Rumah by STUDIO POH

10 Rumah Atap Besar yang Eksotis

arisyahril arisyahril

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Atap memiliki peran yang sangat vital pada sebuah bangunan, baik dari sisi fungsi maupun desain. Atap menjadi penahan hujan, salju dan teriknya sinar matahari. Dari segi desain, atap merupakan elemen penting yang menentukan kesan hunian. Kali ini homify akan memperkenalkan 10 rumah dengan atap yang khas, yakni berukuran besar. Atap berukuran besar yang menghadirkan nuansa kuat dan kokoh.

1. Berselimut Atap

TSC Architects mendapat tantangan dari kliennya untuk membuat rumah dengan kepribadian yang luar biasa. Tantangan itu dijawab dengan rumah dengan atap yang sangat unik ini. Mereka membangun sebuah rumah dengan atap yang terlihat seperti terlipat hingga terintegrasi dengan dinding dan menyentuh tanah. Sekilas, rumah ini terlihat seperti berselimut atap. Selain penampilan yang unik dan berkarakter, desain ini memiliki fungsi perlindungan lebih pada waktu musim hujan dan musim dingin.

2. Atap Kontras

Lihatlah rumah beratap besar yang cantik ini. Dari luar, terdapat kontras yang sangat indah yang terbentuk dari warna atap yang gelap dengan dinding berwarna putih. Atap rumah ini dimensinya tergolong sangat besar. Dari foto kita dapat melihat jika tinggi bangunan rumah ini bahkan sama dengan tinggi rumah berlantai dua di sebelahnya. Sebuah cerobong asap di atap menandakan rumah ini tetap nyaman dan bersahabat di musim dingin.

3. Kamuflase Lantai Dua

Atap merupakan pelindung rumah. Semakin besar ukurannya, semakin kuat kesan perlindungan yang diberikannya. Filosofi inilah yang dipakai The Tabata desain Co, Ldt ketika hendak membangun rumah ini. Sekilas, rumah ini terlihat seperti rumah satu lantai. Padahal, rumah ini merupakan rumah dua lantai. Bagian lantai atas tertutupi oleh atap sehingga membuat rumah ini sekilas terlihat seperti rumah satu lantai.

4. Atap kayu gelap

Tampilan eksterior rumah beratap besar yang satu ini sangat sederhana. Tak ada dekorasi yang mencolok di bagian luar rumah. Namun kondisi inilah yang membuat rumah ini istimewa dan terasa hangat. Dari atap sebelah kiri, menjulur sebuah tungku penghangat ruangan yang menjamin penghuninya tetap nyaman saat suhu udara dingin. Tumpukan kayu di depan rumah merupakan bahan bakar tungku penghangat. Keberadaan kayu-kayu ini memberikan kesan tradisional yang cukup kuat. Di bagian teras, terdapat tempat tidur gantung yang bisa dinikmati penghuninya.

5. Atap Penghubung

Dari gambar di atas terlihat bahwa rumah ini memiliki beberapa bagian. Di sebelah kanan merupakan bangunan utama. Di tengah terdapat sebuah ruang yang dapat difungsikan sebagai ruang minum teh. Untuk mengintegrasikan ruang yang terpisah, digunakan atap sebagai penghubung. Secara visual, atap membuat keseluruhan bangunan terintegrasi dan membentuk huruf U yang cantik. Secara fungsi, atap membuat penghuni rumah dapat bebas pindah dari ruangan satu ke ruangan lain tanpa takut terkena air hujan.

6. Skylight

 Rumah by arc-d

Sebuah rumah dengan penampilan yang sangat unik. Rumah ini ditutupi dengan atap rumah yang besar yang dilengkapi oleh skylight yang memungkinkan sinar matahari dapat masuk dan menerangi ruangan. Rumah ini juga memiliki halaman indah yang cukup luas.

7. Atap Khas Bali

Arsitek rumah ini mengklaim jika bentuk atap rumah ini terinspirasi dari atap rumah tradisional Bali. Atapnya besar dengan sudut kemiringan yang pas. Membuat air hujan dapat mengalir dengan baik. Rumah ini berada di Jepang, namun penghuninya akan selalu merasa tengah berlibur di Bali.

8. Rumah Hangat Terbungkus Atap

Ini adalah rumah lainnya yang lantai duanya tertutup oleh atap. Bagian tengah rumah ini merupakan atrium dengan tinggi dua lantai. Volume ruang yang sangat luas menjadikan atrium di bagian tengah ini terasa sangat luas dan cocok untuk dijadikan tempat penyelenggaraan acara keluarga.

9. Kayu dan Batu

Rumah ini merupakan garapan perusahaan desain arsitektur Masahiko Sawamura. Ada perasaan mendalam ketika pertama kali melihat fasad rumah ini. Atapnya menonjol hingga ke depan rumah. Terdapat teras kayu tepat di bawah atap. Terdapat juga bebatuan di sekitar halaman depan. Perpaduan atap besar, unsur kayu dan batu membuat tampilan rumah ini sangat mempesona.

10. Atap Bersejarah

Apa yang ada di benak Anda ketika melihat gambar di atas? Bangunan ini merupakan bangunan berumur lebih dari 100 tahun yang baru saja direnovasi. Fungsi awalnya bukan untuk tempat tinggal, melainkan tempat membesarkan ulat sutra. Beberapa material struktural diganti dengan material yang memenuhi standar tahan gempa. Namun keaslian desain bangunan tetap dipertahankan.

Tertarik untuk membuat rumah dengan atap ukuran besar? Atap seperti apa yang Anda sukai?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!