Ruang Keluarga by CHORA

Rumah Urban untuk Dua Keluarga

Rachel Audrey Rachel Audrey
Loading admin actions …

Di Indonesia, banyak anak dan orangtua tinggal dalam satu rumah meskipun si anak sudah berkeluarga. Di luar negeri, hal ini kurang lazim, karena perbedaan budaya. Salah satu ide yang bisa dicontek adalah, tetap tinggal berdekatan tapi beda lantai. 'Kasus' seperti ini diberi nama Duplex. Pembangunannya bisa bertahap, dan disesuaikan dengan kebutuhan. Wajarnya, yang tinggal di bawah adalah orangtua dan di atas adalah anak dengan keluarganya. Memanfaatkan tanah di kota, rumah ini tidak dibangun di atas tanah yang luas. Tapi bisa menjawab semua kebutuhan lho! Lihat sendiri:

Terlihat dari Luar

Rumah ini dibangun di area perkotaan. Wajar jika tidak punya halaman depan dengan taman atau pagar. Bentuknya juga khas minimalis, dengan garis-garis tegas. Fasadnya simetris, ada jendela besar di lantai dua untuk sirkulasi udara dan cahaya yang mumpuni.Terlihat seperti satu rumah, padahal aslinya dua yang tersambung.

Tangga Kecil

Dua rumah ini dikoneksikan dengan tangga kecil dari kayu ini. Ditemani lampu di samping kanan kirinya, memastikan agar tetap mendapat cahaya meski malam hari tiba. Temboknya dicat putih bersih, agar terkesan luas dan lapang. Ide brilian, seperti jalan setapak menuju kejutan yang lebih besar.

Tangga Spiral Modern

Bagian dalam rumah rupanya seperti kejutan besar. Modern dan minimalis makin terasa, apalagi dengan variasi tangga spiral ini. Pilihan warna tetap netral, karena bermain warna di ruangan sempit memang riskan. Material kayu juga jadi variasi cantik, lampu yang dipilih juga tidak menyita tempat. Semuanya ditata efisien dan maksimal, sehingga tidak ada satupun sudut yang terabaikan.

Bagian Dalam

Di lantai bawah, dominasi material kayu masih terasa. Lantai dan atap bersinergi dengan warna hangat, konsisten memberi kesan minimalis. Lembut dan kuat dalam satu bagian rumah, dengan anak tangga simetris serta kaca besar untuk pemandangan lepas dari luar.

Sebuah Ruangan Tersembunyi

Ruangan ini sebenarnya multifungsi. Bisa untuk menerima tamu, bersantai saat sore hari hingga menyendiri. Pantas disebut sebagai ruang rahasia, karena agak tersembunyi di sudut rumah. Lantai dan dindingnya dari kayu, begitu juga kusen jendela. Khas Jepang makin terasa, dan tidak banyak dekorasi di sana. Justru itulah tujuannya, biarkan ruangan ini sederhana seperti adanya dan nyaman dikunjungi kapan saja.

Saat Senja Menjelang

Meski terkesan kaku dari luar, namun saat senja datang rupanya rumah ini cantik juga. Lampu yang menyala, dengan bagian dalam terlihat dari kejauhan. Warnanya yang netral nyaman dipandang kapan saja. Hunian ini bisa jadi referensi Anda yang mengutamakan fungsi serta efisiensi untuk hunian keluarga.

Memanfaatkan tanah di kota, rumah ini tidak dibangun di atas tanah yang luas. Tapi bisa menjawab semua kebutuhan lho!
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!