Dapur by Andrea Stortoni Architetto

5 Contoh Desain Dapur Ruangan Terbuka

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Dapur modern telah meleburkan keberadaannya dalam kehidupan urban yang serba praktis. Kita bisa melihatnya dalam bentuk desain dapur terbuka minimalis, yang saat ini banyak digunakan. Adalah suatu kemewahan jika bisa bersantai di ruangan di mana keluarga dan teman-teman bisa mengobrol, atau melakukan aktivitas bersama. Baik aktivitas hiburan maupun rumah tangga bisa dilakukan di sini secara bersamaan, sebagaimana fungsionalitas dan fluiditas desain yang berkembang. 

Inilah beberapa contoh desain dapur ruangan terbuka, yang berciri khas mengoptimalkan fungsi ruang tengah. 

1. Meja tengah dapur multi fungsi

Pada contoh ini dapur telah ditata apik pada sebuah sudut salah satu sisi ruang tamu. Para desainer telah merancang agar elemen pemisah dapat digunakan untuk keperluan berbeda, lebih dari sekedar membatasi ruangan. Di satu sisi, dapur ruang terbuka dilengkapi dengan meja tengah dapur untuk memasak, menyiapkan makanan, sambil mengobrol atau menonton televisi. Sementara sisi lain yang memanjang berfungsi sebagai meja untuk hidangan sarapan dan pencuci mulut untuk semua. Inilah yang membuat dapur ruang terbuka menjadi elemen penting. The Chase Architecture adalah perancang desain dapur cantik ini. 

2. Memperindah ruangan dengan simetris

Fungsionalitas dan keindahan, keduanya bisa ditemukan ketika simetris diaplikasikan pada dapur. Pendekatan simetris bisa dilakukan dalam hal warna, lemari, dan juga meja dapur di sudut. Ini akan memudahkan Anda untuk menyeimbangkan dan melakukan beberapa aktivitas secara bersamaan. Misalnya, membuka lemari di atas dapur, lalu berbalik ke meja tengah dapur. Efek simetris juga bisa didapatkan dengan memadukan material yang digunakan. 

3. Bantuan modernitas

 Dapur by MOB ARCHITECTS
MOB ARCHITECTS

MACHIAVELLI

MOB ARCHITECTS

Pertimbangkan penggunaan elemen modernitas kental untuk menghadirkan tampilan kokoh dan terang di dapur ruang terbuka. Gunakan warna-warna cerah untuk asesoris, juga pada bangku dan kertas dinding. Ini akan membuat dapur lebih berkarakter dan tampil menarik. Usahakan agar perabot tetap minimal dan rapi dengan lemari-lemari di satu sisi dan lantai mengkilap di bawah kaki. 

4. Mencoba keajaiban ekletik

Hadirkan nuansa ekletik dan bawalah sejumlah elemen klasik ke dalam dapur terbuka ini. Lantai keramik Mediterania adalah sentuhan rustic di ruangan ini. Sedangkan sebuah kubah benang artistik dan cukup besar berfungsi sebagai lampu di langit-langit. Lemari tampil dengan warna putih netral, sementara gaya retro hadir berkat gagang laci dan lemari meja dapur. Dinding bertekstur mengelilingi ruangan ini dan membuat dapur terlihat anggun. 

5. Perhatian pada detil

 Dapur by DEULONDER arquitectura domestica
DEULONDER arquitectura domestica

La isla de enmarca con el suelo hidráulico

DEULONDER arquitectura domestica

Detil membuat ruang apapun tampak berbeda, demikian juga pada dapur ruangan terbuka. Di dapur ini ada beberapa lampu dengan berbagai bentuk dan penataan di langit-langit. Demikian juga pada lemari kayu berpintu kaca. Padu padan semacam ini berhasil membuat dapur ruangan terbuka cerah dan indah. 

Inilah ide interior dapur yang mungkin Anda suka: 15 Inspirasi Dapur Indah yang Hemat Biaya

Apa sajakah kegiatan yang bisa dilakukan di dapur selain memasak? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!