Rumah by Espaço Cypriana Pinheiro

10 Rumah dengan Konsep Arsitektur Menakjubkan

KSMR KSMR
Loading admin actions …

Gaya rumah seperti apa yang anda inginkan selama ini? Gaya klasik urban, rustic, minimalis, atau modern? Penentuan gaya tersebut tentu harus diperhitungkan secara matang agar semua perencanaan terealisasi sesuai rencana. Berbeda gaya maka berbeda pula tampilan visual dan material yang digunakan. Selain itu, kedua hal tersebut tentu juga harus diimbangi pula dengan luas rumah yang Anda miliki, agar komposisi pembagian setiap ruang yang ingin Anda bentuk dengan gaya tertentu dapat mudah Anda wujudkan dengan sempurna.

Sebagai referensi gaya, mungkin sederetan list rumah berikut dapat Anda jadikan rujukan agar Anda dapat lebih meyakinkan lagi gaya rumah yang benar-benar ingin Anda bangun bersama keluarga Anda.

1. Rumah Beratap Tuts Piano

Arsitektur unik ini terinspirasi dari gaya bangunan  masa penjajahan tempo dulu. Terlihat kolaborasi antara konsep pendopo dan genteng klasik berwarna oren. Pada rangka atap terlihat jelas pola piano yang dibentuk. Pada sayap atap kanan dan kiri dibuat agak meninggi untuk memayungi bangunan atas dikedua sisi, sedangkan atap bagian tengah dikonsep agak melandai dan melebar hingga memayungi bagian pelataran. Selain arsitektur, pemanfaatan lanskap sebagai ruang komunal outdoor juga berhasil menjadi salah satu nilai lebih untuk menunjang keasrian di rumah ini.

2. Rumah Bintang Hollywood

Berlokasi di sobrado, rumah mewah yang satu ini sangat identik dengan gaya rumah pada bintang-bintang Hollywood. Perpaduan gaya klasik modern yang kental membuat rumah ini terlihat luas dan nyaman untuk dihuni. Selain itu, luasnya pekarangan hijau dan kolam renang yang berada pada salah satu sisinya membuat kesan elegan semakin terwakili dari potret rumah bernuansa putih ini.

3. Cottage

Renovasi rumah ini dikreasikan oleh sebuah perusahaan arsitektur bernama Trace Space Architecture. Dengan memadukan gaya klasik dan material kontemporer akhirnya rumah ini terealisasi dengan sempurna. Rumah bernuansa cokelat ini memiliki komposisi ruangan yang cukup proporsional mulai dari 3 kamar tidur, 2 kamar mandi, dapur, ruang tamu dan teras yang nyaman.

4. Minimalis

Sekilas terlihat dari luar, rumah ini seolah memiliki efek visual sederhana lewat perpaduan material kayu dan beton putih yang mendominasi. Tak hanya dari segi bangunan, unsur minimalis berupa garis-garis tegas juga terlihat dari konsep pagar putih yang mengelilinginya.

5. Elegan

Diperlukan kedimanisan antara bentuk dan material yang digunakan agar konsep rumah seperti ini dapat terwujud. Kalkulasikan keseluruhan ruang ecara simetris agar luas setiap komposisi ruangan terlihat seimbang dari berbagai sudut pandang.

6. Fungsional dan relaks

Kesan luas, terbuka, bercahaya dan nyaman sangat terwakili dari sosok rumah yang satu ini. Meskipun tampil dengan desain yang sederhana, namun semua elemen insdustrial seperti batu-batuan dan baja yang diusung dalam konsep minimalisnya sangat menonjolkan sisi magis yang cukup menambah nilai jual rumah yang satu ini.

7. Mansion eropa

Mengangkat gaya arsitektur eropa kuno dapat saja Anda wujudkan jika Anda memiliki kocek yang cukup banyak. Mengingat, selain membutuhkan lahan yang luas, dari segi arsitektur mansion atau kastil seperti yang terlihat pada gambar juga membutuhkan pembiayaan ekstra dari segi pendanaan bagian interior dan eksterior yang umumnya dikerjakan secara detil dan rumit.

8. Rumah country modern

 Rumah by Olaa Arquitetos
Olaa Arquitetos

Casa de Campo Quinta do Lago – Tarauata

Olaa Arquitetos

Tak selamanya rumah bergaya country memiliki desain yang sangat kaku seperti halnya contoh rumah yang satu ini. Meskipun mengusung gaya country yang sangat kental, ternyata dari beberapa sisi rumah ini terlihat pula unsur gaya rumah lain yang disematkan kedalamnya. Yup, gaya itu adalah gaya rustic yang sangat terlihat jelas pada sisi teras dan balkon. Perpaduan kolaborasi antara kedua gaya unik tersebut ternyata mampu membuat tampilan rumah ini terasa semakin nyaman dan hangat untuk ditempati.

9. Fantastis

Rumah seluas 508 meter persegi ini terletak di sebuah kota bernama Campinas. Rumah ini didiami oleh seorang pebisnis profesional dengan dua anaknya. Dalam proyek kali ini para profesional dari sebuah perusahaan  arsitek Aquiles Nícolas Kílaris berhasil memolesnya jadi sebuah rumah yang megah dengan konstruksi yang sedikit bergelombang. Meski dibangun tak simetis, namun komposisi dari setiap sudut bangunannya terbilang sangat pas untuk mewakili kesan elegan yang diusungnya.

10. Peti kemas

Salah rumah karya Ferraro Habitat ini terbilang unik karena dari segi kontruksi bangunan rumah ini dibangun dengan susunan material peti kemas. Dengan luas sekitar 36 meter persegi rumah ini sudah dilengkapi dengan berbagai ruang sederhana seperti ruang cuci, dapur, ruang tamu, dan toilet pada lantai bawah dan sebuah kamar dan balkon pada lantai atas. Solusi ini terbilang cerdas, untuk mengatasi terbatasnya dana dan lahan rumah yang ingin dibangun. Selain itu, pemanfaatan peti kemas sebagai material bangunan juga dapat dijadikan solusi untuk mendaur ulang peti kemas tak berguna menjadi lebih bernilai dari sebelumnya.

Konsep rumah seperti apa yang Anda pilih?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!