by Clausell Studio

10 Ide Untuk Memaksimalkan Fungsi Kamar Mandi Berukuran Kecil

KSMR KSMR
Loading admin actions …

Sebenarnya kamar mandi berukuran kecil tak akan jadi masalah jika Anda mengerti cara menatanya. Karena dalam dimensi yang terbatas, Anda tak bisa menomorsatukan gaya dan mengabaikan keberadaan fungsi utamanya. Jika memang sudah terbatas, rencana perluasan kamar mandi bukan lagi solusi utama. Tapi bagaimana cara menatanya adalah hal yang paling vital untuk diperhatikan. Untuk memperlajarinya lebih lanjut, buku ide kali ini akan mengedukasikannya kepada Anda lewat 10 penjabaran yang cukup ringkas agar Anda mudah mengaplikasikannya ke wujud kamar mandi yang Anda miliki.

1. Pemilihan keramik

modern Bathroom by homify
homify

Bathroom Design

homify

Penggunaan keramik berpola khusus memang sangat menakjubkan, namun jika kamar mandi yang Anda miliki tak seluas kamar mandi seperti yang terlihat pada gambar, maka sebaiknya Anda urungkan niat Anda tersebut. Karena penggunaan keramik berpola tertentu keindahannya tak akan dapat dinikmati dengan mata jika luas kamar mandi Anda hanya beberapa meter saja. Lebih baik Anda gunakan keramik polos atau beraksen simple pada dinding dan lantai agar kamar mandi mungil Anda terlihat rapih dan bersih.

2. Penempatan wastafel

 Kamar Mandi by LEIVARS
LEIVARS

Wimbledon

LEIVARS

Jika memang wastafel muat diletakkan di dalam kamar mandi mungil Anda, maka letakkanlah posisinya jauh dari akses keluar masuk dari kamar mandi. Kenapa? Karena jika wastafel tersebut Anda letakkan diposisi yang menghalangi akses keluar masuk kamar mandi, maka fungsinya nanti justru akan menghambat keleluasaan Anda ketika sedang beraktivitas didalamnya.

3. Penggunaan bathtub

 Bathroom by Gentry Home
Gentry Home

​Vasca Tulip

Gentry Home

Tak harus dipaksakan, jika memang luasnya tak memungkinkan, maka urungkan niat Anda untuk mengaplikasikan bathtub di kamar mandi Anda. Kenapa? karena bathtub sangat memakan ruangan, sehingga akan merepotkan aktivitas bersih-bersih Anda di dalam kamar mandi. Lebih baik Anda gunakan shower untuk mengganti fungsi bathtub impian Anda tersebut. Selain tak menghabiskan luas ruangan, fungsi shower juga dapat memaksimalkan kebersihan aktivitas mandi yang Anda lakukan.

4. Pemilihan wastafel

Selain model kotak, Anda dapat juga pilih wastafel model lain untuk menghemat dan memperindah komposisi ruang kamar mandi mungil Anda. Pastikan pilihan model dan harganya seimbang agar dana perombakan kamar mandi Anda tak terlalu terkuras ke salah satu elemen kamar mandi saja.

5. Ruang shower khusus

 Kamar Mandi by Patience Designs
Patience Designs

St John's Wood

Patience Designs

Untuk menjamin kehigienisan aktivitas mandi Anda, Anda dapat gunakan ruang shower khusus seperti yang terlihat pada gambar. Selain mampu menyalurkan air mandi Anda dengan baik, ruang berlapis kaca ini juga mampu difungsikan sebagai pelindung furnitur di sekitar kamar mandi Anda, sehingga keindahannya dapat terjaga dalam waktu yang lama.

6. Penggunaan cermin

modern Bathroom by Pientka - Faszination Naturstein
Pientka – Faszination Naturstein

Pientka – Faszination Naturstein www.adrianpientka.de

Pientka - Faszination Naturstein

Jangan sekali-sekali Anda menghindari tips yang satu ini, karena hanya dengan cermin Anda dapat merasakan sensasi ruang kamar mandi yang lapang, sekalipun luas kamar mandi Anda tak selapang seperti yang terlihat pada cermin.

7. Penempatan handuk

modern Bathroom by Studio Duggan
Studio Duggan

​MORSHEAD MANSIONS

Studio Duggan

Jika memang luasnya memadai, maka tak ada salahnya Anda meletakkan handuk-handuk Anda seperti yang terlihat pada gambar. Namun jika kamar mandi Anda tak seluas gambar tersebut, maka Anda cukup letakkan handuk-handuk tersebut pada ruangan lain agar ruang kamar mandi Anda tetap terasa lega tanpa hadirnya banyak aksesoris kamar mandi yang memadati ruangnya.

8. Tak perlu berlebihan

modern Bathroom by Pientka - Faszination Naturstein
Pientka – Faszination Naturstein

Pientka – Faszination Naturstein www.adrianpientka.de

Pientka - Faszination Naturstein

Mendambakan suatu sudut wastafel dengan gaya yang mewah boleh saja Anda cita-citakan, namun Anda harus kalkulasikan ruang tersebut dengan komposisi kamar mandi lainnya. Jangan sampai Anda berhasil mewujudkan pojok wastafel yang eksklusif, tapi Anda malah tak bisa mandi didalamnya.

​9. Tampil seadanya

 Kamar Mandi by Lagom studio
Lagom studio

Residential Building in Lisbon 2

Lagom studio

Meskipun kamar mandi Anda memiliki corak atau tema khusus, namun rasanya tak perlu untuk menyeragamkan semua elemen di kamar mandi Anda dengan tema atau warna yang selalu seirama. Karena selain berlebihan Anda tentu akan kerepotan mencari beberapa produk kebersihan yang bersifat pribadi dengan tema tertentu.

10. Butuh kreativitas

 Bathroom by Studio Duggan
Studio Duggan

Hurlingham

Studio Duggan

Memang butuh waktu yang cukup untuk mendandani kamar mandi mungil agar komposisinya terasa pas. Oleh karena itu, pastikan Anda sudah mengukur dengan baik luas kamar mandi Anda sebelum Anda berbelanja berbagai keperluan untuk mengisinya. Pilihlah model-model yang ringkas dan sederhana agar mudah diaplikasikan ke dalamnya.

Siap untuk menata kembali kamar mandi Anda?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!