lingkungan untuk mempertahankan keterlibatan keluarga yang kuat yang sangat bergantung pada kesehatan mental dan fisik Kong. TAI-Toon – lantai tanah yang dibuka, Chaan – teras kayu besar, halaman, taman, dan SA-LA – sebuah paviliun kecil yang disusun untuk mendapatkan udara dingin dari kanal dan laguna di sekitar 3 sisi plot. Ruang penting ini berarti Jai-Baan – jantung rumah yang mendukung berbagai kegiatan keluarga dengan cinta dan kebahagiaan.

Dilakukan juga pengangkatan lantai dasar di atas ketinggian permukaan air dengan susunan TAI-Toon, teras kayu dan SA-LA. Selain itu, strategi desain pasif pada prinsipnya diintegrasikan ke dalam desain rumah. Misalnya, orientasi bangunan untuk ventilasi alami yang baik dan mengurangi perpindahan panas langsung, overhang atap panjang untuk shading menjadi kebijaksanaan arsitektur tropis Timur.

Ruang umum di mana semua anggota keluarga gunakan bersama-sama diatur dalam lokasi yang terhubung ke fitur air yang mengelilingi 3 sisi plot untuk memungkinkan pengguna kembali segar dan bersantai dengan merasakan kekuatan alam sambil menghargai nilai sebenarnya dari air melalui kegiatan mereka sehari-hari serta mempererat ikatan keluarga. Ini adalah pengukuran yang telah dilakukan desainer untuk menciptakan penghematan energi, arsitektur ramah lingkungan, dan kesadaran pengguna untuk mengurus alam dan lingkungan.

Rumah yang terbuat dari kayu untuk mencapai efisiensi penggunaan sumber daya alam, lantai, pintu, dan jendela di setiap bagian rumah ini dirancang dengan hati-hati. Para desainer harus melaksanakan rincian kerangka tidak hanya pada 2 dimensi yang digambar di kantor, mereka juga harus belajar dari pekerjaan konstruksi yang sebenarnya.

Mana bagian favorit dari rumah Thailand ini? Tulis jawaban Anda di bawah ini
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!