Dapur by  Design

6 Penataan Apartemen yang Dapat Anda Aplikasikan ke Hunian Anda

KSMR KSMR

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Ukuran rumah yang semakin minim dewasa ini tentu membuat para pemilik rumah harus cermat dalam menata berbagai komposisi furnitur didalamnya. Ide penataan ruang tersebut tentu tak datang begitu saja, perlu referensi yang cukup untuk mewujudkannya secara sempurna. Oleh karena itu, maka ada baiknya Anda simak ulasan ke enam apartemen berikut agar ide segar seputar penataan ruang dapat terekam dibenak Anda.

1. Pemanfaatan rongga ruangan

Ide pemanfaatan rongga ruangan pada contoh apartemen yang berlokasi di Milan ini diciptakan oleh seorang arsitek bernama Marta Novarini. Seperti yang terlihat pada gambar Marta mencoba membangun sebuah sudur dapur dari celah kedua tiang yang berdekatan dengan ruang makan. Selain itu, celah lain yang berada tepat disamping dapur dimanfaatkan pula oleh Marta sebagai ruang mesin cuci yang apik.

Dan yang ketiga pemanfaatan celah ruangan terlihat pula pada kamar tidur, dimana dimensi tempat tidur benar-benar disesuaikan dengan celah antar tiang di dalam ruangan tersebut. Sebagai pemanis, di atas sandaran tempat tidur disematkan pula beberapa rak serba guna untuk meletakkan berbagai keperluan pemilik apartemen seperti kotak penyimpanan, berbagai buku, pajangan serta sebuah perangkat elektronik penyejuk ruangan berupa kipas angin.

2. Memanfaatkan segala aspek

Ruang kamar tidur ini benar-benar dikonsep layaknya ruangan terbuka. Tak jauh dari posisinya diletakkan sebuah sofa panjang dan sebuah instalasi dapur sederhana. Permainan corak putih dan material dinding berbatu bata sangat terlihat jelas di ruangan ini. Komposisi semua aspek tersebut seolah semakin hidup berkat langit-langit kayu yang transparan.

Selain komposisi funitur dan pemilihan warna yang pas, keunikan lain dari ruang istirahat ini juga terlihat dari model tempat penyimpanan yang unik, dimana posisinya berada pada elemen lantai yang mengapit kedua sisi tempat tidur.

3. Menciptakan ruang di dalam ruang

 Dapur by  Design

Penggunaan pintu geser pada kamar mandi, pemanfaatan celah ruangan untuk rak pajangan, meja makan yang konsepnya disatukan dengan furnitur dapur, adalah beberapa aspek pemanfaatan ruang yang dapat Anda ciptakan dengan cermat. Ide ini rasanya sangat pas jika diaplikasikan untuk Anda yang mungkin saja saat ini menghuni ruang apartemen tipe studio.

 Dapur by  Design
Design

Wohnküche

Design

Meskipun sempit, dari sudut pandang lain contoh apartemen ini ternyata memiliki sudut ruangan lain, yaitu tempat istirahat yang sengaja diaplikasikan pada ruangan atas. Hal ini sengaja diciptakan agar keleluasaan penghuni saat beraktivitas di ruangan bawah tak terlalu terganggu dengan ruang istirahat yang umumnya hanya digunakan pada jam-jam tertentu saja.

4. Manfaatkan setiap sudut yang tersisa

 Dapur by Urban Shaastra
Urban Shaastra

The Kitchenette

Urban Shaastra

Dalam apartemen ini terlihat bahwa semua angle terisi penuh dengan berbagai kebutuhan penghuninya. Di awali dari ruang penghubung antara dapur dan ruang tamu, pada akses ini penghuni memanfaatkannya dengan sebuah rak mini untuk meletakkan snack atau minuman sebagai pengganti meja. Dan untuk bercengkrama diantara ruangan tersebut, penghuni juga menyediakan sebuah tangga yang dikonsep seperti sofa.

 Koridor dan lorong by Urban Shaastra
Urban Shaastra

The Staircase – 1

Urban Shaastra

Dan pada sudut lain, terlihat pula pemanfaatan ruang dalam konsep lain, dimana terdapat banyaknya laci-laci penyimpanan serba guna yang diposisikan tepat pada ruang bawah tangga.

5. Partisi multifungsi

 Dapur by Holzgeschichten
Holzgeschichten

Raumfassendes Einbaumöbel

Holzgeschichten

Seperti yang terlihat pada gambar, satu ruangan dapat dibagi menjadi dua ruangan berkat pengaplikasikan sebuah partisi multifungsi yang membatasi antara kamar tidur, dapur dan ruang  makan.

 Kitchen by Holzgeschichten
Holzgeschichten

Klein aber fein – Teil des Möbels ist die Küche.

Holzgeschichten

Beginilah kira-kira wujud partisi multifungsi tersebut. Jadi selain digunakan sebagai pembatas, ternyata partisi ini dapat pula digunakan sebagai ruang dapur sederhana.

 Kamar Tidur by Holzgeschichten
Holzgeschichten

Schlafnische mit Fenstern

Holzgeschichten

Sedangkan disisi sebaliknya, terdapat sebuah ruang istirahat bernuansa putih yang nyaman lengkap dengan rak tempat tidur beraksen kayu serta beberapa sumber pencahayaan tambahan di beberapa celah samping dan atas.

6. Manfaatkan langit-langit yang tinggi

Umumnya ruang apartemen hanya dibagi ke dalam sekat-sekat yang terbatas. Namun jika sekat tersebut ditiadakan sebenarnya ruangan apartemen Anda akan terlihat lebih luas dari sebelumnya. Seperti yang terlihat pada gambar, selain meniadakan sekat, pemanfaatan ruang lain justru penghuni tambahkan lewat pengaplikasian ruangan bertingkat sederhana didalamnya. Kreasi ini diciptakan secara magis oleh sebuah perusahaan arsitektur bernama Gino Hope.

So, Anda tertarik dengan konsep yang mana?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!