by Biazus Arquitetura e Design

6 Tips Cerdas Merancang Pintu Masuk Keren dan Modern

Boy Indarto – Homify Boy Indarto – Homify
Loading admin actions …

Pintu masuk merupakan bagian penting dari sebuah rumah, karena setiap orang baik yang masuk ke dalam ataupun yang hanya lewat di depan rumah kita, dapat melihat pintu rumah kita. Biasanya, kita menginginkan sebuah pintu yang elegan dan menarik, kan? Tapi, yang menarik, tidak selamanya rumit. Anda dapat menggunakan pintu yang sederhana namun tetap keren lewat berbagai gaya. Dan dalam Buku Ide kali ini, kami dari homify akan memberikan tips bagi Anda yang masih ragu dalam memilih pintu masuk yang stylish. Silahkan disimak.

1. Pintu Raksasa

Jika langit-langit di rumah cukup tinggi, maka ide favorit kami adalah membuat sebuah ilusi pintu berukuran super besar. Bagaimana caranya? Gunakan material solid pada pintu dan permukaan dinding di atasnya seperti pada gambar ini. Pintu dan dinding kayu dengan material yang sama, akan memberikan efek seolah-olah pintu pada rumah ini amat tinggi dan besar. 

Untuk mengimbangi desain pintu, jendela sebaiknya juga dibuat tinggi. Dan Anda dapat mempermanis area ini dengan tanaman yang tak kalah tinggi seperti pohon palem. Kami jamin, tamu yang singgah, akan terpana!

2. Menarik Perhatian

Cara mudah menarik perhatian pengunjung yang datang ke rumah, adalah dengan menggunakan sebuah material yang dipakai di beberapa tempat berbeda, seperti di dinding dan pintu. Hal ini membuat area depan menjadi tampak lebih luas, karena mencuri seluruh perhatian kita. Kita hanya perlu fokus pada desain dan material yang akan digunakan, tanpa perlu memilih detil warna yang terlalu banyak.

3. Menjorok ke Dalam

Seringkali kita menginginkan lebih banyak privasi dan hubungan yang lebih personal ketika menyambut tamu di pintu masuk. Dan membuat pintu depan yang sedikit menjorok ke dalam tidak hanya mewujudkan keinginan tersebut, tetapi juga memberi keleluasaan bagi Anda untuk menghias area depan rumah. Warna pintu pun dapat bertahan lebih lama karena tidak terkena paparan sinar matahari maupun air hujan secara langsung. Untuk mewujudkan desain modern dan minimalis, warna yang digunakan sebaiknya satu turunan saja. Dan Anda dapat menambahkan beberapa jendela di samping pintu untuk mempercantik rumah.

4. Pintu Masuk Tersembunyi yang Mencolok

Opsi lain saat mendesain pintu masuk yang menjorok ke dalam, adalah dengan memadupadankan bahan. Contohnya, memilih material berbeda antara pintu dan dinding – misalnya pintu dan dinding yang gelap di area teras dan warna terang di dinding luar rumah. Hal ini dapat memberi kontras pada keseluruhan desain rumah. Kombinasi yang dilakukan tentunya tidak terbatas hanya pada warna. Anda bebas memadukan material yang sama dengan warna yang berbeda, atau material yang berbeda dengan warna yang sama. Kunci terciptanya pintu masuk modern, ada pada desain yang modern pula!

5. Tinggi

Cara lain untuk memaksimalkan ketinggian, juga dapat dilakukan melalui kaca transparan yang dipasang vertikal, sehingga kita dapat melihat isi dalam rumah dari area luar. Untuk desain kaca, dapat dipilih yang sesuai dengan selera seperti model cermin yang memberi sedikit privasi, frosted, atau kaca buram yang memberi efek stylish. Semuanya, terserah Anda!

6. Kamuflase

Apabila tidak terlalu menyukai penggunaan kaca yang banyak di rumah, Anda dapat membuat pintu masuk tersembunyi yang sekilas tampak seperti dinding bangunan. Gunakan fasad berlubang di depan pintu sehingga tamu yang datang dapat mengintip sedikit letak pintu masuk yang ada. Keren, kan?

Jika Anda menyukai arsitektur modern, jangan lewatkan proyek yang satu ini: 7 Apartemen Modern yang Membelalakan Mata

Pintu nomor berapa yang paling sesuai dengan gaya Anda?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!