by Creativespace

7 Wallpaper Visual yang Menakjubkan

KSMR KSMR
Loading admin actions …

Selain cat, penggunaan wallpaper atau kertas dinding adalah metode lain yang bisa Anda gunakan untuk merubah suasana setiap ruangan di hunian Anda. Berbagai macam jenis tema, warna, dan motif dapat Anda aplikasikan dengan sempurna. Waktu pengerjaan wallpaper juga relatif singkat jika dibandingkan dengan penggunaan media cat konvensional. Dan nilai plus lain dari media wallpaper adalah, media dekorasi interior ruangan modern ini sama sekali tidak meninggalkan bau yang menyengat, seperti yang kerap kita temukan pada ruangan yang baru saja didekorasi menggunakan cat.

Seiring perkembangan zaman material wallpaper pun kian dikembangkan, dan tersedia dalam beragam pilihan, seperti bahan kain, kulit, vinyl, kulit, daun dan lain sebagainya. Untuk daya tahan tak usah diragukan, kekuatan wallpaper berkualitas, akan mampu bertahan kurang lebih selama 7 hingga 10 tahun.

Cara merawatnya pun terbilang mudah. Anda cukup membersihkan wallpaper Anda secara berkala setidaknya satu bulan sekali. Jika terdapat kotoran, dinding ber-wallpaper cukup dilap saja dengan kanebo basah secara perlahan, untuk mengembalikan kebersihan tampilannya seperti sedia kala.

Wallpaper berkesan modern memang, tapi jika dirujuk ke sejarah awalnya, wallpaper justru pertama kali diciptakan di China sekitar 200 tahun sebelum Masehi. Wallpaper pada saat itu dibuat layaknya lukisan besar yang dikreasikan di atas kertas lewat tangan-tangan seniman profesional pada masa itu. Kebanyakan gambar-gambar yang mereka ciptakan dengan tinta tersebut  bernuansa flora dan fauna seperti objek burung dan bunga-bunga hias. Setelah digambar, wallpaper kuno tersebut biasanya diaplikasikan dengan bantuan lem nasi. Tujuan wallpaper zaman dahulu juga berbeda dengan konsep wallpaper zaman sekarang. Pada saat itu wallpaper diciptakan untuk melambangkan simbol religius, sedangkan pada saat ini wallpaper identik dengan unsur modern dalam sebuah hunian. Saat diaplikasikan, ruangan akan terlihat eksklusif dalam sekejap, dan wallpaper-pun siap mendukung tema ruangan yang telah dipersiapkan sebelumnya.

Setelah mengetahui sekilas info seputar wallpaper, dalam buku kali ini kami pun menyuguhkan beberapa contoh penggunaa wallpaper yang menakjubkan. Dari beberapa contoh berikut, Anda dapat mengetahui fungsi lain dari media wallpaper. Karena selain memperindah ruangan, wallapaper juga mampu menciptakan perspektif visual lain, jika Anda mengangkat tema-tema tertentu kedalamnya. Untuk lebih jelasnya, mari kita ulas contoh wallpaper tersebut satu per satu:

1. Efek kaca patri

 Walls & flooring by Creativespace
Creativespace

modello glass… .vecchia fabbrica..

Creativespace

Jika dibiarkan polos, ruang meeting ini tentu akan terlihat sepi dan tak berwarna. Namun setelah diupgrade dengan wallpaper bertemakan kaca patri, ruang komunal ini seolah memiliki karakternya sendiri. Selain memberi warna, aksen kaca patri tersebut juga seolah menghidupkan suasana ruang yang tadinya bersifat kaku, menjadi lebih ceria dari sebelumnya. Selain itu, keceriaan tersebut juga semakin dipertegas dengan hadirnya hiasa dinding berupa kata “SHINE” yang juga dirangkai penuh warna, tak jauh dari instalasi wallpaper tersebut berada.

2. Efek lorong kastil

 Walls & flooring by Creativespace
Creativespace

modello castle… .

Creativespace

Selain ruang-ruang komunal, wallpaper ternyata dapat juga diaplikasikan secara unik dalam sebuah lorong. Seperti yang terlihat pada gambar, efek perspektif visual sebuah lorong tersebut direkayasa seolah menyatu dengan pengaplikasian wallpaper bertemakan kastil. Wallpaper ini diletakkan diujung lorong, sehingga efek visual yang tercipta seolah tegak lurus dengan yang terlihat pada lorong secara keseluruhan.

3. Efek gerbang bawah tanah

 Walls & flooring by Creativespace
Creativespace

modello gate… passaggio

Creativespace

Tak jauh berbeda dengan tema kastil sebelumnya, pada contoh perspektif visual wallpaper kali ini konsep akses sebuah lorong kembali diciptakan dengan apik, hanya saja ruang yang kali ini diciptakan bukan sebuah lorong melainkan sebuah ruang komunal disebuah hunian. Meskipun tema kertas dinding dan ruangannya tak berhubungan, namun jika wallpaper tersebut disilik dari kejauhan, maka efek visual pada wallpaper tersebut sangat mampu merekayasa pandangan setiap orang yang melihatnya.

4. Efek galeri seni tiga dimensi

 Walls & flooring by Creativespace
Creativespace

modello nettuno..presenze

Creativespace

Setelah bermain dengan unsur jendela dan lorong, pada contoh wallpaper yang satu ini kita diajak untuk berimajinasi dengan efek visual sebuah wallpaper bertemakan tiga dimensi. Kertas dinding yang diaplikasikan pada sebuah ruang komunal ini seolah hidup berkat tema yang diusungnya. Selain warna beraksen batuan kuno, efek kepala patung salah satu dewa yunani pada sudut wallpaper tersebut juga seolah menghidupkan suasana galeri di ruang komunal tersebut.

5. Peta kota

 Walls & flooring by Love Maps On Ltd.
Love Maps On Ltd.

Custom Victorian Street Map Wallpaper

Love Maps On Ltd.

Visual tidak harus melulu efek yang menipu mata. Yang satu ini memiliki 'tipuan' tersendiri. Walaupun bukan merupakan versi realistik, wallpaper yang satu ini membuat anda merasa sedang melihat keseluruhan kota dari ketinggian. Menakjubkan!

6. Pemandangan

 Kamar Tidur by Pixers

Punya tempat liburan favorit anda! Dinding anda dapat menjadi kanvas sekaligus pengingat, yang dapat membantu anda rileks dan tidur nyenyak setiap hari.

7. Tekstur

 Kamar Mandi by Pixers
Pixers

Pebbles

Pixers

Yang satu ini dapat memberikan sentuhan detail tersendiri pada ruangan anda. Tanpa repot menginstalasi dan tentu, menghemat biaya!

Anda siap mengubah tampilan ruangan Anda dengan wallpaper?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!